7 Destinasi Liburan Halal Terbaik

Ada beberapa destinasi halal lainnya yang tengah naik daun.

EnjoyTravel
Wisata Korea Selatan
Rep: Rossi Handayani Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring meningkatnya permintaan akan destinasi ramah Muslim, sejumlah negara berlomba-lomba menjadi bintang masa depan dari rangkaian perjalanan halal.

Baca Juga

Dilansir dari laman The National News pada Kamis (1/7), Pariwisata halal sekarang menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat dari industri perjalanan global. Pengeluaran pengunjung diprediksi mencapai 220 miliar dolar Amerika pada 2020. 

Tahun ini dalam Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Indeks, Malaysia menduduki puncak daftar sebagai tujuan wisata halal terbaik di dunia secara keseluruhan. Lalu diikuti oleh Uni Emirat Arab  (UEA) dan Indonesia. Pemeringkatan ini didominasi oleh negara-negara yang merupakan bagian dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang berbasis di Saudi. 

Sementara Singapura berhasil masuk ke dalam 10 besar, dan dengan demikian memimpin negara-negara non-OKI yang saat ini menggelar karpet merah untuk pelancong Muslim.

Dan berikut beberapa destinasi halal lainnya yang tengah naik daun:

 

 

Korea Selatan

Mengutip peningkatan 33 persen pengunjung Muslim tahun lalu, Organisasi Pariwisata Korea telah mendorong peningkatan jumlah masjid, restoran halal dan fasilitas sholat bandara.

Pedesaan, monumen kuno, desa nelayan tradisional, dan kota-kota berteknologi tinggi adalah beberapa daya tarik negara ini dan tur sembilan hari dengan Serendipity Travel mengambil banyak hal menarik dari sudut pandang ramah-halal.   

Perjalanan dari ibu kota, Seoul, ke kawah Pulau Jeju dan ke tebing Busan dan ibu kota kuno Korea, Gyeongju. Pergi ke Taman Nasional Seoraksan dengan tebingnya yang berbentuk aneh dan satwa liar yang tidak biasa, dan jangan lewatkan perjalanan kereta gantung di atas. 

Lewat ibadah shalat terjadwal dan makanan halal, wisatawan Muslim dapat menikmati suasana Korea Selatan tanpa khawatir tentang kewajiban agama sehari-hari.

 

Afrika Selatan

Karena perjalanan halal mendapatkan daya tarik di Afrika Selatan, pilihan rencana perjalanan berorientasi Muslim meningkat. Kenali sejarah di Johannesburg, kunjungi Museum Apartheid dan Jalan Vilakazi, yang terakhir adalah rumah bagi Nelson Mandela dan Desmond Tutu.  

Berhentilah untuk shalat di salah satu masjid setempat saat Anda mengunjungi komunitas Muslim Jo'Burg yang berkembang pesat. Kemudian pergilah ke timur ke Taman Nasional Kruger untuk safari yang menjamin penampakan hewan besar, diikuti dengan bermalam di kota pertanian Hazyview.   

Lalu ke Cape Town di mana Table Mountain, pantai yang menakjubkan dan suasana kosmopolitan menunggu.  Kunjungi komunitas Muslim Cape Malay di Bo-Kaap, pelajari lebih lanjut tentang pemukim Muslim pertama di negara itu dan singgah di masjid tertua di negara ini, yang berusia 200 tahun yang mengesankan. 

 

Thailand

Pantai yang luas, pohon palem menjulang tinggi, dan perairan biru kehijauan dengan latar belakang hutan tropis, pantai selatan Thailand membuat eksplorasi wisata pulau ramah halal yang sempurna. Tur Serendipity Travel's Southern Islands menawarkan penjelajahan penuh kemewahan di Phuket, Yao Noi, dan Krabi.  

Mulai dari pulau terpanjang di negara ini, tempat tidur di Bell Pool Villas Phuket di mana Anda akan memiliki kolam renang pribadi, layanan pelayan 24 jam, dan santapan halal di vila yang mewah. Jelajahi Pantai Patong, Karon Viewpoint, dan Promthep Cape sebelum menuju ke pulau Koh Yao Noi yang berpenduduk mayoritas Muslim, dan Six Senses Resort yang ramah lingkungan.  

