Ini Mobil Terkecil di Dunia, Hanya Bisa Dipakai Sendiri

Mobil terkecil memiliki panjang sekitar 1,3 meter, tinggi 1 meter dan lebar 0,9 meter

wikipedia
Peel P50, mobil terkecil di dunia.
Rep: Eric Iskandarsjah Z Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil biasanya memiliki kapasitas minimal dua orang. Tapi ternyata, sempat terdapat mobil yang hanya mampu mengakomodasi satu orang. Mobil itu pun mengantongi rekor sebagai mobil terkecil di dunia.

Baca Juga

Dilansir dari Car Advice pada Jumat (4/6), mobil itu merupakan mobil dengan nama Peel P50 dan dipasarkan pada 1963. Meski berukuran kecil, sebagai sebuah mobil, Peel P50  hadir lengkap dengan kaca depan, atap dan pintu.

Dimensi mobil ini sendiri hanya memiliki panjang sekitar 1,3 meter, tinggi 1 meter dan lebar 0,9 meter. Total bobotnya pun hanya sekitar 59 kilogram.

Peel P50 diproduksi selama sua tahun dan terjual sebanyak 50 unit. Saat ini, diperkirakan hanya ada 27 unit saja yang masih tersisa.

Soal dapur pacu, mobil roda tiga ini hadir dengan mesin 50 cc 3 speed dan mampu mencapai kecepatan maksimal sekitar 60 kilometer/jam.

Sebagai mobil yang sangat ringan, mobil ini tak memiliki gigi mundur. Karena, mobil ini dapat dengan mudah digeser-geser dengan mengangkat bagian depan mobil dengan pegangan yang terdapat pada bumber depan.

Dalam materi promosi pada masa peluncuranya, digambarkan bahwa mobil ini mampu mengangkut satu orang dan satu tas jinjing. Selain itu, iklan tersebut juga menggambarkan bahwa mobil tersebut mampu dengan mudah diangkat oleh seorang pengendara perempuan.

Kini, Peel P50 pun jadi mobil yang diincar para kolektor. Pada 2016, terdapat konsumen yang membelinya lewat lelang dengan harga 176 ribu dolar AS atau Rp 2,5 miliar.

 
Berita Terpopuler