Sekolah Nur Hikmah, Asa dalam Membumikan Alquran

Nur Hikmah jadi salah satu pusat pelatihan guru Quran Metode Ummi di Jabodetabek.

Dok SMPIT Nur Hikmah
Uji publik pelajar SMPIT Nur Hikmah.
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Membumikan Alquran menjadi denyut nadi kehidupan sehari-hari seluruh murid dan gurunya. Inilah tekad yang melandasi pendirian Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Nur Hikmah, pengelola Sekolah Nur Hikmah Bekasi, Jawa Barat.

Hal tu dibuktikan oleh Sekolah Nur Hikmah yang terus menjaga kualitas bacaan Quran para siswa-siswinya dengan sangat baik. Bahkan Sekolah Nur Hikmah menjadi sekolah pertama dan satu-satunya di Indonesia tempat di  mana  metode belajar Quran Ummi diujicobakan dan menjadi laboratoriumnya.

Metode Quran Ummi dikembangkan di Nur Hikmah sejak tahun 2007 hingga akhirnya hari ini dapat tiba dan dilantunkan di hampir  ribuan sekolah di Nusantara. “Hingga kini Nur Hikmah menjadi salah satu pusat pelatihan guru - guru Quran Metode Ummi di Jabodetabek,” kata Ustadzah Rahayu Kusumastuti selaku Direktur LPI Nur Hikmah kepada Republika.co.id Selasa (2/2). 

Salah satu pendiri pesantren di bilangan kota Bekasi,  Ustadz Irwan Wahyudi saat menjadi salah satu penguji dalam sesi uji publik hafalan para siswa SMPIT Nur Hikmah dengan bangga mengatakan, “ Walaupun  Yayasan Nur Hikmah adalah sekolah Fullday School, tapi kualitas dari hafalan siswanya dan kultur yang dibangun di lingkungan sekolah ini serasa berada di sebuah Boarding School.”

 

Terletak di daerah Pondok Melati, Bekasi, Sekolah Nur Hikmah berdiri dan  tumbuh sehingga kini mampu mewarnai kanvas pendidikan di Indonesia.

“Berawal dari niat mulia membumikan Alquran, almarhumah Bunda Aliyah Munabari, sebagai salah satu Pendiri dan Pembina Yayasan Wakaf Nur Hikmah mulai merintis bata demi bata harapannya tersebut. Alhamdulillah, sampai kini telah mampu melahirkan para alumni yang berkarakter kuat dalam kemandirian, berakhlak mulia dan juga berkualitas secara akademik,” papar Ustazah Rahayu.

Ia menambahkan, prestasi demi prestasi telah diukir LPI Nur Hikmah, baik dari jenjang KB,TK, SDIT maupun SMPIT Nur Hikmah.  “Bahkan juga guru – gurunya meraih berbagai prestasi,” tuturnya.

Ia menyebutkan, di jenjang Unit KB dan TK, ,TK Nur Hikmah dinobatkan sebagai sekolah sehat di wilayah Propinsi Jawa Barat, juga sebagai sekolah ramah anak sejak tahun 2018 hingga kini,  dan juara pertama Lomba Marchingband Se- Jabodetabek. 

“Bahkan di jenjang KB dan TK sebagian besar siswasiswi Nur Hikmah telah mampu membaca Alquran,”  papar Rahayu.

 

 

Adapun untuk unit SD, Nur Hikmah telah mampu berprestasi di kancah internasional yaitu menjadi Juara Dunia di  bidang matematika dan sains pada IMSO 17 di Januari 2021 oleh Nawaf Alfelarizi.  “Selain itu, siswa SD Nur Hikmah meraih Medali Emas di KMNR ke 14 di tingkat Nasional, dan menjadi juara ke 2 di MTQ se-Jawa Barat,” tuturnya.

Sementara itu, untuk unit SMP, SMP Nur Hkmah telah mampu melahirkan para hafiz Quran dengan menembus hafalan sampai 11 juz.  “Dalam bidang akademik, Sekolah Nur Hikmah menjuarai Olimpiade Matematika dan Sains tingkat Propinsi Jawa Barat dan termasuk 10 besar sekolah pilihan di wilayah Kota Bekasi,” ungkapnya.

Adapun dewan guru Nur Hikmah, kata Rahayu, memiliki kualitas kualitas guru terbaik, di  antaranya memiliki prestasi sebagai juara 1 pembuatan alat peraga tingkat provinsi 2018, pemenang Karya Ilmiah simposium guru tingkat Nasional 2015 di Istora Senayan Jakarta, dan juga Tim Penulis Panduan Media pembelajaran PAI untuk Jenjang KB dan TK, serta pemenang guru teladan tingkat SD Se-Kecamatan.

Rahayu  mengatakan LPI Nur Hikmah terus berupaya mempersembahkan yang terbaik pada kanvas pendidikan Indonesia. “Caranya  dengan terus mengoptimalkan guru - guru di ruang-ruang kelas dan menjaga jam pelatihan guru guru menuju 600 jam setiap tahun serta pengawalan kualitas guru melalui raport guru dan pegawai yang saat ini berjumlah 181 yang digawangi oleh Manajer SDM,” paparnya. 

 

Isna Hidayati selaku Komite Sekolah mengatakan,  walaupun Nur Hikmah memiliki jumlah siswa lebih dari 1.156 pelajar, kualitas yang disajikan demikian luar biasa.  

“Apa apa yang diajarkan di Nur Hikmah dalam pendidikan karakter dapat dirasakan di  rumah kami selaku orangtua, baik itu tentang kualitas penjagaan shalat lima  waktu.  Bahkan kami mendengar sebagian dari anak anak kami menjadi inspirasi mencintai Alquran bagi keluarganya karena kualitas Alquran di Nur Hikmah,” kata Isna Idawati.

Menurut dia, salah satu hal terbaik yang dapat dirasakan oleh Komite sekolah Nur Hikmah adalah kehadiran Pengurus Yayasan Nur Hikmah yang terus mendampingi hari - hari pendidikan di Nur Hikmah pada setiap harinya.

“Sehingga, dalam proses pendidikan terjadi sinergi antara guru, pelajar, Yayasan, dan itu yang menjadi kunci sukses Sekolah Nur Hikmah,” ujarnya.

 

 

Ustaz Agusriwarman selaku Humas Nur Hikmah menyampaikan, sebagai sebuah sekolah, dalam proses pendidikannya, Yayasan Nur Hikmah Bekasi menyediakan fasilitas berstandar nasional mulai dari lapangan futsal dan laboratorium IPA, kolam renang, Laboratorium Komputer, masjid, ruang pertemuan dengan kapasitas 700 orang, dan lahan parkir yang luas

“Yang terbaru, di ujung tahun 2020, Yayasan Nur Hikmah Bekasi mulai mengembangkan aplikasi belajar digital yang bisa diakses melalui smartphone oleh para peserta didik  Nur Hikmah dalam mempermudah proses KBM (kegiatan belajar-mengajar) . Satu hal yang penting di sekolah ini, semua siswa siswi mendapat perhatian yang sama sehingga prestasi siswa dapat dioptimalkan,” tutur Ustaz Agusriwarman.

Dalam perjalanannya, Nur Hikmah diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk ambil bagian dalam mendukung operasional Sekolah Dhuafa Berkualitas TK Islam, SD Islam, SMP Islam dan SMK Islam Nurul Hikmah II yang berlokasi tidak jauh dari sekolah Nur Hikmah. “Ini menjadi bagian penting bagi Nur Hikmah, mengingat dari sejarahnya bahwa Nur Hikmah sejatinya dibesarkan untuk menjadi daya dukung kuat bagi sekolah dhuafa berkualitas tersebut,” ujar  Agus, panggilan akrab Agusrimawarman.

“Dengan penuh harapan dan doa kepada Allah, semoga sekolah ini dapat dapat menjadi nadi hidup bagi dunia pendidikan dan terus kontribusi untuk ambil bagian mencerdaskan anak banga,” tutur Agus. 

 
Berita Terpopuler