Nikmati pemandangan Teluk Phang Nga di vila yang diselimuti privasi di bawah kanopi tropis. Naik perahu panjang tradisional dan berlayar untuk berkeliling serta berhenti di Pulau Hong dan mengunjungi Koh Panyi, kota terapung Muslim di mana Anda dapat makan siang dan shalat bersama penduduk setempat.

Akhiri penemuan pulau Anda di Krabi di Teluk Phulay, Cagar Alam Ritz-Carlton dan tempat sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam dalam petualangan Thailand Anda.

 

 

Jepang

Dewan pariwisata Jepang telah melampaui target 20 juta pengunjung Muslim pada 2020. Hal ini mengukuhkan negeri matahari terbit sebagai salah satu hotspot wisata halal terbaru. Modest Fashion Show Tokyo edisi kedua November ini akan mendorong citra ini lebih jauh.

Omakase menawarkan pengalaman berpemandu ramah Muslim di Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Sapporo, dan tur dapat dibuat untuk menyertakan pengalaman unik seperti upacara geisha atau menggambar manga.  

 

Inggris

London, ibu kota Inggris merupakan salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tempat ini memiliki daya tarik yang tak ada habisnya. Dengan Inggris berada di urutan ketiga di Global Muslim Travel Index, ada banyak kesenangan ramah halal yang bisa didapat. 

Pesan perjalanan khusus di ibu kota dengan Muslim History Tours di mana Anda dapat memilih untuk menginap di La Suite West, hotel butik mewah tepat di samping Hyde Park di mana kamar bebas alkohol dan Anda dapat menikmati sarapan ala Inggris halal lengkap setiap pagi.

Kemudian pergilah menuju pelayaran di Sungai Thames, nikmati tur bus terbuka untuk mengunjungi landmark seperti Tower Bridge dan Big Ben, serta pemandangan yang kurang dikenal seperti masjid pertama (dan baru ditemukan) di London.  Perjalanan dapat disesuaikan dengan grup Anda dan akan selalu menyertakan pemandu wisata profesional dan transportasi pribadi.

 

Taiwan

Jelajahi gunung berapi yang tidak aktif, naik kereta berkecepatan tinggi, atau kunjungi ibu kota tempat gedung pencakar langit yang menjulang tinggi dan perbelanjaan kelas atas Taipei menunggu wisatawan. Taiwan Tourism Bureau telah membuat situs khusus yang ditujukan untuk pelancong Muslim, yang mencantumkan lokasi masjid, restoran halal, dan hotel yang direkomendasikan.  

Sementara Lokopoko Travel menawarkan tur lima hari yang mengambil beberapa tempat terbaik di negara ini. Hal ini termasuk pengalaman memetik buah di pertanian rekreasi, kunjungan ke Masjid Taichung dan belanja ramah keluarga di pasar malam Taichung. 

Jangan lewatkan kereta gantung Maokong Gondola sepanjang empat kilometer di jantung ibu kota tempat Anda dapat terbang tinggi di udara. Berhenti untuk shalat di Masjid Agung Taipei dan akhiri perjalanan Anda dengan kunjungan ke Taipei 101, gedung tertinggi di negara ini. Perusahaan memastikan makanan halal tersedia selama tur dan hanya memesan akomodasi ramah Muslim.

 

Hong Kong

Lewat Four Seasons Hong Kong menawarkan kamar-kamar yang dilengkapi dengan sajadah, jadwal waktu shalat, dan fasilitas wudhu, dan koki di restoran yang buka sepanjang hari dilatih untuk menyiapkan hidangan halal. Pesan Rencana Perjalanan Keluarga untuk merasakan yang terbaik dari kota hanya dalam tiga hari.   

Naiki sistem eskalator luar ruangan terpanjang di dunia, bawa anak-anak ke Kebun Binatang Hong Kong, dan kunjungi panda dan salamander raksasa di Ocean Park banyak kios di sini bersertifikat halal sehingga camilan tidak menjadi masalah.

Naik feri dari Pelabuhan Victoria ke Tsim Sha Tsui di mana Anda dapat mengunjungi Museum Sains Hong Kong kemudian berhenti untuk salat di Masjid Kowloon. Nikmati makan malam di Ma's Restaurant, cobalah panekuk daging sapi halal yang khas, dan akhiri dengan berbelanja sore hari di mal IFC, yang terhubung dengan hotel. 

 

 

 

 

 

 

 
Berita Terpopuler