Catatan Harian Warga Muslim Tatar Hari Ketujuh Perang Ukraina-Rusia

Warga Ukraina merasa bingung, takut, sedih, dan marah.

Rusia serang Ukraina
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner

Sebuah jalan di Kyiv hari ini saat berjalan-jalan untuk membeli susu [Courtesy of Zakhida Adylova]

Zakhida Adylova, 35, adalah seorang guru bahasa dan produser untuk acara bincang-bincang politik yang tinggal di ibukota Ukraina, Kyiv.

Dia adalah Tatar Krimea, etnis minoritas Muslim yang dideportasi paksa dari tanah air mereka, Semenanjung Krimea, ke Uzbekistan pada tahun 1944 di bawah perintah Joseph Stalin. Pada 1993, Zakhida kembali dari pengasingan bersama keluarganya ke Krimea, Ukraina. Kemudian pada tahun 2014, dia dan putrinya terpaksa meninggalkan rumah mereka di Krimea menuju Kyiv setelah Rusia mencaplok semenanjung itu. Ibu Zakhida bergabung dengan mereka setahun kemudian. Hari ini, ketiganya kembali menghadapi invasi Rusia, berlindung di kamar mandi dan koridor apartemen mereka. Zakhida telah membuat buku harian sejak perang dimulai. Ini dia akunnya mulai hari ini.

Hari 7: 2 Maret 2022 – ‘Tolong jangan tanya bagaimana kabarku’

9am-11am: Saya terus berbicara tentang perang di Ukraina dan realitas situasi saat ini melalui wawancara dengan media internasional. Hari ini, saya berbicara dengan Australian Broadcasting Corporation dan kemudian ke stasiun radio Swedia P3 Nyheter.

Mereka semua menanyakan pertanyaan yang sama kepada saya. Mereka bertanya apa yang saya rasakan dan bagaimana saya.

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat membingungkan saya. Menurut Anda bagaimana perasaan seseorang dalam keadaan seperti itu?

Kawan, kebenaran dasarnya adalah kita tidak aman. Tidak ada tempat untuk "Bagaimana kabarmu?" atau "Ada apa?" atau "OK" atau "baik".

Ketika saya bangun setiap pagi, pertanyaan pertama yang saya ajukan kepada putri saya yang berusia 11 tahun Samira dan ibu saya yang berusia 75 tahun, Abibe, adalah, ”Apakah kamu masih hidup?” Ketika saya mendengar mereka merespons, saya bisa menghembuskan napas. Sebuah napas lega.

Menanyakan kepada kita di Ukraina bagaimana keadaan kita tidak mencerminkan kekhawatiran kita sebanyak mungkin pertanyaan apakah kita masih ada.

Jadi jangan tanyakan pertanyaan-pertanyaan ini. Kami telah berhenti melakukan itu. Hari-hari ini, kami saling menyapa dengan mengatakan: “Kemuliaan bagi Ukraina.”

12 siang: Saya marah mendengar tentang warga Ukraina yang tidak bersalah sekarat (kemarin Rusia menembakkan roket ke menara televisi utama Kyiv, menewaskan sedikitnya lima warga sipil), bayi yang lahir di tempat perlindungan bom, dan orang tua tidak dapat mengakses perawatan medis. Dan saya juga marah melihat hewan peliharaan dengan kerah yang telah dipisahkan dari pemiliknya berkeliaran di jalanan sebagai hewan liar mencari makanan.

13.53: Dalam wawancara saya, saya telah mengajukan banding ke kolektif hacker internasional Anonymous (kelompok menyatakan perang dunia maya di Rusia pada 24 Februari) untuk meretas saluran televisi negara Rusia dan menunjukkan gambar invasi.

Orang-orang ini sangat baik. Terima kasih, Anonymous, untuk berdiri bersama Ukraina.

Kemenangan ada dalam kesatuan. Saya merayakan solidaritas ini hari ini dengan roti gulung buatan ibu saya yang lezat.

Hari ini, perayaan solidaritas dengan roti gulung ibu Zakhida [Courtesy of Zakhida Adylova]

 
Berita Terpopuler