Kebiasaan Buruk Saat Mandi Pagi Menurut Dokter

Ada sejumlah kebiasaan yang harus dihindari saat mandi pagi.

www.freepik.com.
Shower (ilustrasi). Mandi pagi sebaiknya menggunakan air suam-suam kuku saja.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi di pagi hari menjadi salah satu rutinitas wajib agar tubuh terasa lebih segar saat beraktivitas. Nah, untuk memastikan mandi pagi memberikan manfaat baik bagi tubuh, para ahli memberikan beberapa saran berbasis sains tentang apa yang harus dihindari saat mandi pagi.

Apa saja hal yang harus dihindari itu? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Best Life, Rabu (16/6).

1. Jangan mandi dengan air suhu terlalu panas
Ketika musim penghujan, suhu pagi di Indonesia biasa lebih dingin bukan? Mandi pagi dengan air hangat pun dianggap sebagai solusi. Namun, ahli kecantikan profesional, Alison Angold, mengingatkan agar Anda tidak mandi dengan air yang terlalu panas.

“Mandilah dengan air yang tidak terlalu panas, harus suam-suam kuku. Air yang terlalu panas tidak hanya akan membuat kulit kering, namun juga menghilangkan lapisan permukaan kulit (acid mantle),” kata Angold.

Acid mantle terdiri dari keringat dan sebum yang memberi lapisan perlindungan antibakteri. Perlindungan ini mencegah bakteri menembus kulit dan menjaga kulit tetap lembap. Acid mantle juga melindungi kulit dari sensitivitas, iritasi, dan jerawat.

Baca Juga

2. Jangan mandi terlalu lama
Bagi Anda yang suka berlama-lama mandi di pagi hari, mulai saat ini cobalah berusaha mengubah itu. Dokter kulit di Mango Clinic, Amber O'Brien, mengatakan bahwa mandi terlalu lama bisa berbahaya bagi kulit. Menurut dia, idealnya mandi di pagi hari hanya lima sampai 10 menit. Tak hanya itu, paparan air yang terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering.

“Jadi, semakin sebentar mandi di pagi hari, semakin baik,” jelas dia.

Orang dengan kondisi kulit tertentu juga harus sangat sadar akan durasi mandi. O'Brien mencatat bahwa mereka yang menderita eksim atau psoriasis tak boleh terlalu lama di kamar mandi. Jika Anda memiliki masalah kulit apa pun, itu bisa diperburuk dengan mandi terlalu lama atau terlalu panas.

3. Pilih produk mandi dengan bijak
Waktu dan suhu bisa jadi tidak relevan jika Anda menggunakan semua produk yang salah ketika mandi. Angold mengatakan bahwa beberapa sabun mandi dapat mengganggu keseimbangan PH dari acid mantle dan membuat kulit terkena kondisi buruk.

Dia merekomendasikan untuk menggunakan pelembap tubuh atau shower oil untuk menjaga keseimbangan kulit dan memberikan perlindungan kulit, juga menjaga kulit tetap terhidrasi dan bernutrisi. Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu, konsultasikan dengan dokter tentang produk mana yang terbaik untuk dipakai.

 
Berita Terpopuler