Telkomsel dan Zoom Hadirkan CloudX Meeting 2.0, Apa Itu?

Terdapat sejumlah fitur unggulan yang dihadirkan pada CloudX Meeting 2.0.

Rep: setyanavidita livikacansera Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinamika perubahan yang terjadi selama pandemi, berpeluang untuk terus menjadi kebiasaan baru. Salah satunya, bekerja jarak jauh dan menggelar rapat virtual. 

Baca Juga

Pada Selasa (9/11), Telkomsel  mengembangkan inisiatif dalam memenuhi kebutuhan aktivitas digital para pelanggan, termasuk segmen pelanggan korporasi, melalui peningkatan berkelanjutan pada produk dan layanan unit bisnis Telkomsel Enterprise. Langkah ini diwujudkan Telkomsel Enterprise melalui kolaborasi bersama Zoom Video Communications, Inc (Zoom) untuk meningkatkan fitur layanan CloudX Meeting. 

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir menjelaskan, sebagian besar sektor korporasi masih menerapkan work from home (WFH) sebagai cara untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi yang masih berlangsung. "Hal ini membuat aktivitas virtual meeting menjadi salah satu penunjang operasional korporasi yang paling dominan dimanfaatkan untuk memastikan produktivitas kerja tetap terjaga," ujarnya. 

Selain itu, Dharma melanjutkan, aplikasi video conference telah mengubah cara masyarakat berkolaborasi dan berinovasi. Unit bisnis Telkomsel Enterprise pun terus berupaya memenuhi kebutuhan tersebut dengan menjalin kolaborasi bersama Zoom, platform video conference terkemuka untuk meningkatkan pengalaman CloudX Meeting. 

“Kami senang bisa berkolaborasi dengan Telkomsel yang telah bergabung dalam Program ISV Partner untuk meningkatkan pengalaman pengguna CloudX Meeting,” kata Ricky Kapur, selaku Head of APAC Zoom. 

Menurutnya, Zoom Developer Platform telah memperkuat ekosistem Zoom untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan alur kerja para penggunanya. Program ISV Zoom, secara khusus difokuskan pada jenis integrasi semacam ini untuk memberdayakan dan menumbuhkan ekosistem di dalam platform Zoom.

 

Melalui kolaborasi ini, terdapat sejumlah fitur unggulan yang dihadirkan pada CloudX Meeting 2.0. Di antaranya fitur Live Streaming to Social Media yang memungkinkan pengguna menyiarkan meeting yang sedang berlangsung ke platform media sosial seperti Facebook dan YouTube dengan mudah. 

Kemudian Unlimited Cloud Recording memungkinkan pengguna dapat menyimpan lebih banyak rekaman meeting di cloud storage dengan kapasitas mulai dari 10 GB. Selain itu, ada pula fitur Attendance Report yang membantu pengguna mengetahui ringkasan kehadiran para peserta rapat. 

Untuk memudahkan pengguna membuat link, tersedia fitur Corporate Branding yang bisa juga digunakan untuk membuat  template email meeting sesuai brand perusahaan. Pengguna CloudX Meeting versi terbaru kini juga bisa menambahkan maksimum jumlah peserta hingga 500 partisipan.

Untuk dapat mengaktifkan layanan CloudX Meeting 2.0, pelanggan korporasi dapat mengajukan permohonan melalui Account Manager Telkomsel yang telah ditunjuk. Pelanggan juga bisa mendaftar secara mandiri melalui layanan MyEnterprise di situs berikut: https://myenterprise.telkomsel.com/onboarding/self-serve/cloudx/new, atau melakukan pembelian paket melalui aplikasi CloudX. 

 

Saat ini pembayaran dapat dilakukan menggunakan pulsa untuk pelanggan Telkomsel Prepaid, tagihan pulsa untuk pelanggan Telkomsel HALO, kartu kredit, dan didukung metode pembayaran lainnya. 

 
Berita Terpopuler