Menkominfo: Komunikasi Cegah Hoax Pandemi Perlu Ditingkatkan

Menkominfo minta jajarannya meningkatkan komunikasi publik cegah hoaks pandemi

Republika
Berita-berota hoaks terkait vakisn Covid-19 masih kerap ditemukan beredar (ilustrasi)
Rep: Fauziah Mursid Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta jajarannya meningkatkan komunikasi publik secara akurat dan tepat kepada masyarakat di situasi pandemi Covid-19. Ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dan memberikan penjelasan atas hoaks dan infodemi yang tersebar.

“Tugas terdekat yang harus segera kita bersama lakukan adalah komunikasi publik yang akurat yang tepat dan gaya komunikasi serta narasi sesuai segmentasi komunikasi kelompok masyarakat," ujar Johnny saat melantik Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong di Kantor Kemkominfo, Selasa (10/8).

Johnny juga meminta pemanfaatan dan penggunaan jaringan komunikasi serta media harus bisa dimanfaatkan secara efektif guna informasi dan komunikasi yang efektif. Sebab, kemajuan teknologi informasi, berpotensi adanya pemanfaatan ruang digital secara keliru.

Karena itu, ia meminta Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo untuk memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks.

“Menjadi tugas Ditjen IKP dan Kominfo secara keseluruhan untuk memastikan konter narasi dan penjelasan kepada masyarakat agar masyarakat  terlindungi dari infodemi,” katanya.

Pelaksanaan tugas itu menurut Johnny, bisa dilakukan dengan cara koordinasi, kolaborasi untuk menuju satu titik simpul yang optimal demi kepentingan negara bangsa dan masyarakat.

Ia menyebutkan hal itu secara khusus menjadi perhatian saat bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid -19.

“Kita juga harus menghadapi infodemi dan inilah yang menjadi arena dan area tugas Direktorat Jenderal IKP Kominfo. Saya percaya Pak Usman sebagai bagian dari lingkungan media dan seorang jurnalis senior Indonesia pasti mampu melaksanakannya dan dengan didukung jaringan media massa dan kanal media,” ungkapnya.

Apalagi, lanjut Johnny, pengalaman Dirjen IKP dan bisa diwujudkan dengan dukungan seluruh elemen di lingkungan Kementerian Kominfo.

"Selamat bertugas, Pak, seluruh keluarga besar Kominfo akan bekerja sama-sama baik yang di pusat maupun di seluruh Indonesia termasuk di Balai yang ada di daerah,” ucapnya.

Pengangkatan Dirjen IKP Kementerian Kominfo tertuang dalam Surat Keputusan Presiden No, 108/TPA/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika

Acara pelantikan itu disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo serta Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan. Pejabat pimpinan tinggi pratama dan sivitas Kementerian Kominfo mengikuti secara daring.



 
Berita Terpopuler