Doa Indah Ulama yang Bisa Diucapkan Usai Baca Surat Yasin   

Terdapat doa indah ulama yang bisa dibaca usai membaca surat Yasin

Antara/Syifa Yulinnas
Terdapat doa indah ulama yang bisa dibaca usai membaca surat Yasin. Ilustrasi membaca Surat Yasin
Rep: Umar Mukhtar Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Doa Surat Yasin memiliki posisi yang bagus di hati umat Islam sehingga sering dibaca pada pagi dan sore hari. Khususnya bagi orang yang sedang sakit hingga disembuhkan Allah SWT, dan juga bagi mereka yang dalam sakaratul maut.

Baca Juga

Belum diketahui apakah ada doa khusus yang diucapkan Rasulullah SAW setelah membaca surat Yasin. Namun para ulama menyatakan bahwa mengucapkan doa setelah membaca Alquran itu adalah momen yang mustajab. Salah satu ulama itu ialah Ibnu Muflih dalam kitabnya 'Al-Adab'

Beberapa ulama juga telah menyampaikan terkait beberapa doa populer yang bisa diucapkan setelah membaca surat Yasin. Doa tersebut ialah:

سبحان من جعل خزائنه بين الكاف والنون، سبحان من إذا أراد شيئاً إنّما يقول له كن فيكون، يا مُفرّج فرّج، يا مُفرّج فرّج، يا مُفرّج فرّج، فرّج عنّا همومنا وغمومنا، فرجاً عاجلاً برحمتك يا أرحم الراحمين، الحمد لله ربّ العالمين اللهم صلّ على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلّم، اللهمّ إنا نستحفظك ونستودعك أدياننا وأنفسنا وأهلنا وأموالنا وأولادنا وكلّ شيء أعطيتنا، اللهم اجعلنا وإياهم في كنفك وأمانتك وجوارك وعياذك من كل شيطانٍ مَريد، وجبّار عنيد، وذي عين وذي بغيٍ، ومن شرّ كل ذي شرّ، إنّك على كل شيء قدير

Subhana man ja’ala khazainahu bainal kafi wannuni. Subhana man idza arada syaian innama yaqulu lahu kun fayakunu, ya Mufarrijun farrij, ya Mufarrijun farrij, ya Mufarrijun farrij, farrij ‘anna humumana wa ghumumana, farjan ‘ajilan birahmatika ya arhamarrahimin, alhamdulillahirabbil ‘alamina Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wasallim, Allahumma inna nastahfizhuka wa nastaudiuka adyanana, wa anfusana wa ahlana wa amwalana wa awladana wa kulla syain a’thaitana, allahummaj’alna wa iyyahu, fi kanafika wa amanatika wa jiwarika wa ‘idzyaka min kulli syaithanin marid wa jabbarin anid wa dzi baghyi wa min syarri kulli dzi syarrin, innaka ala kulli syain qadir.        

“Mahasuci yang Menjadikan kekayaan-Nya antara Kaf dan Nun, Mahasuci Yang jika Dia berkehendak, cukup mengatakan “Jadi  maka jadilah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, lepaskanlah kesedihan dan kegundahan kami, kemudahan yang segera dengan rahmat-Mu wahai yang Mahapaling pemurah dari para pemurah.

Segala puji bagi Tuhan semesta Alam, Ya Allah bershalawat dan bersalamlah atas Baginda Muhammad, keuarga, dan sahabatnya, Ya Allah kami meminta perlindungan dan penjagaan atas agama, jiwa, keluarga, harta, dan anak kami, serta segala apa yang Engkau berikan kepada kami.

Jadikanlah kami dan mereka dalam pelukan-Mu dan amanat-Mu, di sisi-Mu, dan perlindungan-Mu dari setiap setan yang durhaka, kasar dan membangkang, dari kejatan sihir, dan para pengkhinat, serta dari segala yang memiliki keburukan. Sesungguhnya Engkau Mahaberkuasa atas segala sesuatu.”     

Pentolan ulama Arab Saudi, Syekh Abdul Aziz bin Baaz mengatakan, jika seorang Muslim berdoa setelah selesai mengaji maka tidak ada yang salah dengan membacanya dan tidak ada yang salah dengan itu. Dan jika doa itu tidak diucapkan setelah membaca Surat Yasin pun tidak apa-apa karena doa tersebut tidak disebutkan oleh Rasulullah SAW. 

Namun, ada sebuah hadits doa yang disampaikan setelah membaca Alquran pada umumnya dan bukan setelah membaca surat Yasin. Hadits tersebut diriwayatkan dari Imran bin Husain dalam Shahih Tarmidzi, bahwa Husain mendengar Rasulullah SAW mengatakan:

من قرأ القرآنَ، فليسألِ اللهَ به، فإنه سيجيءُ أقوامٌ يقرءونَ القرآنَ يسألونَ به الناسَ  "Siapa pun yang membaca Alquran maka mintalah kepada Allah SWT dengan bacaannya itu. Karena akan datang waktunya di mana orang-orang yang membaca Alquran meminta kepada manusia atas bacaannya."

 

Sumber:  https://mawdoo3.com/%D8%AF%D8%B9%D8%A7%D8%A1_%D8%B3%D9%88%D8%B1%D8%A9_%D9%8A%D8%B3#cite_note-uqEvpzHGJK-3 

 
Berita Terpopuler