Polda Jateng akan Lakukan Penyekatan di 14 Titik

Jawa Tengah menjadi sentrak mudik lebaran.

ANTARA /M Ibnu Chazar
Petugas memeriksa kendaraan pemudik. Ilustrasi
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Daerah Jawa Tengah menggelar edukasi kepada masyarakat terkait larangan mudik di 14 titik. Nantinya Polda Jateng akan menggelar Operasi Ketupat Candi 2021 yang akan berlangsung pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Baca Juga

"Semuanya tahu bahwa Jateng akan menjadi sentral mudik Lebaran, oleh karena itu jauh-jauh hari khususnya jalur yang akan dilintasi baik tol maupun bukan tol. Kami lakukan kegiatan-kegiatan kepolisian yang sifatnya edukasi, kemudian peringatan dan sebagainya dengan prinsip protokol kesehatan sebagai prioritas. Diharapkan nantinya penyebaran COVID-19 Jawa Tengah tetap terkendali," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Magelang, Kamis, (15/4).

Ia menyampaikan pemudik nantinya diminta kembali menuju daerah asal oleh personel di lapangan."Kalau lintas batasnya hanya di wilayah yang kira-kira se-kota itu dimungkinkan masyarakat tidak mudik, tapi hanya antarkerja, tetapi kalau durasinya adalah plat nomor yang jauh dari wilayah Jateng pasti mudik. Perintahnya nggak ada lain kecuali harus kembali," katanya.

Ia menuturkan Polda Jateng akan melakukan penyekatan di 14 titik masuk menuju wilayah Jawa Tengah. Penyekatan ini dilakukan di daerah perbatasan mulai dari Brebes sampai perbatasan Jawa Timur.

Kemudian, ada Cilacap, Blora maupun lainnya.Sebelum dilangsungkan Operasi Ketupat Candi 2021, katanya saat ini sejumlah personel telah ditempatkan di sentral-sentral pos yang ada. Keberadaan personel ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal larangan mudik Lebaran.

 
Berita Terpopuler