Presiden Macron, Penistaan Nabi, dan Islamofobia Negara

Kebijakan-kebijakan populis diambil Macron demi tujuan Politik

Republika/Bayu Adji P
Massa melakukan aksi bela Rasulullah di depan Masjid Agung Tasikmalaya, Rabu (4/11). Aksi itu merupakan respon atas penyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron terhadap yang dianggap menghina umat Islam dan Nabi Muhammad SAW.
Rep: Umar Mukhtar Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sari Hanafi, Profesor Sosiologi di American University of Beirut, menyampaikan pandangannya ihwal kebijakan yang dikeluarkan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan hubungannya dengan Islam. Tulisannya dimuat di laman Open Democracy.

Baca Juga

 

Pada 2 Oktober, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyampaikan pidato untuk menyampaikan strateginya dalam memerangi separatisme. Dia jelas menargetkan dan menstigmatisasi komunitas Muslim.

 

Komunitas Muslim, seperti yang diakui sebagian besar ilmuwan sosial, telah terlibat dalam proses integrasi yang luar biasa, secara sosial, ekonomi, dan sampai batas tertentu secara politik di Prancis. Terlepas dari beberapa bentuk diskriminasi budaya, perkotaan dan pekerjaan terhadap mereka.

 

Ketika Macron mengakui diskriminasi semacam itu dan dengan tepat mengutip pentingnya melatih para imam Muslim secara lokal di Prancis, dia menggabungkan ekstremisme agama, Islam politik, dan Islam secara keseluruhan. Misalnya ketika dia mengatakan, "Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis hari ini, di seluruh dunia". 

 

Setelah aksi teroris yang mengerikan membunuh Samuel Paty, seorang guru sejarah yang menunjukkan kartun murid-muridnya yang mengejek Nabi Mohamad, Macron membela ini sebagai kebebasan berekspresi, dengan mengatakan: "Kami tidak akan menyerah karikatur dan gambar, bahkan jika orang lain mundur".

Ini memang menandai masuknya Islamofobia Negara, ungkapan yang diciptakan Jean-François Bayard.  Untuk memahami pidatonya, seseorang harus membaca Les Luttes de class en France au XXIe siècle (2020) terbaru Emmanuel Todd. Di sini Todd menjelaskan bahwa Macron tidak dapat mengamankan mandat kedua dengan erosi saat ini dari dukungan sosial borjuis dan borjuis kecilnya serta kelompok-kelompok sayap kiri, terutama setelah gerakan Gilets Jaunes di Prancis.

Karena itu, dia harus menarik para pemilih klasik dari gerakan identitas sayap kanan, Front Nasional (terutama komponen kelas pekerja). Strategi melawan separatisme dalam corak Islamofobia, populis, dan sekularis yang arogan ini memang pertama dan terutama merupakan strategi pemilu. Dalam artikel ini, saya ingin fokus pada bagaimana populisme Macron mengkonseptualisasikan kebebasan berekspresi dan "Islam politik" sampai tujuan ini.

 

 

Kebebasan berekspresi yang merupakan hak asasi manusia menjadi tidak etis ketika ketelitian intelektual dan tanggung jawab sosial minim. Charlie Hebdo melalui kartunnya menghasut Eropa melawan migran Suriah, bahkan mengejek bocah Suriah berusia tiga tahun, Aylan Kurdi yang tubuhnya terdampar di pantai Turki.

Menampilkan Nabi Muhammad SAW sebagai simbol terorisme atau penyimpangan seksual, seperti yang dilakukan di banyak kartun yang diterbitkan, tidak berbeda dengan menampilkan Nabi Musa sebagai simbol tindakan sayap kanan Israel terhadap Palestina, sebuah asosiasi yang akan dikutuk dengan benar sebagai antisemit yang dilarang hukum di banyak negara Eropa.

Tidak ada pemimpin Muslim yang pernah menyalahkan Yesus Kristus atas banyak kekejaman yang telah dilakukan di seluruh dunia atas nama Kristen, maupun Buddha atas genosida orang Rohingya. Reduksionisme populis yang ada di balik kartun-kartun ini tertanam dalam tradisi antisemitisme Eropa yang dimulai dengan demonisasi orang-orang Yahudi, keyakinan mereka, dan budaya mereka dan berakhir dengan upaya pemusnahan mereka. 

