Cara Tepat Memanaskan Dimsum Beku

Dimsum bisa bertahan sekitar tiga bulan di freezer.

dok. Dimsum49
Aneka varian dimsum versi lokal yang ditawarkan restoran dan supermarket Bolekaka. Dimsum beku bisa dipanaskan dengan kukusan atau rice cooker.
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dimsum beku memang praktis untuk dijadikan stok camilan keluarga. Terlebih, belakangan makin banyak penjualnya.

Bagaimana cara memanaskan dimsum yang tepat? Muhammad Kautsar selaku pengusaha dimsum menyarankan agar dimsum yang disimpan di freezer diambil secukupnya untuk dihangatkan.

"Dimsum beku diturunkan suhunya atau dicairkan terlebih dahulu, tidak boleh dipanaskan langsung begitu keluar dari freezer," kata Katusar yang juga pemilik supermarket dan restoran, Bolekaka, di Jl Raya Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (3/11).

Kautsar menyarankan agar dimsum beku disimpan terlebih dahulu di bagian chiller kulkas. Setelah suhunya turun, pindahkan dimsum ke suhu ruangan.

"Baru setelah itu dikukus sesuai kebutuhan kita," ujar Kautsar.

Baca Juga

Menurut Kautsar, dimsum bisa dihangatkan dengan panci kukusan atau di rice cooker. Masukkan dimsum setelah air mendidih.

"Waktunya kurang lebih 10 menit," jelas Kautsar.

Menurut Kautsar, dimsum bisa bertahan kurang lebih tiga bulan dalam freezer. Sementara itu, jika sudah dalam suhu ruang, dimsum masih aman dikonsumsi kurang lebih 24 jam.

Dimsum lebih nikmat bila dikonsumsi selagi hangat. Apalagi jika dipadukan dengan saus ala Thai yang rasanya asam, pedas, dan manis.

Aneka dimsum dan bakpao dari supermarket dan restoran Bolekaka. - (Desy Susilawati/Republika)

Anda juga bisa memakai saus cabai ataupun chili oil. Sementara itu, bakpao dengan aneka isian, mulai dari bakpao telur asin, bakpao talas yang manis, bakpao ayam yang gurih pedas, cocok untuk dihidangkan sebagai pendamping dimsum.

"Mengonsumsi dimsum ini lebih enak dengan teh hangat maupun minuman dingin seperti es teh manis, peach tea, ataupun lemon tea," ujar Kautsar.

 
Berita Terpopuler