Sekilas Profil Keluarga Muslim Kanada Korban Penabrakan

Keluarga korban terorisme ini dikenal sebagai pribadi yang berjasa bagi komunitas.

Nathan Denette/Pool via REUTERS
Sekilas Profil Keluarga Muslim Kanada Korban Penabrakan. Warga menghadiri peringatan keluarga Muslim yang ditabrak di luar Masjid London Muslim, London, Kanada, Selasa (8/6). Polisi mengatakan penabrakan itu didasari kebencian.
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Pasangan suami istri Salman Afzaal dan istrinya Madiha Salman beserta putri dan ibu Salman meninggal setelah sebuah truk hitam menabrak mereka saat sedang berjalan-jalan sore. Fayez, anak Salman yang berusia sembilan tahun, selamat. Kejadian ini adalah peristiwa tragis yang diduga kuat terjadi karena kebencian terhadap Muslim. 

Baca Juga

Halema Khan, seseorang yang dekat dengan keluarga Salman, menyebut keluarga Salman tidak memiliki kerabat dekat di Kanada. Halema mengatakan kepada CBC News, mereka menjadi dekat dengan keluarganya.

Menurutnya, mereka tiba di Kanada dari Pakistan pada 2007, siap bekerja keras untuk memulai hidup baru bagi bayi perempuan mereka. "Kami menghadiri acara bahagia satu sama lain, acara sedih, selalu ada untuk satu sama lain," kata Khan.

"Itu bukan perjalanan yang mudah bagi mereka, tetapi mereka berhasil," ujar Khan bersama dua anaknya di tempat peringatan yang didirikan di lokasi serangan.

"Mereka bekerja siang dan malam. Mereka memberi kepada masyarakat, bukan hanya untuk komunitas Muslim, tetapi juga untuk komunitas Kanada secara umum," ungkapnya.

 

 

 

Ahmed Hegazy, seorang teman keluarga, menjelaskan pasangan itu. Anak-anak mereka dan ibunya, disebut Halema, mempunyai kebiasaan baru selama pandemi Covid-19, yakni berjalan kaki pada malam hari.

"Anak-anak mereka adalah tipe anak yang Anda inginkan untuk dijadikan teman anak Anda," kata Hegazy.

"Orang-orang mengembangkan kebiasaan mereka sendiri untuk mencoba mengatasi karantina ini, dan salah satu yang dikembangkan keluarga Salman adalah mencoba berjalan-jalan tepat sebelum matahari terbenam. Ibu Salman sangat menyukai jalan-jalan ini, dan dia selalu ingin keluar untuk jalan-jalan. Mereka tidak tahu ini akan menjadi perjalanan terakhir mereka," ujarnya.

 

Sebenarnya, siapa keluarga ini? Dan, apa keseharian mereka? Berikut penjelasannya, dilansir di CBC News, Selasa (8/6).

Madiha Salman, orang yang murah hati dan penyayang

Madiha memperoleh gelar sarjana teknik di Pakistan dan merupakan satu-satunya wanita di kelas 174. Dia memperoleh gelar master dan bekerja di Universitas Barat London untuk menyelesaikan PhD.

“Madiha adalah orang yang berkilau, murah hati, penuh kasih yang merupakan pendidikan yang berharga, kemajuan wanita, kesetaraan, dan penelitian,” kata Jason Gerhard.

Madiha disebut juga sangat antusias dan kuat. "Dia bekerja dalam bidang teknik lingkungan, membesarkan keluarga yang cantik, dan berkontribusi kuat pada jaringan profesional dan komunitasnya," ujarnya.

Madiha adalah instruktur Moawaz Sheikh selama di Barat dan selalu punya waktu untuk menjawab pertanyaan siswa. "Saya selalu ingat dia sangat membantu. Sebagai mahasiswa, saya selalu mengajukan banyak pertanyaan. Dia selalu bisa tinggal setelah kelas, lebih dari asisten pengajar lainnya. Dia sangat membantu," ujarnya.

 

 

Madiha melakukan pekerjaan pascasarjana dan juga seorang penulis. Dia menerbitkan kolom di berbagai majalah. "Dia menggunakan penanya untuk menyebarkan cinta dan kedamaian," ujarnya.

Khan mengisahkan Madiha baru-baru ini kehilangan ayahnya karena Covid-19 dan anggota keluarga lainnya juga terkena dampak pandemi. Dua hari sebelum dia dibunuh, Madiha dan Khan berbicara tentang anak-anak mereka dan sekolah yang mereka hadiri.

"Kata-kata terakhirnya yang terngiang adalah, 'Tolong simpan doa saya di keluarga Anda, keluarga saya dalam doa-doa Anda.' Kata-kata yang dia katakan padaku," ungkapnya.

 

Hegazy menyebut, keluarga Mediha bekerja keras untuk membuatnya menyelesaikan PhD-nya sehingga dia bisa bekerja dalam bidangnya.

