Apa Itu Cacar Monyet: Kenali Gejala Awalnya

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis atau dapat ditularkan hewan ke manusia.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan cacar monyet sebagai salah satu penyakit dengan kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat secara global. Karena itu dunia internasional harus serius memperhatikan penyebaran penyakit tersebut.

"Saya telah memutuskan bahwa wabah #monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dinukil dari AFP, Sabtu (23/7/2022).

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA) Terbaru di Sini, Banyak Fitur Baru, Mudah, Cepat, dan Anti-banned

Lantas apa itu cacar monyet? WHO menerangkan cacar monyet disebabkan virus anggota genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Cacar monyet adalah penyakit zoonosis atau dapat ditularkan hewan ke manusia, terutama yang berada di daerah hutan hujan tropis Afrika tengah dan barat. Ditemukan dua jenis virus utama, yang berasal dari Afrika barat dan Afrika tengah.

GEJALA CACAR MONYET

Ada enam gejala cacar monyet, antara lain, demam, sakit kepala, pembengkakan anggota tubuh, sakit punggung, lesu, nyeri otot. Usai demam mencapai puncak dan mereda, ruam pada kulit yang sering kali dimulai pada bagian wajah akan muncul dan mulai menyebar hingga ke telapak tangan dan telapak kaki. Ruam itu akan terasa gatal lalu mengering dan membentuk koreng setelah itu terkelupas.

BACA JUGA: Demi Ambisi Kuasai Hindia Belanda, Raffles dan Daendels Berperang Hingga Puluhan Ribu Nyawa Prajurit

Ruam, yang bisa terasa sangat gatal, kemudian mengering dan membentuk keropeng, lalu terkelupas. Di bekas ruam akan muncul bekas luka dan infeksi biasanya bakal hilang selama 14 sampai 21 hari.

Cacar monyet pun dapat menular karena kontak fisik. Virus itu bisa masuk lewat kulit yang rusak, saluran pernapasan atau melalui mata, hidung, dan mulut. Penyebaran cacar monyet diketahui berasal dari monyet, tikur, dan tubai, atau melalui benda yang terkontaminasi virus.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler