Bangunan Perluasan Ketiga Masjidil Haram Menajubkan

Bangunan menakjubkan menandai perluasan ketiga di Masjidil Haram

saudigazette
Bangunan dan ruangan baru perluasan Masjidil Haram.
Red: Muhammad Subarkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi meresmikan perluasan ketiga Masjidil Haram selama bulan suci Ramadhan tahun 2021 ini.

Peresmian ini ditandai dengan melaksanakan sholat dengan tetap menjaga standar keamanan yang lebih tinggi dan tindakan pencegahan untuk menjamin keselamatan pengunjung atas paparan Covid-10.

Kini kepresidenan telah menyiapkan 60 tempat sholat di dalam perluasan baru, yakni 38 untuk pria dan 22 untuk wanita. Ruangan tempat sholat ini dilengkapi dengan kamera untuk mengukur suhu.

Untuk melayani jamaah, ada 91 karyawan dari Kepresidenan untuk bekerja di empat shift per hari dan lebih dari 320 pekerja dan supervisor untuk memberikan pekerjaan layanan.

Mengenai mekanisme kerja dan persiapan yang dilakukan oleh Kepresidenan, Direktur Administrasi Umum Ekspansi Saudi Ketiga Eng. Tarif Bin Mohammed Al-Motrafi menyebutkan, jumlah Air Zamzam yang disalurkan kepada jamaah setiap hari mencapai 12.950 liter melalui 127 kantong silinder, 19 wadah ritsleting, dan 33.000 botol sekali pakai yang dibagikan kepada jamaah melalui 50 kantong.

 

Al-Motrafi mengatakan bahwa pekerjaan layanan di ekspansi ketiga Saudi dilaksanakan melalui 288 pekerja, 22 pengawas, delapan supervisor dan 91 karyawan yang bekerja sepanjang waktu dalam empat shift.

Ditegaskannya, pengaturan masuk jamaah dilakukan melalui kerja sama dengan aparat keamanan yang berpartisipasi melalui gerbang tertentu (yakni gerbang 123, 121, 114,104,165,175,111,107,119,100,170, dan 169).

Sedangkan gerbang yang diperuntukkan bagi pemberangkatan atau masuk adalah gerbang 106, 116 dan 173 selain gerbang 158 dan 125. Gerbang ini hanya buka pada waktu sholat dan hanya untuk keluar jamaah dari masjid.

Dia mencatat bahwa semua rute dan gerbang masuk setelah waktu sholat berubah menjadi rute dan gerbang yang ada untuk keselamatan dan kenyamanan jamaah. Selain itu untuk mensterilkan semua perangkat dan gerbang pejalan kaki dan membagikan stiker kesadaran akan Prokes kesehatan Covid-19.

 

Adapun soal pembagian makanan buka puasa di selama masa ekspansi masjid, Al-Muthrafi mengatakan bahwa Kepresidenan mendistribusikan makanan dalam kemasan dengan menjamin keamanan.

Dia menambahkan bahwa lebih dari 14 kelompok sukarelawan mengambil bagian dalam ekspansi ketiga di Saudi, termasuk 150 sukarelawan yang ambil bagian dalam membagikan makanan dan meningkatkan kesadaran para jamaah.

Perlu diketahui, 100 sukarelawan kesehatan dari 150 sukarelawan berasal dari Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi. Dia memuji desain struktural dan teknik dari ekspansi Saudi ketiga yang mengadopsi desain unik dan berbeda yang memfasilitasi proses penerapan tindakan pencegahan dan pendistribusian area sholat.

Hal itu penting mengingat ketersediaan semua potensi untuk mewujudkan aspirasi kepemimpinan guna menawarkan layanan terbaik bagi pengunjung Masjidil Haram.

 
Berita Terpopuler