Ketika Baghdad Abad ke-9 Menghidupkan Kembali Astronomi

Bayt al-Hikmah didirikan oleh khalifah kelima Dinasti Abbasiyah, Harun al-Rasyid

google, com
Para cendikiawan di Bayt Al Hikmah Baghdad pada abad 9 M.
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayt al-Hikmah didirikan oleh khalifah kelima Dinasti Abbasiyah, Harun al-Rasyid, di Baghdad pada abad ke-8. Baghdad menjadi peleburan pengetahuan dengan para filsuf, pemikir, dan astronom dari berbagai belahan dunia yang berlindung di pusat kekuatan intelektual itu.

Baca Juga

Setelah Abbasiyah berkuasa di Irak pada tahun 750 M usai jatuhnya Dinasti Umayyah, ibu kota baru dipindahkan dari Damaskus ke Baghdad. Itu adalah waktu ketika penaklukan Muslim dan pertumbuhan kekhalifahan memungkinkan iklim budaya yang dinamis berkembang.

Akibatnya, berbagai tradisi intelektual disusun di bawah pemerintahan Muslim yang memberikan landasan bagi pembelajaran Yunani kuno dari Eropa, serta dari Persia, Sumeria, dan India di Timur. Selama lima abad, antara abad ke-8 dan ke-13, Eropa menderita kerusakan intelektual sementara Baghdad adalah kota di atas bukit, dengan berbagai pengetahuan dan prestasi ilmiahnya.

Bayt al-Hikmah menampung orang-orang dari seluruh dunia dan dari berbagai agama—Kristen, Yahudi, Muslim, Zoroaster, yang mengumpulkan dan menerjemahkan banyak karya dari kanon sastra Yunani, yang memberikan pengaruh besar pada pemikiran Arab.

 

 

Al-Makmun, khalifah ketujuh Dinasti Abbasiyah, membawa karya-karya Plato, Aristoteles, Ptolemy, Hippocrates dan Euclid dari barat dan meminta mereka menerjemahkan kata demi kata di Bayt al-Hikmah, yang menampung perpustakaan besar dengan berbagai galeri yang dikhususkan untuk setiap cabang ilmiah.

Selama masa pemerintahannya, Al-Makmun menempatkan kekuatan dan kekayaannya yang luar biasa dalam penemuan ilmiah. Khalifah dan bangsawan istananya membayar dengan sebagian besar perak untuk melaksanakan pekerjaan penting transmisi ide-ide dari Yunani kuno, India, Persia dan Suriah ke dalam tradisi Arab.

Karena memperoleh salinan buku-buku ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan Bayt al-Hikmah, Al Makmun secara pribadi menulis kepada Kaisar di Istanbul (Konstantinopel) memintanya untuk mengirim teks-teks kuno sehingga dia bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Arab.

"Pada saat ini, astrologi dijunjung tinggi sebagai ilmu dalam masyarakat Arab. Bintang-bintang dan planet-planet dianggap memengaruhi peristiwa di bumi dan astrologi dilakukan dengan sangat memperhatikan detail," tulis Isabella Bengoechea, seorang jurnalis di The Times.

 

 

Karena itu, studi ilmiah yang berkaitan dengan astronomi terjadi setelah pendirian Bayt al-Hikmah. Cendekiawan Muslim terkenal Al-Khawarizmi termasuk di antara para ilmuwan yang secara luas dipuji karena menyusun tabel astronomi tertua dan Khalifah Al-Makmun menugaskannya sebagai astronom istana.

Al-Makmun juga membayar untuk penelitian ilmiah asli yang membuka jalan bagi observatorium pertama di dunia Islam yang memungkinkan Al-Khawarizmi dan astronom lainnya untuk merekam pengamatan yang akurat dari benda langit, kemudian membangun satu lagi di Damaskus sehingga data dari keduanya bisa dibandingkan.

Al-Makmun memiliki observatorium astronomi yang dibangun dengan tujuan untuk menangani klaim salah satu suara paling dominan di dunia kuno, Ptolemy. Observatorium Shammasiyah didirikan pertama kali pada tahun 828 atas perintah Khalifah Al-Makmun di Baghdad. Ini berada di bawah lingkup akademi ilmiah Bayt al-Hikmah.

Pada tahun-tahun berikutnya, Baghdad mendapatkan reputasi sebagai tuan rumah bagi para astronom hebat yang memiliki keterampilan untuk mengamati gerakan matahari, bulan, dan planet-planet yang memungkinkan mereka mempresentasikan hasilnya dalam sebuah buku berjudul Mumtahan Zij.

 

 

Dengan sosok-sosok yang menjulang tinggi seperti Banu Musa bersaudara, yang mencapai kesuksesan luar biasa di bidang sains, para astronom di Baghdad mengembangkan teknik astronomi untuk mengukur ketinggian maksimum dan minimum matahari saat mengamati gerhana bulan. Banu Musa bersaudara cukup murah hati untuk membayar dengan mahal untuk terjemahan dan perolehan buku-buku pengetahuan kuno.

Ursa Major, rasi bintang seperti beruang, juga diamati dari observatorium Baghdad yang dinamai menurut nama Banu Musa bersaudara. Di tengah lingkungan keunggulan akademik, istana Al Mamun sering dikunjungi oleh para sarjana dan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu.

Mereka memiliki debat yang hidup yang mendorong mereka untuk menantang satu sama lain dan teks-teks kuno yang mereka pelajari. Hal ini menurut sejarawan Violet Moller, yang telah banyak menulis tentang subjek tersebut.

Tim yang dibuat oleh Al-Makmun bahkan mengukur panjang sabuk khatulistiwa Bumi, dan satu-satunya perbedaan antara nilai saat ini adalah 500 meter karena tidak ada catatan ukuran unit pengukuran mereka, kecemerlangan ilmiah yang luar biasa.

 

 

Para astronom berangkat di tengah malam melintasi dataran datar Sinjar di Irak, satu kelompok berjalan ke utara, yang lain ke selatan, sampai mereka mengukur satu derajat bumi, sebelum berjalan kembali ke satu sama lain dengan hati-hati menghitung jarak. Di bawah pengaruh Al-Makmun, penemuan ilmiah berkembang di Era Dinasti Abbasiyah.

Visi, rasa ingin tahu, dan karismanya membantu memicu salah satu zaman intelektual terbesar sepanjang masa. Akhirnya, Baghdad menjadi pusat studi humaniora dan sains yang tak tertandingi, termasuk matematika, astronomi, kedokteran, kimia, geografi, filsafat, sastra, dan seni serta beberapa mata pelajaran lain seperti astrologi.

 

Hingga akhirnya, bangsa Mongol menghancurkan Bayt al-Hikmah bersama dengan reputasi memukau Baghdad ketika mereka menyerang kota itu pada 1258.

 
Berita Terpopuler