Benarkah Air Tajin Baik untuk Perawatan Rambut?

Asal mula pemanfaatan air tajin untuk rambut berakar pada kebudayaan China Kuno.

hfmagazineonline.com
Ilustrasi air tajin.
Rep: Adysha Citra Ramadhani Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan air tajin untuk mencuci rambut kini menjadi tren di media sosial. Keramas dengan air tajin diyakini dapat membuat rambut tampak berkilau dan menjadi lebih kuat.

Asal mula pemanfaatan air tajin untuk rambut berakar pada kebudayaan China Kuno. Tepatnya, kebiasaan ini dulu dimulai oleh perempuan-perempuan Yao yang hidup di desa kecil, di bagian selatan China.

Para perempuan Yao terkenal dengan rambut mereka yang panjang, bersinar, dan sehat. Rambut mereka tetap tampak hitam sampai mereka memasuki usia tua. Rahasia di balik kecantikan rambut perempuan yao adalah air tajin.

Clip Hair mengungkapkan air tajin memiliki beberapa manfaat bagi rambut. Manfaat ini datang dari kandungan nutrisi di dalam air tajin. Sebagian di antarnaya adlaah asam amino, mineral, vitamin E, vitamin B, antioksidan, dan inositol.

Seperti dilansir Express, inositol dinilai memiliki peran paling besar dalam mendorong pertumbuhan rambut. Inositol juga dapat terpenetrasi ke rambut yang rusak dan memperbaiki rambut tersebut dari dalam.

Manfaat lain dari inositol adalah membuat rambut lebih kuat dan sehat. Dengan begitu, rambut dapat terhindar dari kerusakan di masa mendatang.

Terlepas dari klaim-klaim yang beredar, belum ada bukti bahwa air tajin dapat menumbuhkan rambut. Akan tetapi, air tajin memang dapat membantu memperkuat rambt dan mengurangi rambut patah. Cara ini turut mendorong terjadinya pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Pati yang ditemukan dalam air tajin turut berguna dalam membuat rambut tampak lebih mengembang dan berkilau. Selain itu, pati juga dapat membuat rambut menjadi lebih mudah disisir dan ditata.

Baca Juga


Namun seperti halnya penggunaan sampo, tidak semua orang akan cocok dengan air tajin. Setiap orang memiliki kondisi kult dan rambut yang berbeda, sehingga efek dari air tajin mungkin tidak selalu berhasil pada semua orang.

Bagi orang-orang yang cocok menggunakan air tajin untuk rambut, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah penumpukan protein di kulit kepala, walaupun ini jarang terjadi. Pemilik kulit kepala sensitif dan rambut tipis disarankan tidak terlalu sering merawat rambut dengan air tajin untuk menghindari penumpukan tersebut.

Membuat air tajin untuk perawatan rambut cukup mudah. Bahan yang diperlukan hanyalah satu cangkir air dan satu cangkir beras. Caranya, bilas dan saring beras terlebih dahulu untuk menghilangkan semua debu dan kotoran yang menempel.

Setelah itu, masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam mangkuk bersisik satu cangkir air. Aduk hingga warna air berubah menjadi keruh.


Langkah selanjutnya, saring beras dari mangkuk dan biarkan air tetap berada di dalam mangkuk tersebut. Kemudian, taruh air tajin yang sudah tercipta ke dalam wadah plastik berpenutup.

Biarkan air tajin di suhu ruangan selama 10-24 jam. Masa-masa ini diperlukan agar terjadi proses fermentasi sekaligus memberi waktu bagi vitamin dan mineral untuk menyerap ke air.

Berikutnya, pindahka air tajin ke dalam wadah yang lebih kecil atau botol sampo bekas. Simpan air tajin di dalam kulkas sampai waktu keramas tiba.

Bila waktu keramas tiba, jangan lupa untuk bawa botol berisi air tajin tersebut ke kamar mandi. Lakukan keramas dengan sampo seperti biasa terlebih dahulu dan bilas hingga bersih.

Dalam keadaan rambut masih basah, aplikasikan air tajin yang sudah dipersiapkan. Pastikan air tajin diapliaksikan secara merata ke seluruh rambut. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air biasa.

 
Berita Terpopuler