Top 5 News: Dari Anggota Harley Pukuli TNI Hingga HRS Pulang

Satu tersangka anggota Harley Davidson yang pukuli anggota TNI masih berusia 16 tahun

Republika/ Raisan Al Farisi
Habib Rizieq Shihab
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini mungkin kita sering mendengar jika roh manusia yang wafat akan saling mengunjungi atau bertemu, tetapi apakah anggapan tersebut benar atau kurang tepat. Pembahasan terkait hal masuk dalam jajaran berita terpopuler di Republika.co.id pada Sabtu (8/11).

Di posisi pertama, ada berita ditangkapnya pengeroyok TNI di Bukittinggi. Salah satu tersangka berinisial BS ternyata masih berusia 16 tahun dan akan menghadapi proses hukum kategori Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Berikut top 5 news Republika.co.id pada Sabtu (9/11):

1. Satu Tersangka Pengeroyok TNI di Bukittinggi Tergolong ABH

BUKITTINGGI -- Kabid Humas Polda Sumatra Barat Kombes Stefanus Satake Bayu mengatakan satu dari lima anggota Harley Davidson Owner Grup (HOG) Siliwangi Bandung yang menjadi tersangka pengeroyokan anggota TNI diketahui masih tergolong di bawah umur. Tersangka yang dimaksud bernisial BS yang masih berumur 16 tahun. Semula menurut Satake, B tercatat sudah berusia 18 tahun.

 

"Awalnya data kelahiran BS ini 18 tahun. Dari dari akte kelahiran ternyata masih 16 tahun," kata Satake di Bukittinggi, Sabtu (7/11).

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto. - (Antara)

Karena masih berusia 16 tahun, BS akan menghadapi proses hukum kategori Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Di mana proses hukumnya akan berbeda dengan para tersangka kelompok umur dewasa.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Ternyata Roh Orang Wafat Bisa Saling Bertemu, Ini Kata Ulama

JAKARTA- Kematian merupakan pindahnya roh dari jasad, bukan berakhirnya kehidupan. Kematian pun hanya menjadi perpindahan dari alam dunia yang fana ke alam barzakh, yaitu alam pemisah antara dunia dengan akhirat. 

Dr Musa bin Fathullah Harun dalam bukunya Perjalanan Rabbani, menjelaskan, maut menjadi pintu gerbang untuk melalui akhirat. 

Warga melakukan ziarah kubur. (ANTARA/FIKRI YUSUF)

Roh manusia yang wafat akan tinggal di alam barzakh hingga hari kebangkitan manusia dari kuburnya pada kiamat kelak. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Imam Tirmidzi. 

عن هانئ مولى عثمان بن عفان قَالَ كَانَ عُثْمَانُ إِذَا وَقَفَ عَلَى قَبْرٍ بَكَى حَتَّى يَبُلَّ لِحْيَتَهُ فَقِيلَ لَهُ تُذْكَرُ الْجَنَّةُ وَالنَّارُ فَلاَ تَبْكِي وَتَبْكِي مِنْ هَذَا فَقَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏"‏ إِنَّ الْقَبْرَ أَوَّلُ مَنَازِلِ الآخِرَةِ فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ وَإِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ ‏"‏

Dari Hani’, pembantu Utsman bin Affan berkata, “Konon Utsman ketika meleati makam dia menangis hingga jenggotnya basah, lalu dikatakan padanya: “Engkau mengingat surga dan negara maka janganlah menangis dan mengangis karena fulan.’ Lalu dia mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya kubur itu awal persinggahan dari persinggahan-persinggahan akhirat. Barang siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah darinya. Barang siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih sukar darinya.” (HR Tirmizi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Utsman bin Affan RA).

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Surat Ancaman untuk Masjid di Jerman: Kami akan Hapus Islam

BERLIN -- Sebuah masjid di Kota Hufingen, Jerman pada Jumat (6/11) menerima surat Islamofobia. Surat yang dikirim ke Masjid Aqsa di Jerman itu juga bernada ancaman.

 

 

"Islam bukan milik Jerman atau Eropa dan kami akan menghapus Islam dan Islamisme dari Jerman," tulis isi surat tersebut yang disampaikan kelompok payung Muslim-Turki DITIB  sepetti dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu (7/11).

