Gerakan Sujud, Tingkat Tertinggi Kerendahan Hati

Bagi seorang Muslim, bersujud memiliki arti atau makna yang sangat dalam.

Infografis Republika
Gerakan Sujud, Tingkat Tertinggi Kerendahan Hati
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan sujud adalah sesuatu yang terjadi dalam budaya dan beragam agama yang berbeda. Namun bagi seorang Muslim, bersujud memiliki arti atau makna yang sangat dalam. 

Baca Juga

Utamanya, seorang Muslim hanya bersujud hanya kepada Allah dan tidak untuk zat lain apalagi orang tertentu. Gerakan di mana dahi menyentuh bumi, secara eksklusif dikaitkan dengan bentuk sholat seorang Muslim dan salah satu klimaks dalam ibadah. 

Ibn Al-Qayyim menggambarkan sujud sebagai rahasia sholat dan menjadi gerakan yang bermakna luas. Dia bahkan mengatakan semua tindakan sebelumnya hanyalah pendahuluan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, 'Momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu,'” (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa'i).

Sujud sangat penting sehingga setan membenci manusia karenanya. Diriwayatkan bahwa ketika seorang Muslim membaca sebuah ayat Sajdah dan kemudian ia bersujud, setan masuk ke dalam khalwat dan menangis dan berkata:

"Celakalah aku, anak Adam diperintahkan untuk sujud, dan dia sujud dan surga berhak baginya dan aku diperintahkan untuk sujud, tetapi aku menolak dan dimasukkan ke Neraka." (Muslim)

Sujud baik untuk kesehatan otak

Menjadi dekat dengan Tuhan adalah salah satu keutamaan penting dalam sujud. Tapi tahukah Anda bahwa melakukan sujud juga memiliki dampak yang luar biasa pada tubuh?

Sujud adalah posisi yang unik karena otak (atau kepala) Anda menjadi lebih rendah dari jantung, sehingga darah mengalir ke otak. Otak menerima lebih banyak nutrisi, yang memiliki efek baik pada memori, penglihatan, pendengaran, konsentrasi, jiwa, dan semua kemampuan kognitif lainnya.

Otot leher orang yang bersujud juga menjadi lebih kuat karena harus menanggung beban ketika dahi menyentuh tanah. Oleh karena itu, otot leher menjadi lebih kuat dan kecil kemungkinan mengalami sakit leher biasa. 

Hal yang sama berlaku untuk punggung. Saat bersujud dan bangkit darinya, otot-otot punggung berkontraksi secara aktif dan menjadi lebih kuat.

Namun perlu diingat bahwa sujud tidak dimaksudkan untuk olahraga, tapi ada banyak keuntungan medis yang terkait dengannya. Tentunya manfaat terbaik adalah ketenangan pikiran yang didapatkan, mengetahui bahwa seseorang lebih dekat dengan Tuhan. 

Infografis Mengapa Harus Sujud Sahwi - (Republika)

Sujudnya matahari

Dalam ayat Alquran diketahui bahwa apa yang ada di langit dan di bumi bersujud kepada Allah SWT.  Matahari, bulan, bintang, pohon, dan hewan semua bersujud kepada-Nya.

Ibn Taymiyyah mengatakan sujud makhluk-makhluk ini tidak berarti bahwa mereka meletakkan dahi mereka di tanah. Jadi kita sebagai manusia bersujud dengan cara yang sesuai dengan kita, dengan cara yang terkenal, pada tujuh bagian tubuh.

Matahari bersujud dengan cara yang sesuai dengannya. Abu Dzar meriwayatkan:

“Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan ketika matahari terbenam: "Apakah Anda tahu ke mana perginya?," Saya menjawab: “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Dia berkata: Ia telah sujud di bawah Arsy, kemudian ia meminta izin untuk berdiri, tetapi segera ia akan sujud dan sujudnya tidak akan diterima, dan ia akan meminta izin untuk berdiri dan itu tidak akan diberikan kepadanya, dan itu akan dikatakan kepadanya, "Kembalilah dari tempat kamu datang," dan dia akan terbit dari barat.  Inilah maksud firman Allah: {Dan matahari berjalan di jalurnya tetap untuk jangka waktu (ditunjuk). Itulah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.} (HR. Al-Bukhari.).

Kuantitas versus kualitas

Jadi sekarang kita tahu bahwa kita harus mengambil setiap kesempatan yang kita miliki untuk bersujud. Tapi bagaimana dengan kualitas sujud kita?  Apa yang kita rasakan ketika kita melakukan sujud?

Beberapa tips bisa menjadi cara terbaik untuk menyempurnakan gerakan sujud, di antaranya.

  • Jangan angkat kepala dari lantai sampai mendapatkan setidaknya satu Subhana Rabbiyal A'la yang berasal dari hati, pikiran, lidah, dan anggota badan.
  • Perkecil bayangkan diri seperti ada kamera di atas Anda yang naik dan naik dan naik dan bantu diri Anda dengan perasaan dan menjadi kecil di hadapan Allah SWT.
  • Mintalah setidaknya tiga hal yang Anda inginkan dalam setiap sujud.
  • Jika terasa setan datang kepada Anda dan memberi tahu bahwa Anda sedang pamer jika membuat sujud yang panjang, buatlah lebih lama lagi!
  • Bayangkan diri Anda melakukan sujud di Makkah atau bayangkan setiap orang beriman melakukan sujud di Hari Akhir.
  • Sadarilah bahwa Allah Yang Maha Kuasa memiliki kuasa dan hak penuh untuk menghancurkan Anda saat itu juga selama jutaan kali Anda terpeleset, membuat kesalahan. 

 
Berita Terpopuler