Pria di Wichita Hina Rasulullah dan Alquran

Dustin Arterburn, pria asal Wichita hina Rasulullah dan Alquran.

Bosh Fawstin
Islamofobia (ilustrasi)
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, WICHITA -- Pria lokal di Wichita Kansas, Dustin Arterburn, yang membawa pistol ke sebuah masjid di Wichita dan meneriakkan komentar Islamofobia pada seorang pria Muslim, mengaku bersalah akhir bulan lalu. Dia dikenakan dua tuduhan pelanggaran ringan atas insiden di mana dia melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad dan Alquran.

Baca Juga

Dilansir dari The Wichita Eagle, menurut catatan Pengadilan Distrik Kabupaten Sedgwick, Arterburn segera dijatuhi hukuman percobaan dengan hukuman penjara 90 hari setelah dia mengajukan pembelaan pada 25 Mei. Permohonan itu datang menjelang sidang yang dijadwalkan pada 9 Juni.

Selain mengikuti aturan tertentu saat dia dalam masa percobaan, seperti menghindari masalah hukum dan memiliki pekerjaan penuh waktu, Arterburn harus menulis surat kepada Masyarakat Islam Wichita dan seorang pria Muslim, meminta maaf atas tindakan Islamofobianya.

Arterburn menunjukkan ketidakhormatan ketika dia pergi ke Masjid An Noor dan Masyarakat Islam Wichita pada 30 Oktober 2020. Polisi Wichita tahun lalu mengumumkan bahwa Arterburn telah ditangkap setelah meneriaki seorang pria Muslim berusia 53 tahun yang berada di masjid, dekat 17th dan Hillside, dan menggantung poster yang menggambarkan gambar kartun Nabi Muhammad di Islamic Society.

 

 

Tindakan Arterburn menyebabkan seorang pemimpin Islam lokal menyerukan perdamaian selama dan setelah pemilihan 2020, saat ketegangan rasial dan agama sangat tinggi, The Eagle sebelumnya melaporkan. Surat pernyataan penangkapan yang dikeluarkan oleh pengadilan awal tahun ini memberikan rincian lebih lanjut tentang apa yang terjadi pada hari Arterburn berkendara ke masjid dan gedung Islamic Society.

Arterburn diminta oleh seorang detektif polisi Wichita untuk menjelaskan apa yang dia lakukan pada 30 Oktober 2020. Lalu Arterburn memberi tahu polisi bahwa dia pulang kerja dan pulang sekitar jam 3 sore pada hari itu. Dia segera mencetak sekitar 15 eksemplar sampul majalah satir Prancis Charlie Hebdo yang menampilkan karikatur nabi Islam, kemudian menuju ke toko buku lokal sekitar pukul 15.30. 

Ketika dia sampai di Barnes & Noble, Arterburn mengatakan dia masuk ke dalam dan membeli salinan Alquran. Dia menggunakan teleponnya untuk mencari alamat Islamic Society. Dia berkendara ke lokasi, lalu kendaraannya diparkir di tempat parkir dan meletakkan salinan kartun di kendaraan dan pintu gedung lantaran dia marah atas pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok teror di luar negeri yang mengatasnamakan dirinya Islam.

 

Arterburn mengatakan kepada detektif bahwa dia ingin melaksanakan kebebasan berbicaranya dengan menempatkan selebaran di pintu gedung dan tidak melihat tanda "dilarang masuk tanpa izin sehingga dia pikir dia bebas melakukannya karena dia "percaya Islam Masyarakat Wichita menjadi tempat umum.

Seorang saksi mata mengatakan kepada polisi, bahwa dia diusir oleh pria yang menggantung poster saat pria itu meninggalkan tempat parkir dengan mobil hitam. Sementara, dalam wawancara polisinya, Arterburn mengatakan kepada detektif bahwa dia meninggalkan properti Masyarakat Islam dan pergi ke masjid, di mana dia juga berencana untuk memasang kartun di pintu.

Ketika Arterburn mengemudi, dia melihat seorang pria Muslim menutup gerbang masjid sehingga dia pun parkir di dekatnya, keluar dari kendaraannya dan mengangkat lalu melambaikan salinan Alquran yang baru dibelinya. Pria Muslim itu mengatakan kepada polisi ketika dia melihat Arterburn melambaikan kitab suci, dia pikir Arterburn mencoba memberi sinyal bahwa dia membutuhkan Quran lain.

Pria itu menambahkan, ketika dia mendekati Arterburn untuk berbicara dengannya, Arterburn malah mengutuk tentang isi buku itu dan menuntut umat Islam meninggalkan AS. Arterburn memiliki senjata yang membuatnya takut.

Arterburn mengatakan dalam wawancara polisi bahwa dia tidak memperhatikan apa yang dikatakan pria Muslim itu kepadanya, tetapi mereka berbicara selama sekitar 50 detik dan dia mengangkat salah satu poster sebelum pergi.

 
Berita Terpopuler