Makna Amanah dalam Alquran

Alquran menyebut kata amanah dalam enam ayat.

Republika/Agung Supriyanto
Alquran
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran menyebut kata amanah dalam enam ayat. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya kami telah menyampaikan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, semuanya, enggan memikul amanah itu, dan mereka khawatir mengkhianatinya" (QS Al Ahazab 72). 

Baca Juga

Ada banyak pendapat mengenai makna amanah, dalam ayat ini. Abu Abdillah bin Qurtubi misalnya, mengatakan, amanah yang dimaksud bersifat umum dan mencakup seluruh tugas keagamaan. Ini adalah pendapat yang jumhur.

Adapun Asy-Syaukani dengan menukil pendapat Al Wahidi mengatakan, amanah di sini, menurut ahli tafsir, adalah ketaatan dan kewajiban-kewajiban yang penunaianya dikaitkan dengan pahala dan pengabaiannya dikaitkan dengan dosa. 

Ibnu Ma'sud berkata, amanah dalam konteks ini adalah seluruh kewajiban, dan yang paling berat adalah amanah harta. Sedangkan, Ubay bin Kaab berpendapat bahwa, di antara amanah adalah dipercayakannya kepada seorang wanita atas kehormatannya.

Semua pendapat tersebut bermuara pada kesimpulan bahwa amanah dalam ayat tersebut adalah segala hal yang dipercayakan Allah kepada manusia, yakni mencakup seluruh perintah dan larangan-Nya., juga seluruh karunia yang diberikan kepada manusia. Sebagian ulama merinci apa-apa saja yang termasuk dalam amanah yang penting.

Cara Menjaga Amana

Pertama menjaga amanah terhadap dirinya yakni, memilih hal yang baik untuk dirinya untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Hal-hal yang baik di sini termasuk menuntut ilmu, mencari rezeki, menjaga kesehatan, menjaga diri, dan segala hal yang merusak tubuh.

Kedua menjaga amanah terhadap sesama manusia misalnya, menyimpan rahasia, menjaga silaturahim, mematuhi aturan dan sebagainya.

Ketiga, menjaga amanah dari Tuhan, yakni dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

Sumber: Tafsir Alquran Al Adhim Ibnu Katsir, dan Tafis Al Jami ll Ahkam Alquran, Abu Abdillah Al Qurthubi. 

 
Berita Terpopuler