 

Salman Afzaal, dia selalu tersenyum

Salman Afzaal adalah seorang fisioterapis. Dia memberikan cinta dan perawatan untuk manula yang tinggal di banyak panti jompo di barat daya Ontario.

“Salman merawat ibu kami, ayah kami, nenek dan kakek kami,” kata CEO Ritz Lutheran Villa, Jeff Renaud.

Ritz Lutheran Villa adalah salah satu panti asuhan tempat Salman bekerja. "Jika Anda melihatnya beraksi dengan warga, Anda bisa melihat dia baik dan peduli, penuh kasih dan komitmen yang mendalam kepada mereka, memberikan layanan kepada warga, membantu mereka menjaga mobilitas dan sedikit kemandirian di akhir hayat," ungkapnya.

Salman berlatih di Universitas Karachi dan lulus pada 1997, menurut catatan publik dari College of Physiotherapists of Ontario. Salman juga bisa berbicara bahasa Inggris, Urdu, dan Punjabi.

"Dia pria yang hebat. Dia selalu tersenyum. Dia selalu positif dan optimistis dan siap membantu kami dengan apa pun yang perlu dilakukan di rumah atas nama penghuni kami," kata Renaud, yang mempekerjakan Salman pada 2015.

"Dia bisa berhubungan baik dengan penghuni dan anggota tim perawatan kami lainnya. Dia memiliki pendekatan yang baik, mudah, dan tulus. Dia memiliki reputasi yang sangat baik sebagai fisioterapis," ujarnya menambahkan.

Semua orang di Masjid Muslim London mengenal Salman dan keluarganya, kata Hegazy, yang keluarganya sering berkumpul dengan keluarga Salman selama Ramadhan. "Dia hanya orang yang tampan, selalu tersenyum, selalu bersedia membantu, sangat baik hati," ungkapnya.

 

 

Yumna Afzaal dan Fayez, siswa teladan

Yumna duduk di kelas sembilan di Oakridge Secondary School. Ia menjadi siswa di sekolah ini pada 2020 setelah lulus dari London Islamic School.

Hassan Moustafa mengenal keluarga itu dengan baik dan mengatakan Afzaal melukis mural besar di lorong sekolah. Mural dengan tinggi dari lantai ke langit-langit menampilkan gambar bumi yang mengambang di angkasa di samping kata-kata: "Belajar, Pimpin, Inspirasi."

Di samping gambar bumi, mural tersebut memiliki pesan berikut: "Jadikan bulan tujuanmu, bahkan jika Anda meleset, Anda akan mendarat di antara bintang-bintang."

“Dia mengatakan kepada kepala sekolah kami ingin meninggalkan mural itu sebagai warisan bagi sekolah, dan setiap kali kami pergi ke ruang bawah tanah itu, itu akan menjadi sesuatu yang hanya akan menjadi bagian kecil dari warisannya,” kata Moostafa.

"Dia akan menjalani warisan yang jauh lebih besar untuk keluarganya. Tapi itu akan menjadi pengingat visual bagi kita setiap saat semua anak dan kita semua, jemaat dan anggota masyarakat, akan melihat dan akan selalu menghargainya," ujarnya.

Moostafa mengatakan putrinya berteman baik dengan Yumna dan sangat putus asa karena kehilangan dia dan tiga anggota keluarganya dalam serangan Ahad lalu. Kepala sekolah London Islamic School Asad Choudhary mengatakan staf dan siswa berdoa untuk Yumna dan saudara laki-lakinya.

"Anak-anak hebat, siswa teladan. Pasti permata komunitas sekolah kami. Keduanya adalah teman baik, bukan hanya teman sekelas mereka, tetapi komunitas sekolah pada umumnya. Sangat berbakat di bidang akademik," kata Choudhary. 

Kepala Sekolah Mike Phillips mengatakan karena Yumna memasuki Oakridge pada September di tengah pandemi, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk belajar dari rumah melalui obrolan video. Meski demikian, kata Phillips, ia tetap mampu memberi kesan pada guru-gurunya.

"Para guru yang bekerja langsung dengannya mengatakan dia adalah siswa berprestasi yang berdedikasi, yang suka belajar dan bekerja dengan teman-temannya secara langsung dan menikmati sekolah. Para guru juga mengatakan dia tertarik memiliki bisnisnya sendiri dan memberi kembali kepada komunitasnya di kemudian hari," ujarnya.

Siswa di Oakridge merencanakan kampanye pita hijau dan ungu untuk menghormati Yumna. Warna ungu karena itu adalah warna favorit Yumna dan hijau untuk mewakili sikap menentang islamofobia.

https://www.cbc.ca/news/canada/london/london-muslim-family-attack-what-we-know-1.6057745

 
Berita Terpopuler