Busquets: Barcelona Lebih Solid dan Percaya Diri

Pergantian tahun, Barcelona sukses memperbaiki posisi di papan klasemen sementara.

EFE/ EPA-EFE/Alejandro Garcia
Sergio Busquets
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona mengawali kiprahnya di pentas La Liga musim ini dengan langkah yang begitu gontai. Blaugrana tercatat hanya bisa memetik delapan poin dari enam laga awal di pentas La Liga musim ini. Torehan delapan poin ini buah dari dua kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kali kalah. 

Baca Juga

Imbasnya, tim asal Katalan itu sempat terpuruk di peringkat kedelapan klasemen sementara La Liga, tepatnya saat La Liga menuntaskan jornada kedelapan, akhir Oktober silam. Namun, memasuki pergantian tahun, Barcelona sukses memperbaiki posisi di papan klasemen sementara. 

Telah memainkan satu laga tunda, Blaugrana berhasil merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara. Tim besutan Ronald Koeman itu terpaut empat poin dari Atletico Madrid, yang baru tampil di 15 laga dan telah mengumpulkan 38 poin.

Keberhasilan Barca memperbaiki posisi di papan klasemen sementara La Liga tidak terlepas dari konsistensi raihan hasil, setidaknya di delapan laga terakhir. Barca sukses memetik 20 poin dari delapan laga tersebut, dengan torehan enam kemenangan dan dua hasil imbang. Catatan enam kemenangan ini termasuk kemenangan beruntun di tiga laga terakhir, rekor yang belum pernah ditorehkan Lionel Messi dan kawan-kawan di pentas La Liga musim ini.

 

Gelandang bertahan Barcelona, Sergio Busquets, mengakui, sudah ada perkembangan positif dari kondisi mentalitas bertanding timnya. Gelandang yang tidak pernah absen di delapan laga terakhir Barca di pentas La Liga itu menyebut, Barca jauh lebih solid dan telah kembali menemukan kepercayaan diri, terutama dalam hal membobol gawang lawan.

''Tim ini jauh lebih solid dan lebih percaya diri (dibanding pada awal musim). Kami terus berhasil menciptakan peluang dan lebih mudah mencetak gol. Semuanya menjadi lebih mudah. Saya harap, kondisi ini terus bertahan hingga beberapa bulan mendatang,'' tutur Busquets dalam wawancara dengan Marca, Selasa (12/1).

Gelandang bertahan, yang telah mengemas 600 penampilan di tim utama Barca itu, mengakui, pada awal musim ini, Barcelona kerap memang kerap menemui kesulitan saat harus mencetak gol ke gawang lawan. Belum lagi dengan berbagai kesalahan-kesalahan, baik yang dilakukan pemain di lini tengah ataupun di lini belakang. 

 

Kini, Busquets bertekad untuk mengantarkan Barcelona mengatasi perlawanan Real Sociedad di babak semifinal Piala Super Spanyol, Rabu (13/1) waktu setempat. Kemenangan di lawatan ke markas Real Sociedad itu akan mengantarkan Barca ke partai final Piala Super Spanyol, yang rencananya bakal digelar pada Ahad (17/1) dini hari WIB. Busquets pun berharap, menutup pekan ini dengan torehan trofi perdana Blaugrana pada musim ini.

 

''Kami menghadapi turnamen ini dengan antusiasmen tinggi, terutama dengan dinamika positif yang terjadi di tim ini dalam beberapa laga terakhir. Kami sudah begitu dekat dengan titel pertama pada musim ini, dan kami akan berjuang keras untuk mendapatkannya,'' kata peringkat keempat dalam pengoleksi caps terbanyak di sepanjang sejarah Barcelona tersebut.

 
Berita Terpopuler