Masjid Khazret-Khizr, Saksi Pembebasan Samarkand

Cerita penaklukan Samarkand oleh pasukan Muslim terus diingat sampai saat ini.

wikipedia
Masjid Khazret-Khizr, Uzbekistan.
Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, Cerita penaklukan Samarkand oleh pasukan Muslim terus diingat sampai saat ini. Ketika itu, ada seekor burung putih yang datang dan menghancurkan bendungan di sekitar kanal tadi. Akhirnya air mengalir dan menjadikan pasukan Muslim menang menaklukkan kota tersebut.

Baca Juga

Untuk mengenang peristiwa tadi, dibangunlah Masjid Hazrat Khizr. Silih berganti penguasa membuat masjid Hazrat hancur. Kemudian, dibangun lagi di atas fondasi kuno pada abad ke-19 beberapa tahap. Pada proses yang terakhir, kompleks itu dipercantik dengan tambahan gerbang sebagai pintu masuk area masjid.

Pekerjaan itu selesai pada tahun 1919, ketika master Samarkand yang terkenal, Abdukadir bin Baki (Abdukadir Bakiyev)mendirikan gerbang pintu masuk dan menara timur.

Arsitektur Masjid Khazret-Khizr adalah bangunan karya arsitektur masyarakat Samarkand. Ini adalah konstruksi persegi panjang dengan ukuran 30 kali 16 meter. Komposisi masjidnya asimetris. Bangunannya ditutupi oleh kubah.

Samarkand. Dari peradaban masyarakat inilah asal mula Syekh Malik Ibrahim berasal. - (Google.com)

Di bagian tengah sisi baratnya adalah mihrab dengan ruang di kedua sisi. Di sisi masjid ada lobi per segi dengan kubah bergaris dan sebuah gerbang di apit oleh menara. Ada pula pintu kayu ber ukir abad ke-19 yang menjadi penghubung ruangan.

Terpisah dari bangunan adalah menara oriental yang elegan. Dekorasi masjid termasuk lukisan langit-langit dan ukiran dalam ornamen.

 

Makam Karimov 

Pada 3 September 2016, Presiden pertama Uzbekistan Islam Abduganievich Karimov dimakamkan di lingkungan masjid Khazret-Khizr. Tak lama setelah pemakaman, pemerintah setempat menghias makam tersebut karena menjadi warisan budaya dan kebanggaan masyarakat Uzbekistan.

Kesulitan utama ketika mengerjakan proyek ini adalah bahwa masjid Khazret-Khizr berada di bawah perlindungan UNESCO. Karena itu, penting untuk tidak hanya menghubungkan dua bangunan berbeda dengan gaya arsitektur tunggal, tetapi juga untuk melestarikan penampilan historisnya.

Sekitar dua ribu orang berpartisipasi dalam pembangunan mausoleum, termasuk dekorator utama dari India. Penyelesaian pekerjaan ini selesai pada bulan September 2017, tetapi pada saat terakhir diputuskan untuk bertepatan dengan ulang tahun ke 80 kelahiran Islam Karimov.

Pada tanggal 30 Januari 2018, makam dibuka untuk umum, dan Presiden Uzbekistan saat ini Shavkat Mirziyoyev menjadi pengunjung pertamanya.

Ruang bawah tanah makam terbuat dari marmer hijau gelap, dan bagian atas dinding menggunakan sabuk stalaktit tebal dari terakota irigasi berukir.Makam memiliki kubah, yang terletak di layar meleng kung.Bagian dalam makam itu terbuat dari marmer putih bertahtakan batu semimulia yang berwarna.Kubah melengkung di tutupi dengan lukisan menggunakan daun emas. Kubah dihiasi dengan sabuk stalaktit keramik.

 

 

Bagian bawah dinding makam dilapisi dengan onyx hijau muda . Di tengah mausoleum berdiri sagan onyx putih, di sekelilingnya tertulis ayat-ayat Alquran dan prasasti dari era Amir Timur dan Timurid.

Sebuah lempengan marmer dipasang di pintu masuk makam, yang dicap dalam bahasa Uzbek dan Inggris: Tempat suci ini adalah perlindungan abadi Presiden Pertama Republik Uzbekistan, negarawan, dan politisi hebat, putra tercinta dari rakyat Uzbekistan, Islam Abduganievich Karimov.

 

 

 

 
Berita Terpopuler