Kisah Shotaro Noda Memeluk Islam di Era Ottoman

Shotaro Noda jatuh cinta dan masuk Islam pada 21 Mei 1891.

Daily Sabah
Shotaro Noda disebut-sebut sebagai warga Jepang pertama yang memeluk Islam di era Ottoman.
Rep: Mabruroh Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Shotaro Noda disebut-sebut sebagai warga Jepang pertama yang memeluk Islam di era Ottoman. Karena saat itu, untuk pertama kalinya Jepang menjalin hubungan dengan kekaisaran Ottoman antara 1603 dan 1868.

Baca Juga

Dilansir dari Daily Sabah, Rabu (2/6), keterlibatan Shotaro Noda dalam hubungan Jepang-Ottoman dimulai saat hubungan kedua negara memperoleh momentum dengan pemerintahan Kaisar Meiji, juga disebut Meiji Agung pada 1868.

Pertemuan resmi pertama antara kedua negara terjadi pada 1887 dengan kunjungan Pangeran Komatsu Akihito dari Keluarga Kekaisaran Jepang ke Istanbul.

Sebuah delegasi diselenggarakan dua tahun kemudian atas permintaan Sultan Abdulhamid untuk kunjungan kembali ke negara itu. Delegasi itu naik ke Ertugrul Frigate pada Juli 1889 dan meninggalkan Istanbul menuju Jepang.

 

 

Mengunjungi berbagai negara, fregat tiba di Yokohama Jepang pada Juni 1890 setelah sedikit penundaan. Komandan armada, Osman Pasha menyerahkan surat yang dikirim oleh Sultan Abdulhamid, perintah hak istimewa dan hadiah kepada kaisar Jepang. 

Delegasi yang mengadakan pertemuan di Jepang selama tiga bulan itu berangkat dari Yokohama pada 15 September untuk kembali ke Istanbul. Namun, saat dalam perjalanan ke Kobe keesokan harinya, Fregat Ertugrul mengalami cuaca buruk, menabrak batu dan tenggelam.

Bencana Ertugrul membuat kesan yang luar biasa di pers Jepang sehingga surat kabar meliput berbagai artikel tentangnya. Surat kabar juga meluncurkan kampanye bantuan untuk 69 orang yang selamat dari fregat tersebut.

Ini adalah kampanye pertama yang diadakan untuk orang asing yang selamat di Jepang. Jiji Shinpo, salah satu surat kabar terbesar di negara itu. Jiji Shinpo mengumpulkan bantuan paling banyak, dengan total 4.248.976 yen Jepang.

 

 

Jepang menyatakan akan mengirim para korban kembali ke Istanbul dengan dua kapal perang Jepang bernama Hiei dan Kongo. Uang yang dikumpulkan untuk para penyintas fregat akan dikirimkan ke pemerintah Ottoman dengan cara ini juga.

Shotaro Noda merupakan wartawan yang bekerja untuk Jiji Shinpo. Noda kemudian mendapatkan tugas penting tersebut, menyerahkan dana bantuan ke Istanbul.

Noda lahir dalam keluarga Samurai pada 1868 dan datang ke Tokyo untuk belajar pada tahun 1886. Setelah lulus, ia mulai bekerja untuk Jiji Shinpo.

Noda segera pergi ke Kobe, tempat para penyintas berkumpul, dan kapal-kapal berangkat pada 11 Oktober, pagi hari. Kerumunan besar berkumpul untuk melihat Noda ketika dia akhirnya tiba di Istanbul dan datang untuk menemui Menteri Angkatan Laut Hasan Pasha pada 6 Januari. 

Noda menyerahkan semua uang bantuan sebesar 88.497 kurus (piaster era Ottoman) kepada Rıza Hasan Pasha, ketua lembaga bantuan yang didirikan untuk para korban. Insiden itu muncul di semua surat kabar Istanbul pada hari berikutnya.

 

 

Selama berada di Istanbul, Noda terus menulis artikel untuk surat kabarnya Jiji Shinpo. Dia memberikan wawancara kepada surat kabar Eropa dan lokal karena dia menarik banyak perhatian sebagai warga negara Jepang. 

Ketika kapal-kapal Jepang akan berangkat ke Jepang, Sultan Abdulhamid menginginkan seorang perwira Jepang tinggal di Istanbul untuk belajar bahasa Turki dan mengajar bahasa Jepang kepada perwira-perwira Utsmaniyah.

Atas permintaan ini, diputuskan bahwa jurnalis Noda harus tetap menjadi perwira, yang juga disetujui oleh pemerintah Ottoman. Dengan demikian, Noda, yang dianugerahi medali hak istimewa tingkat tiga, mulai mengajar bahasa Jepang kepada dua perwira dan enam siswa dari Akademi Militer Ottoman. 

Para petugas juga mengajari Noda bahasa Turki. Murid-muridnya belajar bahasa Jepang dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan, salah seorang mahasiswa, Mustafa Asim Efendi, bahkan menyiapkan kamus tiga bahasa Turki-Jepang-Perancis.

 

Noda bertindak sebagai penerjemah untuk Kiyoura Keigo, calon perdana menteri Jepang yang datang ke Istanbul selama dia tinggal. Dia juga bertindak sebagai penerjemah untuk pengusaha Yamada Torajiro.

Yamada mengorganisir kampanye bantuan lain di Jepang, dan dia mungkin datang ke Istanbul pada bulan April dengan tujuan mengirimkan uang yang dia kumpulkan. Yamada pergi ke rumah Menteri Luar Negeri Sait Pasha untuk menemuinya, dan Noda dipanggil ketika pasha membutuhkan seorang juru bahasa untuk berkomunikasi dengan Yamada. Noda dan Yamada bertemu pada kesempatan ini.

Mencoba menjalin hubungan komersial antara Kekaisaran Ottoman dan Jepang, Yamada juga membantu Noda dalam pelajaran bahasa Jepangnya. Dia kemudian kembali ke Jepang pada Juli 1892. 

Setelah tinggal di negaranya selama satu tahun lagi, dia akan kembali ke Istanbul dan membuka toko yang menjual barang-barang Jepang di distrik Pera yang bersejarah. Dia akan tinggal di Kekaisaran Ottoman selama sekitar 10 tahun dan kembali ke Jepang setelah dimulainya Perang Rusia-Jepang pada 1905.

 

 

Noda, yang mengajar di Akademi Militer Utsmaniyah selama sekitar dua tahun antara 1891 dan 1892, mempelajari sejarah Islam dan Kesultanan Utsmaniyah. Dia membaca buku-buku tentang Islam dan mengumpulkan informasi tentang agama Islam. 

Perlakuan baik muslim kepadanya, membuat Noda jatuh cinta dan masuk Islam pada 21 Mei 1891. Noda kemudian menggandi namanya menjadi Abdulhalim dan disunat. Dengan demikian, ia tercatat dalam sejarah sebagai orang Jepang pertama yang diketahui memeluk Islam.

Noda yang memeluk Islam disambut baik di Istanbul, serta foto-fotonya diterbitkan di surat kabar Utsmaniyah.

Noda, yang mungkin mulai merasa rindu kampung halaman setelah kepergian Yamada, meninggalkan Turki pada akhir 1892. Ia kembali ke Tokyo melalui Eropa dan Amerika Serikat.

Sebaga wartawan, Noda kemudian menulis surat kepada Sultan Albdulhamid pada 5 Februari 1893, dan mengucapkan terima kasih atas pelajaran bahasa Turki yang dia ambil. Noda kembali melanjutkan karir jurnalistiknya di Jepang, dan Noda meninggal dalam usia muda pada 27 April 1904.

 
Berita Terpopuler