Cara Ganti Nama Pengguna PlayStation Network

Setiap akun diizinkan untuk mengubah nama pengguna satu kali secara gratis.

valuewalk.com
Playstation 5
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak selalu mudah untuk mengubah nama akun PlayStation Network (PSN) Anda. Sebenarnya, baru pada April 2019 Sony mengizinkan pemegang akun untuk melakukannya.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Ahad (13/3/2022), sekarang, setiap akun diizinkan untuk mengubah nama pengguna satu kali secara gratis. Setiap perubahan setelah itu dikenakan biaya: 4,99 dolar Amerika Serikat (AS) jika Anda pelanggan PlayStation Plus.

Jika pengguna ingin mengubahnya ada beberapa peringatan yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Anda mungkin tidak akan menemui masalah jika Anda kebanyakan memainkan gim yang lebih baru (khususnya, gim yang dirilis setelah 1 April 2018). 

Namun, jika Anda masih menikmati gim-gim dari era PS4 sebelumnya, itu lain cerita. Sony telah membuat daftar gim dengan masalah umum yang mungkin Anda alami jika Anda mengubah nama pengguna. Sony akan meminta Anda dengan berbagai cara agar beberapa data penyimpanan gim berharga Anda mungkin terpengaruh, baik itu disimpan secara lokal atau di cloud.

Berikut ini beberapa masalah yang mungkin akan dialami:

  1. Online ID Anda sebelumnya mungkin tetap terlihat oleh Anda dan pemain lain di beberapa area.
  2. Anda mungkin kehilangan kemajuan dalam gim, termasuk data yang disimpan dalam gim, data papan peringkat.
  3. Bagian dari gim dan aplikasi Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik, baik online maupun offline.
  4. Anda dapat kehilangan akses ke konten (termasuk konten berbayar) yang mungkin telah Anda peroleh untuk gim Anda, termasuk konten seperti add-on dan mata uang virtual.

 

 

Jika Anda masih ingin mengubah nama pengguna, berikut cara melakukannya:

Menggunakan Browser Web

Langkah pertama Anda adalah masuk ke akun Sony Anda. Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat nama akun PSN Anda (Sony menyebutnya “OnlineID” sebagai opsi teratas di jendela. Klik “Edit” untuk mengubah nama pengguna Anda.

Sebelum Anda dapat melanjutkan, Sony akan menaikkan peringatan yang tercantum di atas. Tekan “Saya Terima” jika Anda ingin melanjutkan.

Ada lebih banyak peringatan di langkah berikutnya. Sony memberi tahu Anda bahwa jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mengembalikan perubahan dan mengklaim kembali nama pengguna lama Anda. Namun, itu juga memperingatkan bahwa melakukan hal itu mungkin tidak memperbaiki masalah jika muncul.

 

 

Menggunakan PlayStation 4

Di dasbor utama PS4 Anda, navigasikan ke “Pengaturan” dan pilih. Gulir daftar hingga Anda menemukan opsi “Manajemen Akun”. Klik itu, lalu pilih “Informasi Akun”> “Profil” > “Online ID”.

Anda akan melihat peringatan yang sama yang ditampilkan Sony kepada pengguna browser sebelum mengizinkan perubahan nama pengguna. Setelah menerima peringatan ini, Anda dapat memasukkan nama pengguna baru.

Menggunakan PlayStation 5

Proses mengubah nama pengguna Anda di PlayStation 5 mirip dengan PlayStation 4, dengan beberapa perubahan kecil terkait tata letak menu dan navigasi.

Di dasbor utama PS5 Anda, navigasikan ke “Pengaturan” dan pilih. Pilih “Pengguna dan Akun”> “Akun”> ”Akun”> “Profil”.

Anda akan melihat peringatan yang sama yang ditampilkan Sony kepada pengguna browser sebelum mengizinkan perubahan nama pengguna. Setelah menerima peringatan ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kredensial PSN yang ada sebelum memasukkan nama pengguna baru.

 

 

 
Berita Terpopuler