India Selidiki Situs Tawarkan Wanita Muslim untuk Dijual

Dalam beberapa tahun terakhir, laporan kejahatan kebencian anti-Muslim meningkat.

IST
India Selidiki Situs Tawarkan Wanita Muslim untuk Dijual. Bendera India (Ilustrasi).
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pemerintah India menyebut sedang menyelidiki sebuah situs yang mengaku menawarkan wanita Muslim untuk dijual. Kejadian ini merupakan kasus kedua dalam waktu kurang dari setahun yang terkait lelang online palsu dan memicu kemarahan publik.

Dilansir dari CNN, Senin (3/1), situs ini dibuat di GitHub, platform pengkodean Amerika yang digunakan pengembang untuk membangun dan menghosting perangkat lunak. Itu disebut "Bulli Bai," sebuah frasa yang menggabungkan slang vulgar untuk kata "penis" di India Selatan dengan kata yang umum di India Utara yang berarti pembantu.

Mohammed Zubair, salah satu pendiri situs pengecekan fakta India Alt News mengatakan kepada CNN Business bahwa situs tersebut memposting foto 100 wanita Muslim. Dia telah mengambil tangkapan layar dari mereka semua sebelum dihapus.

Halaman tersebut telah dihapus, dan tidak ada indikasi itu memiliki kegunaan praktis selain menggunakan lelang palsu untuk melecehkan dan menjebak wanita Muslim. GitHub, yang dimiliki oleh Microsoft (MSFT) mengatakan telah menghapus akun.

"GitHub memiliki kebijakan lama terhadap perilaku dan melibatkan pelecehan, diskriminasi, dan menghasut kekerasan," kata seorang juru bicara.


Baca Juga

"Kami menangguhkan akun pengguna setelah penyelidikan laporan aktivitas semacam itu, yang semuanya melanggar kebijakan kami," tambahnya.

Menurut Zubair yang membantu polisi dalam penyelidikan, halaman itu memuat foto-foto peraih Nobel Pakistan Malala Yousafzai dan aktris terkemuka India Shabana Azmi. Halaman itu menyebabkan kemarahan di Twitter selama akhir pekan. Politikus dari partai oposisi mendesak Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa untuk mengambil tindakan terhadap pelecehan online dan penargetan perempuan Muslim.

"Untuk 'menjual' seseorang secara online adalah kejahatan dunia maya dan saya meminta polisi untuk mengambil tindakan segera. Para pelaku pantas mendapatkan hukuman yang patut diteladani dan merendahkan," cicit pemimpin Kongres Shashi Tharoor.

Pada Ahad lalu, Menteri Teknologi India Ashwini Vaishnaw mentweet bahwa pemerintah bekerja dengan polisi di Delhi dan Mumbai dalam masalah ini. Salah seorang korban juga telah melaporkan kejadian ini.

“Seluruh situs tampaknya telah dirancang dengan maksud untuk mempermalukan dan menghina wanita Muslim,” tulis jurnalis Ismat Ara dalam pengaduan yang diajukan kepada otoritas keamanan siber Kepolisian Delhi.

Ini bukan pertama kalinya wanita Muslim di India menghadapi pelecehan online semacam ini. Pada Juli lalu, foto lebih dari 80 wanita Muslim termasuk warga sipil, penulis, dan influencer diposting di aplikasi tiruan yang disebut Sulli Deals, istilah yang menghina wanita Muslim yang biasanya digunakan oleh pria Hindu sayap kanan. Pengguna ditawari kesempatan untuk membeli wanita seperti komoditas dalam lelang di situs, yang juga dihosting di GitHub.

Pada saat itu, wanita Muslim mengatakan kepada CNN bahwa pelecehan online yang mereka hadapi adalah indikasi suasana hati terhadap Muslim di India sejak BJP nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada 2014.

Dalam beberapa tahun terakhir, laporan kejahatan kebencian anti-Muslim telah meningkat, dan beberapa negara bagian yang diperintah BJP telah mengeluarkan undang-undang yang menurut para kritikus telah berkontribusi pada peningkatan polarisasi agama.

Akhir pekan ini, seorang pengguna Twitter Hiba Bég mengatakan foto-fotonya digunakan dalam kedua kasus tersebut. "Saya telah menyensor diri saya sendiri, saya hampir tidak berbicara di sini lagi, tetapi tetap saja, saya dijual secara online, saya dibuat 'kesepakatan'," tweetnya.

"Berapa banyak transaksi online yang diperlukan bagi kita untuk bertindak?" tambahnya.

 
Berita Terpopuler