Asal Usul Danau Toba Tercipta dari Ikan Mas Raksasa Jelmaan Seorang Putri

Ikan mas yang menjadi cerita rakyat itu dipercaya sebagai jelmaan seorang putri yang dikutuk karena melanggar aturan kerajaan.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Menurut kepercayaan masyarakat Danau Toba dan Pulau Samosir tercipta dari ikan mas jelmaan putri cantik. Foto: Republika/Antara

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Danau Toba di Sumatra Utara sudah terkenal seantero negeri. Selain keindahannya, ternyata Danau Toba menyimpan cerita legenda tentang seorang petani yang bertemu dengan seokor ikan yang disebut-sebut sebagai jelmaan puteri cantik yang dikutuk karena melanggar aturan kerajaan.

Petani dan putri yang sudah berubah wujud kembali menjadi seorang manusia, lalu menikah. Ia pun meminta kepada suaminya untuk tidak menceritakan kepada siapa pun jika ia dulunya seekor ikan.

Pernikahan mereka berjalan sempurna dengan kehadiran seorang anak laki-laki. Namun ada yang aneh dari anak tersebut, yakni tidak pernah merasa kenyang dan selalu lapar.

Suatu hari, ibunya meminta anak tersebut mengantarkan makanan kepada ayahnya. Alih-alih mengantarkan makanan tersebut, anak itu malah memakannya sendiri dan tertidur di rumah.

Sang ayah yang sedang bekerja di ladang menunggu lama. Karena lapar, dia pun pulang ke rumah, dan langsung naik pitam ketika mengetahui anaknya malah tidur dan tidak mengantarkan makanan.

Dibalut emosi, sang ayah tanpa sengaja mengumpat anaknya sebagai anak ikan. "Dasar anak ikan!"

Usai murka, sang ayah menyadari kekeliruannya. Namun nasi sudah menjadi bubur, anak dan istrinya tiba-tiba menghilang. Di rumahnya, tempat dia berdiri keluarlah air yang sangat deras hingga meluap dan membentuk sebuah danau. Danau itu pun dikenal sebagai Danau Toba.

Ikan mas berukuran 15 kilogram ditangkap di Danau Toba pada 7 Agustus 2020. Foto: Facebook Juliarson Saragih.

Cerita rakyat tentang putri ikan tersebut pun dipercaya rakyat sekitar Danau Toba. Karena itu, masyarakat sekitar percaya, jika ada ikan berukuran besar di Danau Toba adalah jelmaan dari sang putri dan wajib dilepaskan jika tak mau ada marabahaya, seperti kecelakaan tenggelamnya sebuah kapal.

Dalam kepercayaan masyarakat setempat, ditemukannya ikan emas raksasa itu merupakan pertanda akan ada musibah di Danau Toba. Kenyataanya beberapa kali ditemukan ikan mas berukuran besar seperti yang ditemukan pemancing pada 7 Agustus 2020 seberat 15 kilogram.

 
Berita Terpopuler