Top 5 News: HRS Dirawat Hingga China Tahan 613 Imam Uighur

HRS dikabarkan dirawat di rumah sakit Bogor, sementara AS siap serang Iran.

Antara/Muhammad Iqbal
Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun.
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Habib Rizieq Shihab (HRS) dikabarkan dirawat di sebuah rumah sakit swasta di Kota Bogor. Kabar HRS tengah menjalani proses general check up masuk dalam jajaran berita terpopuler pada Kamis, 26 November 2020.

Selain kabar HRS, berita ratusan imam Muslim Uighur ditangkap pemerintah China juga menyita perhatian pembaca. Pihak berwenang China dilaporkan telah menahan ratusan pemimpin Muslim Uighur atau imam di Daerah Otonomi Xinjiang (XUAR). Berita tersebut menempati posisi kedua dari lima berita paling banyak dibaca di Republika.co.id.

Berikut top 5 news di Republika.co.id selama 24 jam pada Kamis, 24 November 2020:

1. Bukan 14 Hari, Berapa Lama Masa Karantina Covid-19 Nantinya?

WASHINGTON — Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat sedang menyempurnakan rencana yang memungkinkan waktu karantina bagi orang dengan infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) menjadi lebih singkat. Selama ini, CDC mengeluarkan rekomendasi yang secara universal juga digunakan oleh banyak negara di dunia, yaitu individu terpapar Covid-19 harus menjalani karantina selama 14 hari.

Tes PCR guna melengkapi tahapan pelaksanan protokol kesehatan (prokes) yang dipersiapkan penyelenggara, sebelum menjalani karantina, Jumat (13/11). - (Istimewa)
 
Durasi waktu dua pekan didasarkan penelitian para ilmuwan yang menunjukkan periode ini adalah saat virus dapat berkembang biak dalam tubuh. “CDC selalu meninjau panduan dan rekomendasi sehubungan dengan pemahaman baru tentang virus yang menyebabkan Covid-19, serta akan mengumumkan perubahan tersebut jika diperlukan,” ujar pernyataan CDC, dilansir Today pada Rabu (25/11).
 
Direktur CDC Robert Redfield mengatakan, kemungkinan masa karantina terkait kasus Covid-19 dapat dipersingkat menjadi hanya satu pekan atau tujuh hari. Ia menyebut, para peneliti sedang melihat apakah dapat menggunakan pengujian selama periode isolasi tersebut.
 
“Kami tidak ingin orang-orang dikarantina selama 14 hari jika tidak diperlukan,” jelas Redfield.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. China Dilaporkan Telah Menahan Ratusan Imam di Xinjiang

XINJIANG -- Pihak berwenang China dilaporkan telah menahan ratusan pemimpin Muslim Uighur atau imam di Daerah Otonomi Xinjiang (XUAR). Penahanan para imam itu telah menciptakan suasana di mana orang Uighur merasa takut mati, karena tidak akan ada yang mengawasi upacara pemakaman mereka.

Seorang aktivis yang berbasis di Norwegia yang terkait dengan Jaringan Kota Pengungsi Internasional (International Cities of Refuge Network/ICORN), Abduweli Ayup, menginformasikan, wawancara dengan orang Uighur dari wilayah Xinjiang telah mengungkapkan setidaknya 613 imam terseret dalam kampanye penahanan ekstra-legal oleh otoritas China. Sementara itu, diketahui hingga 1,8 juta orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya telah ditahan di jaringan kamp interniran di wilayah Xinjiang sejak awal 2017.

Muslim Uighur di Cina - (Dokrep)

"Kami memulai pencarian ini pada 2018, sekitar Mei dan setelah wawancara selesai pada November (tahun itu), saya menemukan bahwa populasi yang paling ditargetkan adalah tokoh agama," kata Ayup, berbicara pada webinar Kamis yang diselenggarakan oleh Proyek Hak Asasi Manusia Uyghur yang berbasis di Washington, yang berjudul 'Di mana para Imam? Bukti penahanan massal para tokoh agama Uyghur', dilansir di NDTV, Kamis (26/11).

