Deretan Film Animasi Lokal tak Kalah dengan Bikinan Luar

Alur cerita film animasi Indonesia beragam.

Facebook Nussa dan Rara
Deretan Film Animasi Lokal tak Kalah dengan Bikinan Luar. Animasi Nussa dan Rara.
Rep: Meiliza Laveda Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring berjalannya waktu, film animasi Indonesia kian mendapat perhatian publik. Terlebih, kualitas animasi yang disuguhkan, tak kalah dengan buatan luar negeri. Alur cerita yang dihadirkan beragam, ada yang bertema kehidupan sehari-hari sampai sejarah. Semua itu dibuat untuk menambah rasa cinta penonton, khususnya kalangan muda agar lebih menyukai karya lokal.

Baca Juga

Film Nussa

Film Nussa merupakan film animasi 3D yang tengah mendapat sorotan publik. Trailer resminya baru rilis di akun Youtube Nussa Official yang berdurasi dua menit empat detik. Saat ini, sudah lebih dari 416 ribu yang menonton trailernya.

Dalam video tersebut terlihat ada anak baru di sekolah Nussa bernama Joni. Sama dengan Nussa, Joni sangat menyukai sains. Dia juga membawa perlengkapan sainsnya, bahkan memiliki predikat juara sains di sekolah lamanya. Nantinya, Nussa akan bersaing dengan Joni dalam kompetisi sains. Dukungan dari Rara sang adik, Umma, dan Abah tetap ada.

Sama seperti serinya, Film Nussa akan menghadirkan nilai agama dan kebaikan. Film tersebut merupakan hasil kolaborasi antara The Little Giantz dan Visinema Animation. Disutradarai oleh Bony Wirasmono, film ini tampaknya bisa mengisi hiburan anak-anak memasuki tahun 2021.

r">

 

 

The Battle of Surabaya (Pertempuran Surabaya)

Film yang rilis 2014 memiliki latar belakang perjuangan Indonesia saat perang Surabaya. Film tersebut merupakan produksi MSV Pictures dan karya perdana sutradara muda, Aryanto Yuniawan. Selain itu, Aryanto juga berperan sebagai produser dan penulis. Pertempuran Surabaya menampilkan visualisasi animasi 2D kala tahun 1945.

Film ini menceritakan petualangan seorang bocah lelaki bernama Musa. Musa adalah remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Musa diberi kepercayaan  untuk mengirim surat dan kode-kode rahasia untuk mengalahkan musuh. Berbagai peristiwa dilalui Musa saat mengemban tugasnya.

Penonton akan tenggelam dalam suasana tegang sekaligus mengharukan. Animasi yang dibuat STMIK Amikom juga menghadirkan visualisasi suasana perang yang detail, seperti saat adegan bom dan cuplikan pidato Bung Tomo.

Tak heran, banyak penghargaan yang didapat dari ajang kompetisi internasional, seperti Best Film di Amsterdam International Filmmaker Festival 2018, Best Animation Film di European Cinematography Awards (ECA), dan Best Animation Film di Calcutta International Calcutta International Cult Film Festival. Dilansir laman IMDb, film ini mendapat rating 7,2 dari 10. Jika ingin menonton, bisa melihat trailernya yang diunggah di akun Youtube MSV Studio.

 

 

Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir

Tokoh Si Juki mungkin sudah tidak asing di masyarakat Indonesia yang terkenal dari seri komik Si Juki. Berbeda dengan cerita komik, film Si Juki membawa cerita petualangan Juki yang rilis pada 2017.

Film ini menceritakan Juki adalah seorang selebriti yang berada dalam puncak ketenarannya. Sikapnya yang jenaka dan berani membuat dia dicintai semua orang.

Namun, itu tidak berlangsung lama. Suatu saat dia membuat kesalahan sehingga keadaan berbalik. Dia menjadi musuh nomor satu masyarakat.

Di saat yang sama pula, sebuah meteor jatuh yang akan menghancurkan Indonesia. Seorang ilmuwan muda, Erin meminta bantuan Juki untuk menghentikan meteor.

Disutradarai Faza Meonk yang sekaligus komikus Si Juki, penonton akan merasakan keseruan petualangan Juki yang ditambahi dengan humor. Selain itu, film ini juga di bawah produksi Falcon Pictures dan diisi oleh segelintir aktor dan pelawak terkenal seperti Indro Warkop, Bunga Citra Lestari, Babe Cabiita, Mongol Stres, dan Pandji Pragiwaksono.

 

 

Adit Sopo Jarwo

Seri animasi 3D ini rilis pada 27 Januari 2014. Diproduksi oleh MD Animation, seri ini ditayangkan perdana di MNCTV.

Beberapa stasiun TV sempat menayangkan juga seperti Global TV, Trans TV, dan TVRI. Seri ini menceritakan tentang kisah persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi yang kehidupannya diwarnai petualangan.

Adit berperan sebagai motivator bagi para sahabatnya agar tak menyerah dalam menggapai mimpi mereka. Tentu saja, ada hambatan di tengah jalan. Mereka selalu berhadapan dengan duo si Sopo Jarwo yang selalu mencari celah untuk mendapat keuntungan tanpa usaha. 

Walaupun bertema kehidupan sehari-hari, seri ini selalu menghadirkan nasihat bijak yang dikemas ringan. Selain nasihat bijak, candaan juga kerap menghiasi seri tersebut. 

Kualitas animasi 3Dnya tak diragukan lagi. Beberapa ajang penghargaan juga diraih seperti menang dalam program animasi terbaik dalam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2017 dan menang kategori program anak dalam Panasonic Gobel Awards 2018. Seri ini juga disiarkan daring di kanal Youtube MD Animation. 

 

https://www.youtube.com/watch?v=cW5yLx4K0fc

https://www.imdb.com/title/tt2943352/?ref_=ttawd_awd_tt

 

https://www.imdb.com/title/tt7547768/

 
Berita Terpopuler