Sayur Asem yang Membuat Istri Tersenyum Manis

Hindarilah obrolan yang tidak bermanfaat dengan suami atau istri.

MGROL100
Sayur Asem yang Membuat Istri Tersenyum Manis. Ilustrasi Suami Istri
Rep: Umar Mukhtar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penceramah Habib Novel Alaydrus menyampaikan pesan agar setiap Muslim senantiasa menikmati waktu sekarang ini, detik ini. Jika di hadapan adalah istri atau suami, maka itulah kesempatan untuk menikmati waktu bersama pasangan hidup.

Baca Juga

"Ketika duduk bersama pasangan hidup. Ada suami atau istri. Duduk bersama, nggak usah ngomongin orang lain. Yang aneh itu jika ngomongin orang lain, kecuali obrolan itu membawa kebaikan. Ngobrolin kebaikan orang lain untuk dicontoh," kata pimpinan Majelis Ar-Raudhah Solo itu, dikutip dari video di kanal resmi Youtube-nya.

Pada kesempatan bersama itu, dia mengingatkan tidak membicarakan hal tidak enak yang dialami orang lain atau sesuatu yang tidak baik tentang orang lain. Tetapi jika ini yang dilakukan, maka hilanglah kenikmatan waktu bersama itu.

"Yang lebih aneh, duduk bersama pasangan, tetapi ngobrolnya dengan handphone, sehingga kehilangan kenikmatan saat ini. Anda sekarang lagi ngapain? Lagi duduk bersama pasangan. Ya sudah, duduk nikmati bersama pasangannya. Ajak ngobrol tentang ilmunya Allah SWT. Ajak ngobrol tentang sholat. Ajak ngobrol tentang dzikir. Bukan ngobrol yang nggak ada manfaatnya," ujar dia.

Obrolan yang tidak bermanfaat, misalnya, yaitu membicarakan sesuatu yang telah lewat. "Wah seandainya kemarin kita beli rumahnya, kita akan untung sekian. Wong nggak dibeli kok dibahas. Bukannya ngomongin akhirat, yang diobrolkan cuma uang, uang dan uang, jadi nggak ada kenikmatan," ujar dia.

 

 

Infografis Contoh Sikap Sayang Nabi pada Istri. Ilustrasi pasangan suami istri Muslim. - (Republika.co.id)

Dampaknya jika hanya membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat, rahmat pun susah turun karena obrolannya bukan dalam taat kepada Allah SWT. Lantas obrolan sederhana apa di hadapan pasangan yang menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT?

Habib Novel menyampaikan, membicarakan masakan yang dibuat pasangan pun termasuk ketaatan kepada Allah. Misalnya, istri masak sayur asem, lalu suami mengomentarinya dengan memuji masakan istri tersebut.

"Suami-istri sedang duduk di meja makan atau tempat makan, makan sayur asem. Suaminya bilang, 'Enak bener ini sayur asemnya. Segar badan jadinya.' Lalu istri menjawab, 'Mas bisa aja, nyindir ini ya.' Suaminya bilang lagi, 'Nggak, enak bener ini.' Kelihatannya memang obrolan biasa, tetapi ini taat," kata Habib Novel mengumpamakan obrolan suami-istri.

Habib Novel kemudian mengutip sebuah riwayat. Nabi Muhammad SAW berkata, "Dudukmu bersama pasangan hidupmu untuk menyenangkan hatinya di jalan Allah ta'ala itu lebih utama dari pada itikaf di masjidku ini satu tahun."

Infografis Adab Pernikahan dalam Islam - (Republika)

 
Berita Terpopuler