BTS Kenakan Merek Fashion Berkelanjutan di PBB

Setelan jas BTS yang dipakai di Majelis Umum PBB berasal dari koleksi RE;CODE.

EPA
Personel BTS berkesempatan untuk bicara di acara Sustainable Development Goals (SDG) Moment di 76th UN General Assembly (UNGA) sebagai utusan khusus presiden Korea Selatan untuk generasi dan budaya masa depan, New York, Amerika Serikat, Senin (20/9).
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Selain membagikan pesan menghibur dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, grup K-pop BTS juga mencuri perhatian dengan setelan jasnya. Rupanya, ada simbol dukungan terhadap kelestarian lingkungan yang melekat pada pakaian tersebut.

Penggemar BTS, ARMY menemukan bahwa setelan jas itu berasal dari koleksi RE;CODE. Jenama fashion Korea itu mengunggah informasi bahwa mereka telah membuat pakaian BTS untuk acara Sustainable Development Goals (SDG) Moment di 76th UN General Assembly (UNGA), Senin (20/9).

Secara khusus, RE;CODE menyebut labelnya sebagai merek busana yang berkelanjutan (sustainable fashion). Dalam keterangan fotonya, unggahan itu menjelaskan bahwa koleksi terbaru mereka. termasuk setelan jas yang dikenakan BTS, menggunakan stok pakaian Kolon FnC dan kain ramah lingkungan.

"Desain setelan (BTS) ini bertujuan untuk mendukung mode berkelanjutan, dan ini dirancang khusus untuk pidato BTS di PBB,” tulis jenama RE;CODE, dikutip dari Korea Boo, Selasa (21/9).

Baca Juga

Ini sangat simbolis karena salah satu isu utama yang diangkat selama acara Sustainable Development Goals (SDG) Moment adalah isu perubahan iklim di seluruh dunia. Meskipun mungkin tampak kecil, fashion berkontribusi pada masalah sebagai industri melalui gas berbahaya dan kurangnya pembuangan yang tepat.

Dalam pidatonya, RM dan J-Hope menyinggung isu perubahan iklim. Sementara leader BTS, RM, memuji kaum muda karena melihat masa depan dengan perubahan, J-Hope melihat betapa pentingnya sebuah topik itu.

"Semua orang setuju perubahan iklim adalah masalah penting, dalam membicarakan apa solusi terbaik, itu tidak mudah, itu adalah topik yang sulit untuk membuat kesimpulan," kata rapper itu.

RE;CODE didirikan pada Maret 2012 dengan slogan “This Is Not Fashion.” Menurut situs web jenama tersebut, RE;CODE berharap menjadi tokoh terkemuka dalam mode Korea untuk membantu lingkungan. Melalui desainnya, mereka menekankan penggunaan kembali material dan pembuatan barang pesanan dengan buatan tangan.

Merek ini memperkenalkan fesyen yang teliti dengan solusi inovatif, yang mengacu pada upcycling deadstock untuk penggunaan baru. RE;CODE mematahkan stereotip mode dan mendorong dunia untuk bergabung dengan gerakan untuk lingkungan dan masyarakat yang berkelanjutan.

BTS membuktikan bahwa terkadang kata-kata dapat membantu suatu tujuan, tetapi tindakan kecil lebih memberi dampak. Meskipun berbicara tentang perubahan iklim dapat membuat perbedaan, tetapi mengenakan merek seperti itu menunjukkan mereka juga berkomitmen melakukan perannya untuk lingkungan.

 
Berita Terpopuler