1.000 Seniman Kanada Serukan Sanksi Militer pada Israel

Publik Kanada muak dengan dominasi narasi Zionis.

EPA-EFE/ALAA BADARNEH
1.000 Seniman Kanada Serukan Sanksi Militer pada Israel. Seorang pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel untuk melempar batu selama bentrokan dengan pasukan Israel setelah protes terhadap pemukiman Israel di desa Beta dekat Kota Nablus, Tepi Barat, 28 Mei 2021.
Rep: Ali Mansur Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Lebih dari seribu seniman dan pekerja budaya Kanada menandatangani pernyataan yang menyerukan pemerintah Kanada untuk menjatuhkan sanksi militer dan ekonomi terhadap Israel. Mereka juga menuntut pemerintah mengakhiri keterlibatannya dalam penindasan rakyat Palestina.

Baca Juga

Para seniman mendeklarasikan dukungan untuk gerakan Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS) yang dipimpin Palestina. Kelompok seniman juga meminta organisasi dan lembaga seni Kanada mengakhiri segala bentuk kolaborasi dengan kegiatan seni dan budaya yang didanai atau disponsori Israel. Gerakan BDS sebagai cara damai untuk menekan Israel agar mematuhi hukum internasional.

"Tidak ada pertukaran ide secara bebas ketika penjajah menggunakan budaya dan seni sebagai propaganda untuk menutupi pendudukan militer, penjajahan, dan apartheid di Palestina," ujar salah satu peserta Rehab Nazzal, dikutip dari Middle East Eye, Selasa (8/6).

Nazzal mengatakan dokumen deklarasi seniman mulai beredar pada 21 Mei dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis. Dia belum mengamati tingkat dukungan untuk perjuangan Palestina selama aktivitas sebelumnya di Kanada dan belum pernah melihat dukungan seperti itu sebelumnya.

"Tanda tangan datang dari seluruh negeri, kurator, seniman media dan visual, pembuat film, pekerja di organisasi seni dan pusat yang dikelola seniman, seniman independen, musisi, peneliti dan cendekiawan seni, dan pekerja budaya lainnya, semuanya telah menandatangani [dengan] dukungan mereka," kata Nazzal.

 

Seorang seniman yang diakui secara internasional yang berbasis di Ontario Ron Brenner juga menandatangani pernyataan tersebut. Ron mengatakan seniman seringkali memiliki lebih banyak kebebasan untuk berbicara tentang isu-isu kontroversial. Itu karena memang sifat pekerjaan mereka.

"Saya tidak takut mengatakan Palestina atau menggunakan Negara Palestina dalam pekerjaan saya. Tidak ada yang memecat saya. Turunkan saya. Saya tidak takut masuk daftar hitam oleh para pendukung negara apartheid Israel," kata Brenner dengan lantang.

Dirilis setelah pengeboman 11 hari Israel di Jalur Gaza yang mengakibatkan kematian 260 orang, termasuk 62 anak-anak pernyataan para seniman tersebut mengatakan dukungan internasional selama puluhan tahun untuk pemerintah Israel telah mengakibatkan dehumanisasi rakyat Palestina. Menurut mereka, diam di saat ketidakadilan sama saja dengan keterlibatan dengan penindas.

"Kami sangat terkejut dengan perkembangan terakhir di Palestina/Israel, pengeboman keempat sejak 2009 di Gaza," kata para seniman.

Mereka kemudian mengkritik pemerintah Israel karena menargetkan bangunan tempat tinggal, rumah sakit, sekolah, dan infrastruktur. Seorang penulis dan aktivis Kanada Judy Rebick juga menandatangani pernyataan tersebut.

 

Menurutnya, sebagai orang yang beragama Yahudi, dia selalu merasa ada tanggung jawab khusus untuk berbicara menentang agresi Israel. Dia mengaku sebagai seorang penulis telah melakukan yang terbaik untuk mengekspos pendudukan militer Israel dan rasialisme sistematis terhadap warga Palestina.

“Saya sakit hati melihat serangan lain terhadap Gaza, tetapi saya didorong semakin banyak seniman dan pekerja budaya, serta yang lain, berbicara menentang ketidakadilan ini," kata Rebick.

Menurut Nazzal, selama pengeboman, dua protes besar diadakan di Toronto yang mengakibatkan ribuan orang turun ke jalan dalam solidaritas dengan orang-orang Palestina. Protes besar-besaran di seluruh negeri, terlepas dari pembatasan Covid-19, membuktikan fakta publik Kanada muak dengan dominasi narasi Zionis.

Selain perkembangan terakhir, pernyataan artis juga mengecam kebijakan Israel yang sedang berlangsung, seperti blokade darat dan laut secara brutal yang diberlakukan oleh Israel sejak 2007. Di Tepi Barat yang diduduki, para seniman mengecam pendudukan militer ilegal Israel, perampasan, pemindahan dan pengusiran paksa orang-orang Palestina.

Mereka mengecam pembongkaran ribuan rumah, pembatasan kebebasan bergerak dengan pos pemeriksaan militer dan tembok pemisah, perampasan tanah, pemukiman ilegal, dan jalan khusus Israel. Mareka menyoroti tingkat penahanan Palestina yang tinggi di Israel dan mengecam serangan malam yang sering meneror warga sipil.

 

Mereka juga mengutuk kekerasan yang dilakukan oleh polisi dan warga Israel terhadap warga Palestina Israel. Termasuk hukuman mati tanpa pengadilan, menembak, menyerang, menangkap, dan menandai rumah warga Palestina mengungkapkan diskriminasi sistemik selama puluhan tahun terhadap penduduk asli Palestina.

"Kami tergerak untuk berbicara menentang kekerasan yang sedang berlangsung dan penghancuran rumah rakyat Palestina, lingkungan alam mereka, lahan pertanian dan sumber daya,” tulis para seniman.

Selanjutnya, para seniman juga bertekad untuk bekerja menuju akhir dehumanisasi rakyat Palestina sebagai hasil dari dukungan puluhan tahun yang telah diberikan kepada negara jajahan pemukim Israel. Tahun lalu, sebuah jajak pendapat penelitian EKOS menunjukkan 74 persen warga Kanada menentang rencana Israel mencaplok lebih banyak Tepi Barat yang diduduki. Sementara 42 persen mendukung penggunaan sanksi ekonomi atau diplomatik terhadap Israel.

https://www.middleeasteye.net/news/canada-artists-call-military-and-economic-sanctions-israel

 
Berita Terpopuler