SNMPTN 2022 Resmi Dibuka, Ingat Data tidak Bisa Diubah Setelah Finalisasi

Setelah proses finalisasi pendaftaran SNMPTN 2022 selesai, siswa bisa mengunduh danmencetak kartu registrasi.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 dilaksanakan 14 Februari 2022 hingga 28 Februari 2022. Foto : Antara

Kampus.republika.co.id—Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka pada Senin 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Para siswa pendaftar diingatkan untuk cermat mengisi formulir dan mengunggah file.

“Data tidak bisa diubah setelah finalisasi,’’ ujar Manajer SNMPTN 2022 Riza Satria Perdana, Ahad (13/02/2022).

Riza mengatakan ada sejumlah tahap yang harus dilakukan pada saat siswa melakukan pendaftaran di laman ltmpt.co.id. Tahap pertama siswa melakukan login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan. Siswa yang bisa melakukan pendataran adalah mereka yang dinyatakan eligible oleh sekolah, sudah memiliki akun di LTMP, dan akunnya sudah permanen.

Tahap kedua, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) di halaman Pilihan.

“Siswa bisa melihat daftar prodi yang dibuka oleh perguruan tinggi. Di bagian ini ada bagian yang diblok hitam. Itu artinya prodi tersebut tidak bisa dipilih karena jurusan sekolah siswa tidak sesuai dengan prodi tersebut,” terangnya.

Pilihan prodi dalam SNMPTN 2022 hanya ada dua. Siswa boleh memilih satu atau dua prodi. Jika memilih dua program studi, salah satu pilihan harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Riza menerangkan, setelah menyimpan pilihan prodi, siswa diminta untuk mengisi portofolio. Pengisian portofolio ini khusus bagi yang memilih prodi olahgraga dan seni.

Prodi yang mensyaratkan portofolio dalam SNMPTN 2022 adalah (1) Olahraga ; (2) Seni Rupa, Desain, dan Kriya; (3) Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari); (4) Teater (termasuk Sendratasik/Seni pertunjukan opsi Teater/Drama; (5) Musik (termasuk Sendratasik/Seni pertunjukan opsi Musik); (6) Seni Karawitan ; (7) Etnomusikologi; (8) Fotografi; (9) Film dan Televisi ; dan (10) Seni Pedalangan.

Ukuran file portofolio yang akan diunggah, kata Riza, secara keseluruhan tidak boleh lebih dari 100 MB. Karena itu menurutnya, siswa harus benar-benar mempertimbangkan kualitas karya dan ukuran file secara keseluruhan.

“Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman portofolio tidak perlu diisi.”

Langkah berikutnya siswa mengisikan prestasi pada halaman prestasi. Pengisian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Siswa yang punya prestasi diberi kesempatan untuk mengunggah maksimal tiga file prestasi yang paling bagus. Prestasi terendah yang dipertimbangkan menurutnya adalah tingkat kabupaten.

Setelah semua proses selesai siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi. Tahap ini sangat penting karena isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apapun. Setelah proses finalisasi selesai, siswa bisa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Download kartu registrasi itu adalah tahap terakhir. Setelah itu tinggal menunggu pengumuman SNMPTN,” tandas Riza. (maya)

Berita terkait :

Direktur Eksekutif LTMPT : Jangan Mendaftar SNMPTN 2022 di Awal atau di Akhir

Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka, Ini Pesan Ketua LTMPT

Nilai Portofolio di SNMPTN 2022 Mencapai 50 Persen, Jangan Diabaikan

Ikuti informasi penting setiap hari dari kampus.republika.co.id. Anda juga dapat berpartisipasi mengisi konten, kirimkan tulisan, foto, info grafis, dan video melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler