India Evakuasi Warganya dari Afghanistan

Kemenlu India mengatakan sebuah penerbangan membawa warga negara mereka dan WN asing

India mengevakuasi ratusan warganya dari Afghanistan dengan penerbangan khusus.
Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India mengevakuasi ratusan warganya dari Afghanistan dengan penerbangan khusus. Hal itu dikatakan Kementerian Luar Negeri India, Ahad (22/8).

Baca Juga

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arindam Bagchi mengatakan sebuah pesawat Air India yang membawa 87 orang India berangkat dari Tajikistan menuju New Delhi.

"Dua warga negara Nepal juga dievakuasi," tulisnya di Twitter, menambahkan bahwa penumpang dievakuasi sebelumnya dari Kabul dengan pesawat Angkatan Udara India.

Bagchi mengatakan dalam tweet lain bahwa penerbangan repatriasi khusus Angkatan Udara India dengan 168 penumpang, termasuk 107 warga negara India, menuju ke New Delhi dari Kabul. Kedutaan Besar India di Qatar juga mengatakan gelombang pertama dari 135 orang India yang dievakuasi dari Kabul ke Doha dalam beberapa hari terakhir "dipulangkan malam ini ke India."

Dikatakan pejabat kedutaan memberikan bantuan konsuler dan logistik untuk memastikan kembalinya warga negara dengan aman.

"Kami berterima kasih kepada otoritas Qatar dan semua pihak yang memungkinkan hal ini terjadi," katanya.

Baca juga : Taliban Kirim Milisi ke Wilayah Tersisa di Afghanistan

Perebutan kekuasaan tak terduga oleh Taliban memicu pelarian besar-besaran dari Afghanistan. India mengatakan awal pekan ini bahwa pihaknya membentuk unit khusus Afghanistan untuk mengoordinasikan pemulangan dan permintaan lainnya.

 
Berita Terpopuler