10 Juta Peziarah Ramaikan Musim Umroh

10 Juta peziarah diperkirakan akan ramaikan musim umroh

Ihram TV/Sadly Rachman
Kegiatan tawaf saat umrah (Ilustrasi)
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Musim haji 2022 M telah resmi dinyatakan selesai dan Kerajaan Saudi tengah mempersiapkan diri untuk musim umrah berikutnya. Musim umroh baru ini diprediksi akan mendatangkan lebih dari 10 juta peziarah.

Baca Juga

Wakil Presiden Komite Nasional Kegiatan Haji, Umrah, dan Kunjungan, Hani Al-Amiri, mengatakan lebih dari 10 juta jamaah umrah diperkirakan akan datang pada musim umrah mendatang, yang akan dimulai pada 1 Muharram 1444 atau 30 Juli 2022.

Dia mengatakan, Kementerian Haji dan Umrah bersama perusahaan atau instansi penyedia layanan umrah terkait akan menindaklanjuti perihal kedatangan jamaah ini.

Kementerian juga disebut akan berkoordinasi dengan perusahaan yang disetujui untuk menerima jamaah dan mengelompokkannya di bandara. Perusahaan yang disetujui juga akan mengawal peziarah di dalam kota suci Makkah dan Madinah.

Al-Amiri mengungkapkan sejumlah layanan untuk jamaah akan diaktifkan sejalan dengan awal musim umrah pada 1 Muharram. Salah satunya adalah aktivasi layanan perusahaan Saudi dan instansi yang memiliki izin menyediakan layanan bagi jamaah umrah.

Tak hanya itu, aktivasi layanan dari agen asing atau negara masing-masing asal jamaah umrah juga akan dilakukan. Disediakan pula agen virtual perusahaan dan instansi jasa umroh untuk semua negara.

Lebih lanjut, dia mengatakan pekerjaan untuk sistem B2B kelompok agen asing dan sistem B2C untuk individu telah dilakukan. Hal ini bersamaan dengan pengoperasian lebih dari 500 perusahaan dan instansi Saudi yang memiliki lisensi untuk menyediakan layanan bagi jemaah umrah.

 

 

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (21/7/2022), perusahaan-perusahaan dan penyedia layanan ini telah mempekerjakan staf Saudi yang berkualitas. Mereka telah terbukti memberikan layanan terbaik mereka untuk para peziarah dan pengunjung umrah di setiap musim.

Al-Amiri mengatakan ada lebih dari 2.000 agen asing berkualitas dari berbagai negara di dunia yang disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah. Selanjutnya, ada 34 platform reservasi elektronik lokal dan internasional yang disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah, untuk menampilkan paket dan program untuk grup dan individu dalam sistem B2B dan B2C.

Program pembelian paket umroh dapat dilakukan melalui kantong yang disetujui dan diakreditasi oleh Gulf International Bank, atau melalui metode pembayaran lain seperti Visa, MasterCard, Mada, maupun metode pembayaran elektronik lainnya yang disetujui.

Ada lebih dari 68 perusahaan yang disetujui oleh General Syndicate of Cars untuk menyediakan layanan transportasi jamaah umrah dan pengunjung, dengan model bus terbaru. Ada juga perusahaan teknis yang memasok layanan darat, yang terhubung dengan perusahaan operator pusat informasi haji dan umrah. 

 

Di sisi lain, disampaikan ada lebih dari 1.900 penyedia layanan akomodasi hotel dan apartemen, yang diklasifikasikan oleh Kementerian Pariwisata dan disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah. 

 
Berita Terpopuler