Tanggapan para Raja Ketika Diseru Nabi Muhammad Masuk Islam

Surat dan pesan merupakan metode penting dakwah Nabi Muhammad SAW.

Pixabay
Tanggapan para Raja Ketika Diseru Nabi Muhammad Masuk Islam.
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW menggunakan berbagai metode dalam berdakwah, salah satunya adalah dengan mengirimkan surat kepada para raja atau pemimpin suatu daerah. Surat-surat ini dikirimkan kepada raja-raja untuk mengajak mereka menerima Islam, beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga

Di antara raja-raja tersebut adalah Kaisar Romawi Heraclius, Kaisar Persia Chosroes, Raja Mesir Al-Muqawqis, hingga Raja Abyssinia (Habasyah) Negus. Mereka menguasai sebagian besar wilayah dunia saat itu dan memiliki kekuatan besar yang tidak dapat ditentang siapa pun.

Namun, reaksi raja-raja itu terhadap surat-surat Nabi sangat bervariasi. Berikut reaksi para Raja saat diajak untuk memeluk Islam oleh Nabi Muhammad SAW dilansir di About Islam.

 

Negus

Ketika Amr ibn Umaiyah mengirimkan surat Nabi kepada Negus, yang beragama Kristen, dia mengambil perkamen itu dan meletakkannya di matanya. Dia turun ke lantai dan mengakui keyakinannya pada Islam. Dia lalu menulis balasan berikut untuk Nabi SAW:

"Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Negus As-hama hingga Muhammad, Rasulullah. Damai besertamu, ya Rasulullah! Dan rahmat dan berkah dari Allah selain Yang tidak ada tuhan," tulis Negus. 

"Saya telah menerima surat Anda di mana Anda telah menyebutkan tentang Yesus dan oleh Tuhan langit dan bumi, Yesus tidak lebih dari apa yang Anda katakan. Kami sepenuhnya mengakui Anda telah dikirim kepada kami dan kami telah menghibur sepupu Anda dan rekan-rekannya,"

"Saya bersaksi Anda adalah Utusan Allah, benar dan menegaskan (orang-orang yang telah pergi sebelum Anda). Aku berjanji kepadamu melalui sepupumu dan menyerahkan diriku melalui dia kepada Tuhan semesta alam," tambahnya. 

 

Muqawqis

Al-Muqawqas merenungkan isi surat itu secara mendalam saat membaca surat Nabi Muhammad SAW. Ia menerima surat dan utusan Nabi dengan baik bahkan memberi Rasulullah beragam hadiah. 

"Saya telah sampai pada keyakinan bahwa Nabi ini tidak menawarkan sesuatu yang menjijikkan;  dia bukan pesulap yang tersesat atau peramal yang berbohong. Dia membawa benih kenabian yang nyata, jadi saya akan mempertimbangkan ajakan itu secara mendalam," katanya. 

Al-Muqawqis juga memerintahkan agar surat itu ditempatkan dalam peti dari gading dan disimpan dengan aman di kas pemerintah.  Dia mengirim Nabi jawaban berikut:

"Dari Al-Muqawqis, saya membaca surat Anda dan memahami apa yang Anda tulis. Saya tahu kedatangan seorang Nabi masih akan datang. Tapi saya pikir, dia akan lahir di Suriah. Saya telah memperlakukan utusan Anda dengan hormat dan hormat," tulisnya. 

"Saya mengirim dua pelayan untuk Anda sebagai hadiah. Para pelayan ini milik keluarga yang sangat terhormat di antara kami. Selain itu, saya mengirimkan pakaian dan Duldul (kuda) untuk berkuda.  Semoga Tuhan memberikan keamanan pada Anda," tambahnya.

 

Mundhir ibn Sawa

Ketika Gubernur Bahrain Mundhir ibn Sawa menerima surat Nabi, dia lalu menerima Islam. Tanggapannya dikirimkan dengan surat yang ditujukan kepada Nabi dan terdokumentasi sebagai berikut.

"Utusan Allah! Saya menerima perintah Anda. Sebelumnya, saya membaca surat Anda, yang Anda tulis kepada orang-orang Bahrain yang menyampaikan kepada mereka undangan ke Islam," tulisnya. 

"Islam menarik bagi beberapa dari mereka dan mereka masuk ke dalam Islam, sementara yang lain tidak menganggapnya menarik. Di negara saya, ada Majusi dan Yahudi yang hidup, dan Anda dapat memberi tahu saya tentang perawatan yang akan diberikan kepada mereka," tambahnya.

Rasulullah menjawabnya kembali menginformasikan kepadanya tentang ajaran Islam yang dapat diringkas dalam surat Al-Baqarah ayat 256. 

"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Chosroes

Kaisar Persia Chosroes terlalu sombong untuk menerima ajakan Nabi.  Dia marah karena nama Nabi mendahului namanya di surat itu, jadi dia merobek-robek surat itu. Chosroes juga mendikte perintah kepada Raja Muda di Yaman untuk mengirim beberapa orang kuat untuk menangkap Nabi dan membawanya.

Setelah mengetahui apa yang terjadi dengan surat itu, Nabi meminta Allah untuk merobek kerajaan Chosroes, sesuatu yang terjadi dalam waktu singkat. Raja baru, Sherweh, mengirim surat kepada Raja Muda memintanya untuk menghentikan prosedur apa pun yang berkaitan dengan Nabi sampai pemberitahuan lebih lanjut. Belakangan, Raja Muda ini dan Persia di Yaman menerima Islam dan menjadi Muslim.

 

Heraclius

Al-Bukhari dan Muslim menjelaskan ketika Heraclius mendengarkan surat Nabi dan bertanya kepada Abu Sufyan tentang atribut dan pesan Nabi, dia mengakui Nabi Muhammad (SAW) memang Nabi Allah.

Dia berkata: “Jika apa yang kau [Abu Sufyan] katakan itu benar, maka dia adalah seorang Nabi, dan dia akan segera menempati tempat di bawah kedua kakiku ini. Saya tahu dia akan muncul, tetapi saya tidak berpikir dia akan berasal dari antara Anda. Jika saya tahu saya bisa menghubunginya, pasti saya akan melakukan yang terbaik untuk pergi menemuinya, dan jika saya bersamanya saya akan membasuh kakinya."

Meski mengakui Nabi, riwayat lain menjelaskan ketakutan Heraclius terhadap dirinya sendiri dan kerajaannya mencegah dirinya menerima Islam dan pindah ke pihak Nabi. Ketika dia mendengar berita tentang orang Negus menjadi Muslim, dia mengakui kebenaran Nabi. 

"Demi Allah, jika bukan demi mempertahankan kerajaan saya, saya akan melakukan apa yang telah dia lakukan," katanya.

Pelajaran dari surat-surat Nabi

Surat dan pesan merupakan metode penting dakwah dan panggilan kepada Allah SWT. Melalui surat-surat ini, Nabi memberikan contoh bagi semua pemimpin Muslim untuk bersemangat dalam menyampaikan pesan Allah kepada para pemimpin negara lain.

Penggunaan surat oleh Nabi terbukti sangat bermanfaat, terbukti ada dua raja besar memeluk Islam. Bahkan mereka yang menolak undangan Nabi mengakui kebenaran dan memperlakukan pesan Nabi dengan hormat dan sopan. Kemudian agar setiap orang untuk tidak membiarkan kesombongan membutakan Anda terhadap kebenaran, seperti Chosroes.

 

Link artikel asli

 
Berita Terpopuler