Gempa Magnitudo 6,4 Landa Selandia Baru, tidak Berpotensi Tsunami

Gempa magnitudo 6,4 melanda Selandia Baru pada Jumat sore waktu setempat.

Reuters
Gempa (Ilustrasi). Selandia Baru dilanda gempa berkekuatan 6,4 pada Jumat (28/1/2022) sore.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, VIRGINIA -- Gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Pulau Kermadec di utara Selandia Baru, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada Jumat (28/1/2022). Mulanya gempa ditetapkan bermagnitudo 6,6, namun kemudian diperbarui.

USGS mengumumkan gempa itu berada di kedalaman 10 km. Sistem peringatan tsunami AS menyebutkan bahwa gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Menurut laporan laman Radio New Zealand, gempa terjadi pada pukul 15:46 waktu setempat. Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, National Emergency Management Agency mengatakan, genangan di wilayah daratan diperkirakan tidak akan terjadi setelah gempa.

Baca Juga

"Berdasarkan informasi saat ini, penilaian menunjukkan bahwa gempa tersebut tidak mungkin menyebabkan tsunami yang akan mengancam Selandia Baru."

Badan tersebut masih mengkaji kemungkinan ada aktivitas tsunami lainnya, seperti arus kuat dan tidak biasa, dan gelombang pasang yang tidak terduga di pantai. Gempa susulan berkekuatan 5,3 melanda di daerah yang sama pada 16:01, menurut laporan USGS.

 
Berita Terpopuler