Empat Karakter Buruk Manusia yang Diungkap Alquran

Alquran memaparkan karakter buruk manusia yang tidak diobati akan merugikan manusia.

Chupastor.com/ca
Seorang suami tak boleh bersikap kikir ataupun berlebihan dalam memberi nafkah. (ilustrasi)
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  Allah SWT menggambarkan proses penciptaan Manusia secara rinci dalam Alquran. Di samping kedahsyatan penciptaan manusia, Alquran juga memaparkan karakter buruk manusia yang jika tidak diobati akan merugikan manusia itu sendiri.

Baca Juga

Pertama, mengeluh dan kikir.

Allah SWT Berfirman,"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat gelisah (dan rakus)."(QS Al Maarij ayat 19).

Disadari maupun tidak, mengeluh adalah sifat dasar manusia yang timbul saat ia tertimpa masalah atau dalam kesempitan. Sedangkan rakus itu cenderung kikir yang dalam bahasa Arab disebut bakhil.

Allah SWT berfirman, "Dan adalah (kebanyakan) manusia sangat kikir" (QS Al Isra ayat 100)

 

 

Kedua, lemah.

Dalam Alquran, Allah mendeskripsikan dua kelamah manusia yakni lemah secara fisik dan lemah dalam melawan hawa nafsu buruk. Allah SWT berfirman,"Allah yang menciptakan kamu dari keadan lemah."(QS Ar Rum 54). Allah juga berfirman,"Allah hendak meringkan kamu dan manusia diciptakan lemah," (QS An Nisa 28). 

Menurut tafsir Syaikh Nawawi Al-Bantani, arti lemah dalam ayat itu, lemah dalam melawan hawa nafsu.

Ketiga, aniaya dan bodoh.

Allah SWT berfirman, Sesungguhnya dia (manusia) sangat aniaya (karena tidak menunaikan amanah) dan sangat bodoh (karena mengkhianati amanah) (QS al Ahzab).

Kezaliman karena tidak menunaikan amanah dan kebodohan manusia dalam ayat di atas disebabkan karena rusak dan kotornya bumi. 

 

 

 

Keempat, tidak adil.

Berlaku adil adalah tindakan yang terkadang tidak mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kaum Madyan yang berlaku tidak adil akhirnya diazab oleh Allah.

Allah SWT berfirman,"Hai Kaumku!sempurnakalan takaran dan timbangan secara adil dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap barang-barang mereka, dan janganlah kamu membuat kejahatan di bumi dengan menjadi apra perusak." (QS Hud 85)

 

 

Sumber: 60 Resep Antigalau, Iunisasi Hati dngan al-Quran karya Ina Salma F.

 
Berita Terpopuler