Data dan Fakta Derbi Lazio vs AS Roma

Baik Lazio maupun Roma, sama-sama berada dalam tren positif.

Claudio Peri/ANSA via AP
laga Lazio vs Roma (Ilustrasi)
Rep: Frederikus Bata Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Stadion Olimpico bakal memanas. Dua tim asal ibu kota Italia siap mentas di arena berkapasitas 70 ribuan kursi itu. Lazio berhadapan dengan AS Roma. Duel bertajuk Derbi Della Capitale ini terjadi pada giornata ke-18 Liga Serie Italia, Sabtu (16/1) dini hari WIB.

Baca Juga

Baik Lazio maupun Roma, sama-sama berada dalam tren positif. Sejak memasuki 2021, mereka belum terkalahkan. Menarik dinantikan jalanya grande partita di Olimpico itu. Menurut opta dan berbagai sumber lainnya, berikut sejumlah data dan fakta, berkaitan dengan pertandingan tersebut.

Ini akan menjadi Derbi Della Capitale ke-153, pada ajang Serie A. Sebelumnya dalam 152 pertemuan, Roma unggul secara statistik. Selama periode tersebut, I Lupi memenangkan 54 pertandingan. Lazio berjaya di 38 laga. Sisanya, 60 partai, berkesudahan imbang.

Jika dihitung dari berbagai kompetisi, Derbi ibu kota Italia ini sudah berlangsung dalam 174 pertandingan resmi. Lagi-lagi Roma mendominasi.

 

 

Selama periode tersebut, Giallrossi meraih 65 kemenangan. Kemudian Biancoceleste unggul di 46 partai. Sisanya 63 duel, berarkhir sama kuat. Ini pertama kalinya Derbi Della Capitale dimainkan pada hari Jumat (waktu setempat). Roma bertindak sebagai tim tamu dalam duel akhir pekan nanti.

Terakhir kali I Lupi meraih kemenangan ketika berstatus sebagai tim tamu pada laga derbi, terjadi pada Desember 2016. Setelahnya, Roma sekali mengalami kekalahan dan, dua imbang.

AS Roma tak terkalahkan dalam tujuh Derbi terakhir, pada ajang Serie A, saat pertandingan tersebut berlangsung pada paruh pertama musim. Perinciannya, lima partai berhasil dimenangkan, sisanya, dua laga berkesudahan imbang.

Lazio baru saja memenangkan dua pertandingan beruntun pada ajang Serie A. Sepanjang musim ini bergulir, Biancoceleste belum berhasil mengoleksi tiga kemenangan berturut-turut di kompetisi terelit ranah Italia tersebut.

 
Berita Terpopuler