 

Kepala DITIB di Hufingen, Hakan Tasdemir mengatakan bahwa surat itu membuat mereka sedih dan sangat prihatin.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Sholat Jamaah Dilarang, Dewan Masjid Kirimkan Surat Protes

LANCASHIRE--Dewan cendekiawan Muslim, Wifaq ul Ulama, dan Dewan Masjid Lancashire meminta pemerintah untuk mengizinkan kembali perhelatan sholat berjamaah di masjid-masjid Inggris. Para pemimpin Muslim mengatakan aturan yang hanya mengizinkan sholat secara individu di masjid bertentangan dengan fungsi masjid sebagai tempat beribadah bersama (jamaah).

Mereka mengatakan bahwa surat mereka didukung oleh lebih dari 35 organisasi nasional yang mewakili lebih dari 500 masjid, setara dengan sekitar satu juta pemeluk agama. Surat ini dibuat merespon peraturan pemerintah menyatakan bahwa semua tempat ibadah di Inggris, termasuk masjid, harus ditutup untuk sholat berjamaah, sejalan dengan penerapan penguncian (lockdown), mulai hari ini, Jumat (6/11).

Desain pembangunan masjid baru bertingkat tujuh di pusat Kota Brimingham, Inggris. - (Birmingham City Council)

Panduan pemerintah menyatakan bahwa tempat ibadah harus ditutup kecuali jika digunakan untuk pemakaman, untuk menyiarkan tindakan ibadah, untuk doa individu, untuk penitipan anak formal atau di mana bagian dari sekolah, atau untuk layanan sukarela dan publik yang penting, seperti donor darah atau bank makanan. Sedangkan peraturan bagi sekolah tambahan (madrasah) masih belum jelas.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Anggota DPR Temukan Keanehan Kasus Hukum Rizieq Shihab

JAKARTA -- Anggota DPR RI Bukhori Yusuf mengatakan ada yang aneh dengan kehebohan kasus hukum Rizieq Shihab yang diungkit lagi pascakabar kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut pada 10 November. Rizieq Shihab pernah disorot publik karena tersangkut sejumlah kasus hukum, antara lain kasus ujaran mesum dan pelecehan terhadap Pancasila.

"Anehnya, kasus hukum tersebut mencuat pasca-aksi 212 pada 2016 di mana Rizieq yang merupakan salah satu motor penggerak aksi massa terbesar sepanjang era reformasi tersebut. Namun yang terbaru, kedua kasus tersebut telah dihentikan penyidikannya oleh Polri alias SP3 karena dianggap tidak memiliki cukup bukti," kata Bukhori kepada wartawan di Jakarta, Jumat (6/11).

Foto HRS di tengah aparat Saudi yang beredar viral - (dok istimewa)

Anggota Komisi VIII DPR RI itu mengaku khawatir bila ada yang mempersoalkan lagi kasus hukum tersebut karena sampai saat ini tuduhan tersebut tidak terbukti kebenarannya. Bukhori meminta pemerintah menjamin keselamatan dan keamanan Rizieq Shihab setibanya di Indonesia.

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. Pilpres AS: Biden Unggul di Empat Negara Bagian Terakhir

WASHINGTON -- Pemimpin yang akan menduduki Gedung Putih akan ditentukan dari yang memenangkan beberapa negara bagian yang tersisa dalam Pemilihan Presiden AS. Empat negara bagian yang belum masuk adalah Georgia, Pennsylvania, Nevada, dan Arizona.

 

Kemenangan hanya di Pennsylvania atau dua dari empat negara bagian lainnya yang tersisa akan cukup untuk mengukuhkan kandidat Demokrat, Joe Biden, sebagai presiden terpilih, kecuali ada tantangan hukum. Sementara itu Trump perlu memenangkan Pennsylvania dan tiga dari empat negara bagian yang tersisa. 

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kiri) dan calon presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat, Joe Biden (kanan) - (AP/Patrick Semansky)

Jika Trump memenangkan Arizona, Nevada, North Carolina dan Pennsylvania, hasilnya akan seri. Di North Carolina, Trump unggul dari Biden dalam hasil 98 persen penghitungan suara.

Baca berita selengkapnya di sini.

 
Berita Terpopuler