China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik

Kereta bisa melaju dengan kecepatan 620 kilometer per jam.

Republika/ Tahta Aidilla
China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik. Miniatur kereta cepat diperlihatkan dalam pameran
Rep: Shelbi Asrianti Red: Ani Nursalikah

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- China meluncurkan prototipe baru kereta levitasi magnetik (maglev). Negara yang dikenal sebagai operator kereta berkecepatan tinggi terbesar di dunia itu memperkenalkan kereta baru yang bisa melaju dengan kecepatan 620 kilometer per jam.

Baca Juga

Kereta menggunakan teknologi maglev superkonduktor suhu tinggi (HTS), diresmikan pada 13 Januari 2021 di Chengdu bersama jalur uji 163 meter. Kereta maglev menggunakan magnet di rel, sehingga mampu mencapai kecepatan yang sangat tinggi.

Teknologinya sudah ada sejak 1960-an, namun hanya sedikit maglev yang beroperasi di seluruh dunia. Kebanyakan dibuat untuk tujuan khusus, bukan bagian dari moda transportasi untuk tujuan praktis.

Teknologi HTS memungkinkan kereta bisa melaju tanpa menggunakan listrik dan bergerak dengan mudah sehingga orang bisa mendorongnya dengan tangan. Menurut ilmuwan China, teknologi ini tidak banyak diaplikasikan.

"Meskipun teorinya terdengar bagus, semua orang melihatnya sebagai mainan laboratorium di masa lalu, tanpa pengujian dalam situasi nyata," kata Wakil Direktur Proyek penelitian Universitas Jiaotong Barat Daya, Deng Zigang.

 

Pihak pengembang yakin kereta tersebut dapat digunakan dalam waktu tiga atau empat tahun. Saat ini, kereta maglev tercepat di dunia adalah Shanghai Maglev, yang beroperasi dari bandara di Kota Pudong ke Stasiun Jalan Longyang.

Kecepatan tertinggi kereta tersebut mencapai 431 kilometer per jam. Kereta bisa sampai pada kecepatan tersebut kira-kira dalam 30 kilometer, sekitar tujuh menit perjalanan. Teknologi itu membuat China memimpin di bidang kereta cepat.

Ada jalur rel kereta cepat sepanjang 37.900 kilometer di seluruh negeri. Jalur tersebut termasuk untuk rute kereta api jarak jauh tercepat dari Beijing ke Shanghai. Awal bulan silam, China juga meluncurkan kereta berkecepatan tinggi khusus.

Kereta cepat bernama CR400AF-G tersebut dirancang mengatasi suhu yang sangat dingin, yang dapat melakukan perjalanan hingga 350 kilometer per jam dalam suhu rendah minus 40 derajat Celsius.

Kereta yang diluncurkan pada 6 Januari 2021 itu menghubungkan Beijing ke kota-kota di bagian utara China. Salah satu tujuannya adalah Kota Harbin yang terkenal dengan festival es tahunan, dikutip dari laman Traveller.com.

 

Sumber: https://www.traveller.com.au/worlds-fastest-train-china-unveils-620-kmh-maglev-prototype-h1thzl

 
Berita Terpopuler