Mengenal Lebih Dalam Pribadi Aisyah Binti Abu Bakar

Semua yang mengenalnya menghormati kecerdasannya yang luar biasa. 

muslimgirl.net
Mengenal Lebih Dalam Pribadi Aisyah Binti Abu Bakar
Rep: Haura Hafizhah Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam berkehidupan sehari-hari, Nabi Muhammad SAW menjadi sumber panutan. Diantara istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah adalah yang termuda. 

Baca Juga

Saat ia tumbuh dewasa, ia menjadi seorang sarjana, seorang negarawan dan sumber daya bagi semua Muslim bahkan sampai hari ini. Dilansir di About Islam, Ahad (11/7), Aisyah adalah seorang gadis muda yang sangat cerdas.

Ia tumbuh menjadi salah satu ulama terkemuka. Dia tidak malu dengan kecerdasannya yang cepat, bahkan sebagai seorang anak.  

Hal ini berawal saat Nabi SAW mengunjungi  rumah Abu Bakar. Ia melihat Aisyah bermain dengan kuda bersayap. Dia baru berusia lima tahun saat itu. 

Muhammad bertanya apa itu? Aisyah menjawab itu adalah kuda.  

Dia tersenyum dan menjawab bahwa kuda tidak memiliki sayap. Dia segera menjawab Nabi Sulaiman memiliki kuda bersayap. 

 

Dalam hal ini, Aisyah menunjukkan pengetahuan dan kesediaannya menyampaikannya tidak peduli siapa penontonnya.  Nabi sendiri sering terdengar tertawa terbahak-bahak karena kecerdasan Aisyah yang cepat dan tajam.

Aisyah diberkati dengan ingatan yang menakjubkan dan tidak pernah melupakan sesuatu begitu dia mendengarnya.  Dia dikatakan telah meriwayatkan 2.210 hadits (jamak untuk hadits-narasi kehidupan dan ucapan Nabi) di masa hidupnya.  Karena itu, dia adalah salah satu muhadditha (perawi hadits) yang paling produktif.  

Semua yang mengenalnya menghormati kecerdasannya yang luar biasa.  Abu Musa al-Ashari , seorang sahabat Nabi (SAW) pernah berkata: “Jika kami para sahabat Rasulullah memiliki kesulitan dalam suatu masalah, kami bertanya kepada Aisyah tentang hal itu.”

Aisyah orang yang bersemangat serta emosinya panas dan dingin.  Dia tidak bisa membantu, tetapi rentan terhadap kecemburuan.  Dia sangat mencintai suaminya (Nabi SAW) sehingga dia tidak suka ketika suaminya memuji wanita lain.

Dia berkata: "Aku tidak cemburu pada istri Nabi lainnya sebagaimana aku cemburu pada Khadijah, karena dia terus-menerus menyebut dia dan karena Allah telah memerintahkannya untuk memberikan kabar baik padanya tentang sebuah rumah mewah di surga dari batu-batu berharga. Dan setiap kali dia mengorbankan seekor domba, dia akan mengirimkan sebagian yang adil kepada mereka yang telah menjadi teman dekatnya. Berkali-kali saya berkata kepadanya: 'Seolah-olah tidak pernah ada wanita lain di dunia ini selain Khadijah".

 

Tapi Aisyah tidak pernah membiarkan kecemburuannya meninggalkan hatinya.  Dia tidak pernah bertindak berdasarkan itu dan terlepas dari emosinya, sangat murah hati dan percaya.

Aisyah mudah marah dan mudah memaafkan. Terlepas dari keterikatan mendalamnya dengan keponakannya Abdullah bin Zubair, dia menjadi sangat marah padanya ketika dia mendengar Abdullah berpikir kedermawanannya perlu ditekan. Dia bersumpah dia tidak akan pernah berbicara dengannya. 

Dia bertanya bagaimana dia bisa berani mengatakan hal seperti itu.  Dan akhirnya, ketika dia tenang dan berbaikan dengannya, dia membebaskan beberapa budak sebagai penebusan dosa karena melanggar sumpahnya.

Suatu hari saat Idul Fitri, beberapa suku Abyssinia dari Ethiopia menikmati hari dengan menunjukkan keahlian mereka dengan tombak,  Aisyah sangat ingin menonton.  Dia berkata, “Saya ingat Rasulullah  berdiri di pintu kamar saya, menyelubungi saya dengan jubahnya sehingga saya bisa melihat olahraga mereka saat bermain dengan tombak mereka di masjid Rasulullah SAW.  Damai dan berkah Allah besertanya".

Suatu saat seseorang menyebutkan sebuah hadits yang tidak shahih dan menghina tentang wanita yang membatalkan sholat jika mereka berjalan di depan seorang pria yang sedang sholat. 

 

"Kamu menyamakan kami (wanita) dengan anjing dan keledai! Nabi SAW sholat sementara saya berbaring di hadapannya di tempat tidur antara dia dan kiblat," kata Aisyah.

Ia tidak pernah mundur dalam menghadapi kebodohan dan kebencian terhadap wanita. Dia mengubah pikiran banyak pria tentang nilai dan kemampuan wanita.

Seorang sejarawan Muslim Arwa Bin Zubair mengatakan tidak menemukan orang yang lebih mahir daripada Aisyah dalam pengetahuan Alquran, perintah-perintah halal dan haram (dilarang), Ilmu Ansab dan puisi Arab.  Itulah sebabnya, para sahabat Nabi yang paling senior pun sering berkonsultasi dengan Aisyah dalam menyelesaikan masalah yang rumit.

Ini hanya beberapa ciri kepribadian Aisyah. Dia adalah seorang wanita yang berdiri untuk kebenaran dan keadilan.  Dia adalah sumber pengetahuan bagi semua orang yang bertemu dengannya dan tetap demikian bagi Anda yang mempelajari agama hari ini.  Aisyah adalah panutan fenomenal bagi wanita saat ini dan contoh yang sangat baik bagi mereka yang ingin menggunakan kepribadian mereka yang bersemangat untuk memperbaiki umat.

https://aboutislam.net/family-life/husbands-wives/discovering-personality-aisha-bint-abu-bakr/

 
Berita Terpopuler