Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri ITB Dibuka Juni, Siapkan Persyaratannya

Tidak ada subsidi biaya kuliah dalam jalur mandiri ITB

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka jalur Seksi Mandiri untuk menerima mahasiswa baru, selain jalur SNMPTN dan SBMPTN. Foto : Dok

Kampus—Sobat Kampus yang ingin masuk Institut Teknologi Bandung (ITB), jangan putus asa untuk berjuang. Jika tidak lulus atau tidak bisa ikut SMPTN 2022, masih ada SBMPTN 2022. Mudah-mudahan lulus di SBMPTN 2022 nanti.

Tapi sebaiknya kita punya plan B, rencana cadangan. Kalau lulus di SBMPTN, persoalan selesai. Tapi kalau belum ? Nah sobat masih punya kesempatan lagi, melalui jalur mandiri.

Pembukaan pendaftaran jalur mandiri ITB memang masih bulan Juni, setelah pengumuman SBMPTN 2022. Tapi tidak ada salahnya Sobat Kampus menyiapkan diri jauh hari dengan mengetahui persyaratannnya.

Baca juga : ITB Sediakan 1.716 kursi di SBMPTN 2022, 4 Jurusan Belum Ada Peminat

Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), terbuka bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA. Seleksi Mandiri ITB diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Karena tidak ada subsidi biaya, maka jelas nanti biaya kuliah akan lebih mahal dibandingkan jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Namun demikian, seperti dirangkum dari laman admission.itb.ac.id, jalur mandiri ITB dapat menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP-K atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K.

Dalam proses penerimaan seleksi mandiri, ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik yang tinggi sebagai satu-satunya kriteria. Jadi seleksinya akan ketat ya Sobat Kampus.

Berikut persyaratan Jalur Seleksi Mandiri ITB

Kriteria Seleksi Mandiri ITB

Seleksi Mandiri (SM) – ITB tahun dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB. Seleksi SM-ITB dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut :

1.Hasil UTBK dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD 2.Hasil UTBK dan Nilai Rapor, hasil Kemampuan Seni Rupa, bagi pendaftar ke FSRD

Baca juga : Bagaimana Persaingan Masuk ITB di SBMPTN ? Ini Jurusan Paling Ketat

Persyaratan Peserta Seleksi Mandiri ITB

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1 s.d. semester 6.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

3. Memiliki dan mengunggah nilai Rapor lengkap semester 1 s.d semester 6.

4. Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2022.

6. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana ITB.

7. Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.

8. Lulusan tahun 2020 dan 2021 dapat mendaftar SM-ITB dengan syarat memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

9. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat :

a. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)

b. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)

c. Sekolah Farmasi (SF)

d. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)

e. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)

Program Studi Kimia (FMIPA)

f. Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa)

g. Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)

h. Program Studi Teknik Pangan (FTI – Kampus Jatinangor)

Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB

6 - 29 Juni 2022 Pendaftaran Peserta

1 Juli 2022 Pelaksanaan UJK Seni Rupa

12 Juli 2022 Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri

14 - 19 Juli 2022 Pelengkapan dan Verifikasi Data Ekonomi

20 - 24 Juli 2022 Pendaftaran Online

25 - 29 Juli 2022 Pembayarn UKT dan IPI

Biaya Kuliah Jalur Seleksi Mandiri ITB

Biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT per semester dan Iuran Pengembangan Institusi) adalah sebagai berikut (dalam rupiah)

Baca juga : Biaya Kuliah ITB Bisa Rp 0, Begini Aturannya

Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

• UKT5/semester Rp 25.000.000

• Iuran Pengembangan Institusi Rp 25.000.000

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

• UKT5/semester Rp 25.000.000

• Iuran Pengembangan Institusi Rp 40.000.000

Calon mahasiswa Seleksi Mandiri ITB pemegang KIP-K akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 (Rp 0). Selain itu, masih terdapat opsi pembayaran UKT yang lebih rendah dari UKT5, yaitu :

• UKT2 : Rp 1.000.000 semester

• UKT3 : Rp 12.500.000 semester

• UKT4 : Rp 20.000.000 semester

Calon mahasiswa Seleksi Mandiri ITB yang telah dinyatakan diterima dapat mengajukan UKT yang lebih rendah dari UKT5 (termasuk calon mahasiswa pemegang KIP-K) melalui formulir yang akan tersedia di laman https://admission.itb.ac.id. Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang.

Permohonan Membayar Secara Mencicil

Dalam pembayaran UKT jalur SM-ITB ini tidak berlaku kebijakan penundaan/penangguhan pelunasan. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut:

1. Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :

a. Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada tanggal yang telah ditentukan Direktorat Pendidikan ITB.

b. Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

2. Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :

a. Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, selambat-lambatnya pada tanggal yang telah ditentukan Direktorat Pendidikan ITB.

b. Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

c. Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

Seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan diwajibkan untuk menyetujui Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Masa Studi. Pernyataan tersebut diisi secara daring pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

Tes Keterampilan Seni Rupa Seleksi Mandiri ITB

Pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa bagi peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, akan diselenggarakan secara daring (online). Informasi detil mengenai jadwal pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan disampaikan kemudian di laman ini dan di akun masing-masing peserta SM-ITB.

Pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa akan dipantau dengan menggunakan aplikasi Zoom. Tautan ruang pertemuan di aplikasi Zoom untuk masing-masing peserta akan diinformasikan melalui alamat email peserta dan akun masing-masing peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai Petunjuk Pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan disampaikan kemudian

Semoga informasi ini berguna untuk Sobat Kampus. Semoga sukses masuk ITB.

Baca juga :

Pilih ITB di SBMPTN 2022 ? Simak Info Lengkap Syarat Khusus Sampai Biaya Kuliah

Kuliah Pascasarjana Gratis di ITB ? Bisa, Ini Beasiswanya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler