Merendah, Francis Coppola Sebut Putrinya Jauh Lebih Sukses

Putri Francis Coppola, Sofia, mengikuti jejak sang ayah menjadi sutradara.

dok. Mola TV
Sutradara Francis Ford Coppola berbagi cerita tentang karier dan pengalamannya dalam program Mola Living Live, Jumat (22/1) petang.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah pernyataan mengejutkan datang dari sutradara kawakan Amerika Serikat, Francis Ford Coppola. Dengan berbagai pencapaian dan karya yang sudah dia ciptakan, Francis malah mengatakan putrinya jauh lebih sukses daripada dirinya.

Putri Francis adalah Sofia Coppola, yang mengikuti jejak sang ayah menjadi sutradara. Pada acara Mola Living Live, Jumat (22/1) petang, Francis mengutarakan alasan mengapa dia mengatakan kesuksesan Sofia melebihi keberhasilannya.

"Sofia terkoneksi dengan audiens, anak-anak muda mengetahui filmnya. Para perempuan muda mengagumi kiprahnya. Jadi ya, Sofia adalah sutradara yang jauh lebih sukses dengan audiens masa kini, daripada ayahnya yang tua dan malang," kata Francis berseloroh.

Debut penyutradaraan Sofia dimulai pada 1999, dengan The Virgin Suicides. Karya lain dari Sofia yang mengemuka adalah drama komedi Lost in Translation, drama historikal Marie Antoinette, Somewhere, dan The Beguiled.

Francis mengatakan, sebenarnya bukan hanya Sofia yang dia kagumi. Cukup banyak anggota keluarganya yang berkecimpung di dunia perfilman, seperti putranya Roman Coppola, cucunya Gia Coppola, serta keponakannya, Nicolas Cage.

Baca Juga

Mereka semua menghadirkan warna berbeda dalam industri perfilman. Francis senang selalu ada regenerasi sineas dalam dunia film yang dia cintai, seiring dengan perubahan industri yang terus melaju.

Menurut Francis, perfilman selalu ada di antara dua kutub besar, pendanaan dan distribusi. Ada masa di mana semua konten dalam film sangat tergantung pada pemilik dana. Ada masa di mana ada larangan membuat film western atau musikal.

Pria yang mengantongi enam piala Golden Globe Awards itu mengatakan, dunia saat ini sedang senang-senangnya membuat film, termasuk anak muda. Selalu ada fokus baru, tapi semua itu disebutnya menarik dengan cara masing-masing.

"Saya tidak tahu apa yang akan dibuat cucu atau cicit saya, tapi saya yakin akan indah dan tidak terbayangkan. Sineas sekarang banyak membuat film yang menarik, personal, unik, dan tidak biasa," ucapnya.

 
Berita Terpopuler