BRI dan LEN Dorong Capaian Bauran Energi

LEN selama ini memang berperan dalam komersialisasi PLTS Atap.

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
PLTS atap. ilustrasi
Rep: Intan Pratiwi Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT LEN Industri (LEN) bersepakat untuk bisa mendorong target bauran energi 23 persen di tahun 2025 mendatang. Salah satu caranya adalah memberikan kredit murah bagi masyarakat yang hendak membeli PLTS Atap.

Baca Juga

Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri, Linus Andor Mulana Sijabat menjelaskan LEN selama ini memang berperan dalam komersialisasi PLTS Atap. Dari 150 PLTS Atap yang saat ini terpasang di Indonesia, 40 persennya merupakan produk dari LEN. LEN berkomitmen utnuk bisa terus memasifkan PLTS Atap ini kedepan.

"Memang selama ini masyarakat antusias. Namun, karena memang selama ini belum ada skema pembiayaan murah untuk akses plts atap ini maka akselerasi PLTS atap belum bisa dilaksanakan secara maksimal," ujar Linus di Kantor DEN, Kamis (21/1).

Namun melalui kerjasama antara BRI, LEN dan Dewan Energi Nasional (DEN) harapannya skema pembiayaan yang diberikan oleh BRI bisa mendorong percepatan pertumbuhan PLTS Atap. "Kami berharap dengan adanya kerjasama ini maka bisa mendorong percepatan masifnya penggunaan PLTS Atap," ujar Linus.

Pemimpin Wilayah Kanwil BRI Jakarta I Bapak Rudhy Sidharta menjelaskan BRI mendukung penuh rencana pemerintah dalam mencapai target bauran energi. Untuk mendorong target tersebut, BRI menyediakan skema pembiayaan pengadaan PLTS Atap bagi masyarakat.

 

 

 

Rudhy menjelaskan BRI menyediakan skema pembiayaan fleksibel dengan jangka waktu kredit sampai 15 tahun. Ia juga menjamin suku bunga yang ditawarkan juga rendah sebesar 0,92 persen.

"Dalam hal ini, BRI ikut mendukung program EBT. Karena BRI lembaga keuangan, kita hanya suppport dari sisi pembiayaan. BRI berharap ini bisa menjadi contoh untuk bisa dikembangkan lebih luas lagi dengan departemen atau instasi lain," ujar Rudhy dalam kesempatan yang sama.

Sekertaris Jendral Dewan Energi Nasional (DEN), Djoko Siswanto menjelaskan kerjasama ini untuk mendorong target pemenuhan bauran energi. Ia mengatakan dengan adanya bantuan dari BRI maka pembiayaan PLTS Atap bisa lebih murah dan bisa terjangkau bagi masyarakat.

"Saya ucapkan terimakasih pada BRI dan PT LEN yg telah bersedia membantu kita untuk merealisasikan mendorong mengimplementasikan EBT energi bersih melalui pemasangan solar cell yg cukup membantu secara sgnifikan," ujar Djoko.

 
Berita Terpopuler