Ahli Gizi: Pastikan Keju yang Dibeli Punya Kandungan Nutrisi Susu

Keju cheedar memiliki kandungan nutrisi susu asli.

PxHere
Keju (ilustrasi), Keju merupakan produk turunan susu yang bisa dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan gizi harian anak.
Rep: Farah Noersativa Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keju dapat menjadi bahan makanan yang digunakan untuk memenuhi gizi anak. Ahli gizi dr Rita Ramayulis mengingatkan bahwa penting bagi orang tua untuk memastikan keju yang dikonsumsi merupakan produk keju yang memiliki kandungan utama sama seperti kandungan utama susu.

"Harus ada kalsium, protein, dan juga vitamin D-nya, tiga-tiganya harus ada," jelas Rita dalam kampanye #KejuAsliCheck dari Kraft beberapa waktu lalu.

Rita mengatakan, definisi dari keju cheddar adalah susu asli. Dengan demikian, keju yang berkomposisi utama keju cheddar bisa dipastikan memiliki kandungan kalsium, protein, dan vitamin D.

Lebih lanjut, Rita menjelaskan manfaat protein, kalsium, dan vitamin D diperlukan untuk pertumbuhan anak. Protein sangat penting untuk pertumbuhan sel pada anak. Lalu, kalsium berperan dalam membentuk kepadatan tulang sebagai tempat jaringan untuk menempel.

Sementara itu, vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium. Tak hanya itu, menurut Rita, vitamin D juga dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan, terutama kesehatan mikrobiotanya.

Mikrobiota meningkatkan penyerapan zat gizi dan akan memberikan respons peningkatan kinerja sel-sel darah putih pada daya tahan. Mikrobiota juga memberikan respons kepada otak untuk mengeluarkan hormon bahagia.

Baca Juga

"Jadi anak kalau vitamin D-nya cukup, mood-nya juga bagus. Kalau mood-nya bagus, dia bisa memakan apa saja," jelas dia.

 
Berita Terpopuler