Aktivis Palestina Tokoh Berpengaruh Versi Time

Aktivis kembar Palestina masuk daftar tokoh berpengaruh versi Time.

middle east eye
Aktivis Palestina Muna el-Kurd (23 tahun) dan saudara kembarnya Muhammad el-Kurb. Keduanya memiliki lebih sari satu juta pengikut di Instagram.
Rep: Rizki Jaramaya Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM -- Aktivis kembar Palestina, Muna El-Kurd dan Mohammed El-Kurd telah menjadi wajah kampanye global upaya hentikan Israel gusur warga Palestina. Pada Juni, aktivis kembar tersebut sempat ditahan dan diinterogasi oleh pasukan Israel selama beberapa jam terkait aktivitas mereka.

Baca Juga

Karena pengaruh tersebut, si kembar masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

"Melalui unggahan mereka di media sosial, aktivis bersaudara Mohammed dan Muna El-Kurd, membuka mata bagi dunia untuk melihat kehidupan di bawah pendudukan di Yerusalem Timur. Hal ini membantu mendorong perubahan retorika internasional terkait Israel dan Palestina,” ujar majalah Time. 

Mohammad El-Kurd pada Rabu (15/9) mengapresiasi bahwa dia dan saudari kembarnya bisa masuk dalam daftar orang paling berpengaruh versi majalah Time. Menurutnya hal tersebut adalah perkembangan yang positif. Namun menurutnya, simbolisme tidak cukup untuk benar-benar mendukung perjuangan Palestina.

 

 

Pemimpin Redaksi TIME Edward Felsenthal mengatakan, daftar 100 teratas menampilkan pemimpin luar biasa dari seluruh dunia yang bekerja untuk membangun masa depan yang lebih baik. Pengacara hak asasi manusia Iran, Nasrin Sotoudeh masuk ke dalam daftar tersebut.

Pada 2019, dia ditangkap dan dijatuhi hukuman 38 tahun penjara dan 148 cambukan atas upaya untuk memajukan hak-hak perempuan di Iran. Sotoudeh dibebaskan dari penjara tahun lalu, setelah mogok makan selama 46 hari sebagai protes atas tuduhan kolusi, menyebarkan propaganda, dan menghina pemimpin tertinggi Iran. 

Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai wakil perdana menteri Afghanistan masuk ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia. Seorang jurnalis di Pakistan yang menulis tentang Baradar, Ahmed Rashid, mengatakan, Baradar adalah seorang pria pendiam dan tertutup. Dia jarang memberikan pernyataan atau wawancara publik. 

"Baradar tetap mewakili arus yang lebih moderat di dalam Taliban, yang akan didorong ke pusat perhatian untuk memenangkan dukungan Barat dan sangat membutuhkan bantuan keuangan. Pertanyaannya adalah apakah orang yang membujuk Amerika keluar dari Afghanistan dapat mempengaruhi gerakannya sendiri," ujar Rashid.

 

 

Sosok lainnya yang masuk daftar orang paling berpengaruh versi majalah Time adalah Pangeran Harry dari Inggris dan istrinya Meghan, serta bintang pop Amerika Britney Spears, dan pesenam Olimpiade AS Simone Biles.

Spears, masuk ke dalam daftar tersebut untuk pertama kalinya. Spears mendapatkan perharian internasional ketika dia berjuang untuk menyingkirkan konservatori yang telah mengendalikan urusan pribadi dan bisnisnya selama 13 tahun.

Sementara Biles, peraih medali emas Olimpiade empat kali dan juara dunia lima kali, mengatakan kepada Kongres dalam kesaksian bahwa pejabat FBI dan AS menutup mata terhadap pelecehan seksual yang dilakukan dokter tim senam, Larry Nassar terhadap dirinya dan ratusan atlet lainnya.

"Cukup sudah," kata Biles, saat dia dan tiga pesenam Amerika lainnya berbicara dengan emosi yang tajam tentang kejahatan Nassar yang telah merenggut nyawa mereka.

 

Daftar 100 orang paling berpengaruh teratas juga termasuk tokoh politik AS seperti Presiden Joe Biden, Wakil Presiden Kamala Harris dan mantan Presiden Donald Trump.  Rizky Jaramaya

 
Berita Terpopuler