Peluncuran Roket Merusak Lapisan Ozon

Ozon adalah lapisan pelindungi Bumi yang menjaga bumi dari radiasi matahari.

Craig Bailey/Florida Today via AP
Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari Cape Canaveral Space Force Station, FL, Ahad pagi, 19 Juni 2022. Roket tersebut, yang membawa satelit komunikasi Globalstar, menandai peluncuran ke-26 tahun ini untuk SpaceX dan yang ketiga dalam 48 tahun terakhir. jam.
Rep: mgrol136 Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) memperingatkan bahwa peningkatan besar dalam aktivitas penerbangan luar angkasa dapat merusak lapisan ozon. Ozon adalah lapisan pelindungi Bumi yang menjaga bumi dari radiasi matahari.

Baca Juga

Bisnis peluncuran luar anfkasa sering menggunakan mesin roket berbahan bakar minyak tanah, yang mengeluarkan gas buang termasuk jelaga atau karbon hitam. Knalpot ini bergerak langsung ke stratosfer Bumi, dimana lapisan ozon melindungi semua kehidupan dari sinar UV matahari yang mematikan. 

Pada manusia, paparan terlalu banyak radiasi ini dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kanker kulit. Selain itu, dapat merusak ekosistem dan pertanian.

Peningkatan 10 kali lipat dalam peluncuran berbahan bakar hidrokarbon akan merusak lapisan ozon dan mengubah pola sirkulasi atmosfer, menurut penelitian NOAA baru yang diterbitkan pada 1 Juni 2022, dalam Journal of Geophysical Research Atmospheres. 

Penulis utama studi baru ini adalah Christopher Maloney dari organisasi penelitian yang berbasis di Boulder, CIRES. Maloney menjelaskan bahwa kemungkinan efek dari mesin pembakaran hidrokarbon di stratosfer dan iklim di permukaan bumi memerlukan studi lebih lanjut.

"Kita harus dapat memahami efek relatif dari berbagai jenis roket terhadap lingkungan dan ozon dengan studi lebih lanjut," ucap dia, dilansir dari Earth Sky.

 

Frekuensi peluncuran telah tiga kali lipat

Menurut Maloney, tingkat peluncuran telah meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam beberapa tahun terakhir. Dalam dekade mendatang, peluncuran roket diprediksi akan lebih sering. 

Troposfer, bagian terendah dari atmosfer, naik ke ketinggian sekitar 4 hingga 6 mil (6,5 hingga 9,5 km) di atas permukaan bumi. Roket adalah satu-satunya sumber langsung polusi aerosol yang dihasilkan manusia di atas ketinggian ini.

Sebuah model iklim digunakan oleh tim peneliti untuk mensimulasikan efek penyuntikan 10.000 metrik ton polusi jelaga setiap tahun selama 50 tahun di belahan bumi utara. Saat ini, emisi tahunan knalpot jelaga roket diperkirakan 1.000 ton. 

Para ilmuwan mengeluarkan peringatan bahwa tidak jelas secara pasti berapa banyak jelaga yang dilepaskan oleh banyak mesin berbahan bakar hidrokarbon yang digunakan di seluruh dunia.

Dengan memperlambat aliran jet subtropis hingga 3,5 persen dan mengurangi sirkulasi penggulingan stratosfer, para peneliti menemukan bahwa tingkat aktivitas ini akan meningkatkan suhu tahunan di stratosfer sebesar 0,5 hingga 2° Celcius. 

Bagaimana knalpot roket mempengaruhi lapisan ozon

Fakta bahwa model menemukan perubahan suhu stratosfer dan angin juga menyebabkan perubahan kelimpahan ozon. Suhu dan sirkulasi atmosfer memiliki pengaruh kuat pada ozon stratosfer, menurut rekan penulis dan fisikawan penelitian Robert Portmann dari Laboratorium Ilmu Kimia.

Hampir setiap bulan dalam setahun, para peneliti menemukan, tingkat ozon menurun ke arah kutub 30 derajat utara, atau di sekitar garis lintang Houston. Di Kutub Utara, penurunan terbesar sebesar 4 persen terjadi pada bulan Juni. 

Untuk lebih memahami efek dari peningkatan besar-besaran dalam penerbangan luar angkasa masa depan yang menggunakan mesin berbahan bakar hidrokarbon, tim peneliti juga memodelkan dua skenario emisi yang lebih besar yaitu 30.000 dan 100.000 ton polusi jelaga setiap tahun. 

Mereka menginginkan penyelidikan yang lebih jelas tentang umpan balik yang mengontrol reaksi atmosfer. Menurut hasil tersebut, stratosfer rentan terhadap input karbon hitam tingkat yang relatif rendah. 

Dibandingkan dengan contoh 10.000 metrik ton, simulasi emisi yang lebih besar menunjukkan gangguan yang serupa, tetapi lebih parah pada sirkulasi udara dan hilangnya iklim.

Meskipun studi baru menjelaskan dampak jelaga dalam knalpot roket terhadap iklim dan susunan stratosfer, para peneliti mengatakan itu hanya merupakan langkah pertama dalam memahami berbagai efek yang akan ditimbulkan oleh penerbangan luar angkasa yang lebih besar di stratosfer.

 

Mereka menyatakan bahwa mereka harus menilai emisi pembakaran yang dihasilkan oleh berbagai jenis roket. Sumber emisi lain yang berkembang dan kurang dipahami di atmosfer menengah ke atas adalah jelaga dan partikel lain yang dihasilkan ketika satelit terbakar saat jatuh dari orbit. 

 
Berita Terpopuler