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Habib Rizieq Dirawat di RS Swasta Kota Bogor

BOGOR -- Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, saat ini diketahui berada di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bogor. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. 

Bima Arya menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapatnya dari salah satu pimpinan rumah sakit di Kecamatan Bogor Selatan, Habib Rizieq tengah menjalani proses general check up.

Infografis Habib Rizieq kembali ke Jakarta - (republika)

“Habib Rizieq saat ini sedang dalam proses general check up untuk dilakukan observasi secara menyeluruh terhadap kesehatan beliau di salah satu rumah sakit yang masuk ke wilayah administrasi wilayah Bogor Selatan,” kata Bima Arya kepada awak media di Eks Gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (26/11).

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Israel Siapkan Serangan AS ke Iran Jelang Trump Hengkang

WASHINGTON -- Anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mendapatkan instruksi untuk mempersiapkan potensi serangan Amerika serikat (AS) ke Iran sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan Gedung Putih pada Januari. Hal itu mengutip pernyataan pejabat senior Israel yang dilaporkan media AS, Axios.

Seperti dilansir laman Sputnik, pejabat yang mengetahui instruksi tersebut menjelaskan kepada Axios, bahwa IDF telah diinformasikan oleh pemerintah Israel tentang perubahan bukan karena konfirmasi serangan AS yang akan terjadi. Namun, Israel merasa jika serangan seperti itu terjadi, mereka memiliki waktu yang cukup untuk bersiap sepenuhnya.

Sumber senior yang tidak bersedia disebutkan namanya itu lebih jauh mencatat waktu terakhir Trump di Gedung Putih akan menjadi periode yang sangat sensitif. Dia juga mencatat bahwa langkah-langkah kesiapsiagaan juga terkait dengan kemungkinan serangan Iran terhadap Israel baik secara langsung atau melalui proksi Iran di Timur Tengah.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. KSAD: Hormati Para Senior...

BANDUNG -- KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, menutup kegiatan Dikreg Angkatan 59 tahun 2020 secara daring yang dipusatkan di Makor Seskoad di Jl Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (25/11). Sebanyak 453 perwira siswa (pasis) Seskoad dinyatakan lulus dalam pendidikan tersebut. Dari 453 pasis, tiga di antaranya adalah Kowad.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa). - (NOVA WAHYUDI/ANTARA )
 

 

Dalam sambutannya melalui video conference, Andika berpesan kepada para pasis muda agar teta menghormati para senior yang belum mendapat kesempatan mengikuti pendidikan di Seskoad. Dia mengatakan, mereka yang belum mengikuti pendidikan salah satunya sebabnya terbatasnya kuota.

"Mereka yang angkatan 2006, 2005, 2004 harus menghormati yang angkatan di atasnya yang belum Sesko. Apalagi tadi ada angkatan 1988 yang sempat dikucilkan karena belum merasakan Seskoad," kata  dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. Cyberdrone Pantau Konten Negatif Pemilih Serentak 2020

JAKARTA--Di tengah upaya menjaga pemilih untuk tetap sehat,  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga memastikan ruang siber tetap sehat di dalam kegiatan Pemilihan Serentak 2020. Salah satu caranya adalah Kominfo meningkatkan koordinasi pengawasan dan penanganan terhadap konten-konten yang terkait Pemilihan Serentak 2020.

Kemkominfo melakukan sinergi dengan Bawaslu untuk memastikan  kualitas Pemilihan yang bersifat langsung, umum, bebas dan rahasia, (luber), dengan menjunjung asas kejujuran dan keadilan (jurdil).

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedi Permadi mengatakan Kemkominfo bersama Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum dan penyelenggara  Pemilihan Serentak serta pihak-pihak berkepentingan lain yang terus konsisten meningkatkan kualitas penanganan konten negatif di ruang digital."Kami bersama penyelenggara Pemilihan ingin memastikan ruang digital yang sehat selama masa Pemilihan yang sedang berlangsung,"ujar Dedi.

Baca berita selengkapnya di sini.

 
Berita Terpopuler