Terinfeksi 'Jamur Hitam', Anak Kena Covid-19 Kehilangan Mata

Jika matanya tak diangkat, 'jamur hitam' bisa menyebar hingga ke otak.

EPA
Operasi mata yang terinfeksi jamur hitam. Kasus mukormikosis juga terjadi pada pasien cilik yang positif Covid-19 di India.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus infeksi "jamur hitam" alias mukormikosis juga mengancam anak-anak. Di India, tiga anak positif Covid-19 menjalani operasi pengangkatan mata demi menghentikan infeksi jamur hitam lebih lanjut.

Ketiganya menjalani perawatan di dua rumah sakit berbeda. Anak-anak di Mumbai itu berusia empat, enam, dan 14 tahun, menurut laporan NDTV, dikutip Jumat (25/6).

Dokter mengatakan, pasien berusia 14 tahun tersebut juga mengidap diabetes. Matanya menghitam dalam waktu 48 jam.

Baca Juga

"Jamur juga menyebar ke hidung. Untungnya, infeksinya tidak mencapai otak. Kami merawatnya selama enam pekan, tapi tak dapat menyelamatkan matanya," kata konsultan senior dokter anak di Rumah Sakit Fortis, dr Jesal Sheth, dilansir The Sun.

Dokter juga menemukan perut seorang pasien berusia 16 tahun di rumah sakit sama dipenuhi jamur hitam. Anak tersebut menjadi pengidap diabetes setelah sembuh dari Covid-19. Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 diketahui bisa merusak pankreas hingga memicu diabetes.

"Ususnya mulai berdarah. Kami melakukan angiografi dan menemukan jamur hitam telah menginfeksi pembuluh darah di dekat perutnya," ujar Sheth.

Sementara itu, pasien anak-anak yang lebih kecil yang terkena Covid-19 dan mengalami infeksi jamur hitam mendapat perawatan di Rumah Sakit Mata dan THT KBH Bachooali Mumbai. Seorang dokter mata di rumah sakit itu, dr Prithesh Shetty, mengatakan bahwa jamur hitam menyebar di mata pasien dan jika matanya tidak diangkat, hidup pasien dalam bahaya.

"Mereka sudah buta di satu mata dan itu sangat menyakiti mereka. Seorang anak yang mengalaminya datang kepada kami pada Desember tahun lalu. Kasus kedua datang pada gelombang kedua," kata Shetty.

Pengangkatan mata, gigi, dan jaringan lain yang terinfeksi di wajah merupakan prosedur standar untuk infeksi jamur hitam. Inilah satu-satunya cara menghilangkan jamur hitam secara efektif.

Metode pengangkatan itu dapat menghentikan jamur mencapai otak, kondisi yang dapat menyebabkan kematian. Komplikasi serius hingga terkadang menyebabkan kematian umumnya menyerang mereka yang mengidap diabetes tak terkontrol atau memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Ribuan pasien di India mengalami hal serupa, matanya dibuang setelah terkena infeksi jamur hitam. Sekitar 60 persen pasien yang dirawat di rumah sakit setidaknya memiliki satu mata yang diangkat, setelah gelombang kedua virus corona menyebabkan ledakan penyakit jamur di India.

Menyebar ke negara lain...

Jamur tersebut sekarang telah menyebar ke negara lain. Petugas medis di Cile melaporkan kasus jamur terkait Covid-19.

Sementara itu, para ilmuwan di Uruguay mencatat seorang pasien di sana yang menderita kondisi serupa. Dokter di Oman adalah yang paling baru mengatakan mereka telah mendeteksi infeksi jamur yang berpotensi fatal.

Jamur putih dan kuning juga telah menyebar di rumah sakit di India, keduanya terkait dengan Covid-19. Mucormycosis masuk ke dalam tubuh dan menyebar melalui aliran darah, kemudian memengaruhi organ, seperti otak, mata, limpa, dan jantung.

Jamur paling sering masuk ke hidung, sinus, dan mata hingga menyebabkannya menghitam atau perubahan warna. Gejalanya meliputi penglihatan kabur atau ganda, nyeri dada, kesulitan bernapas, dan batuk darah.

Mucormycosis yang terjadi setelah pasien sakit Covid-19 biasanya setelah delapan hari. Dokter mengatakan, infeksi juga bisa terjadi setelah pasien keluar dari rumah sakit.

Penggunaan obat steroid untuk mengobati Covid-19, kondisi panas dan lembap, serta berada dalam dukungan oksigen untuk waktu lama disebut sebagai penyebab infeksi jamur hitam dan putih. Ada obat antijamur yang bisa diberikan kepada pasien, tetapi India mengalami kekurangan obat untuk mengobati infeksinya.

“Dalam kebanyakan kasus, operasi pengangkatan daerah yang terinfeksi sangat penting dan terkadang operasi ini cukup ekstensif,” ujar perwakilan dari Dana Aksi Global untuk Infeksi Jamur (GAFFI) dan dari University of Manchester, Prof David Denning.

Bukan berasal dari infeksi jamur hitam, mengapa disebutnya black fungus infection?

Mukormikosis sebenarnya merupakan penyakit infeksi jamur yang disebabkan oleh golongan Mucormycetes, sedangkan julukan jamur hitam lebih identik dengan jamur Dematiaceae. Jamur Dematiaceae itu sendiri bukanlah penyebab dari mukormikosis.

Istilah infeksi jamur hitam untuk mukormikosis kemungkinan berasal dari kelainan jaringan berwarna hitam yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Kelainan jaringan berwarna hitam dalam kasus mukormikosis ini disebut sebagai "black eschar".

"Mukormikosis ini menyebabkan kelainan jaringan yang berwarna hitam (black eschar) sehingga mungkin biar gampang disebutnya jamur hitam," kata spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) Dr dr Anna Rozaliyani MBiomed SpP(K) dalam konferensi pers virtual yang digelar Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), disimak di Jakarta, Kamis (3/6).

 
Berita Terpopuler