Penampakan majalah satir, Chalie Hebdo ( EPA/Ian Langsdon)

Beberapa orang berpendapat, Charlie Hebdo secara statistik tidak hanya menargetkan Islam sebagai agama. Ini benar, tetapi penyimpangan dan analisis simplistik sistematis yang menggambarkan Muslim sebagai teroris tidak lain adalah populis. Apakah penistaan, yang diperkenalkan Revolusi Prancis 1789, merupakan hak di Prancis? Sebuah pengadilan nilai universal?  

Bukankah pertama-tama kita harus melihat apakah hal itu memerlukan penghasutan terhadap minoritas yang memiliki status lemah sebagai warga negara/pendatang?

Penodaan agama sekarang dipuji bukan hanya sebagai hak, melainkan semacam tugas, seperti yang terlihat jelas dari wawancara TV pada 2015 dengan Jamel Debbouze, seorang komedian Maroko-Prancis, yang didorong untuk menghujat untuk menunjukkan asimilasinya dengan mayoritas budaya Prancis.

 

Dalam kata-kata Emmanuel Todd, "Ya, tentu saja, ada hak untuk menghujat, tetapi seseorang juga harus memiliki hak untuk mengatakan bahwa penistaan bukanlah prioritas dan itu konyol. Saya menuntut hak untuk melawan penistaan misalnya dengan mengatakan bahwa karikatur Muhammad adalah cabul, sampah. Tentu ini tidak sinkron secara historis dan ekspresi Islamofobia yang merajalela. Dan, karena mengatakan itu, saya dituduh terlibat dengan teroris."

Di Prancis, hanya mayoritarianisme budaya dengan sekularismenya yang arogan, dikombinasikan dengan ingatan akan imajinasi kolonial yang menentukan batas-batas kebebasan berekspresi. Di sana, Anda masuk penjara jika Anda mempertanyakan jumlah orang Yahudi yang terbunuh dalam Holocaust atau jika Anda menyerukan untuk memboikot produk Israel.

Macron mengulangi dalam banyak pidatonya bahwa dia menyamakan anti-Zionisme dengan anti-Semitisme, yaitu sama-sama menyerukan kriminalisasi. Meskipun saya memahami sepenuhnya, dengan semua standar tanggung jawab sosial dan integritas intelektual, persyaratan untuk melarang mereka yang menyangkal Holocaust dari ruang publik sebagai peristiwa sejarah yang jelas, seseorang tidak boleh mengkriminalisasi diskusi sejarah tentang detail sejarah. 

Pada saat yang sama, Presiden Macron, sekutu sebagian besar diktator Arab (terutama karena alasan ekonomi termasuk menjual senjata kepada mereka), bergabung dengan suara otoriter yang "secara yuridis" berupaya melarang apa yang mereka anggap dalam satu kategori sebagai "Islam politik". 

Saat ini, Prancis mengerahkan aparat keamanannya untuk membubarkan beberapa LSM Islam dan entitas politik yang dianggap sesuai dengan gambaran tersebut.

Saat banyak politisi dan jurnalis, bahkan beberapa ilmuwan sosial, bersikeras menggunakan istilah "Islam politik", istilah itu merusak makna karena tidak secara jelas membedakan perbedaan mendasar antara Islamisme klasik dan neo-Islamisme. 

Ini adalah generalisasi stereotip yang tidak memperhitungkan heterogenitas pemikiran politik Islam, dari yang moderat hingga ekstremis, dari yang dilakukan individu hingga gerakan Islam dan hingga Islam resmi.

Logo ikhwanul muslimin - (tangkapan layar wikipedia.org)

Istilah politik Islam sering digunakan untuk mencemooh sebuah gerakan dan menunjukkan bahwa semua lintasan mereka sama, terdiri dari pembaca Sayyid Qutb dari Ikhwanul Muslimin dan pendukung al-Qaeda dan ISIS.

Perlu dicatat bahwa di dunia Arab, di antara mereka yang menggunakan kategorisasi semacam itu adalah para 'wali' Islam resmi yang menganggap bahwa Islam yang mereka anut pada dasarnya apolitis. Dengan demikian, itu adalah cara untuk menyangkal bahwa mereka juga bersifat politis.

Di kerajaan Teluk, misalnya, setiap tokoh oposisi dipandang sebagai bagian dari Ikhwanul Muslimin (begitulah pembunuhan Khashoggi yang dibenarkan menurut beberapa pernyataan politik dan tweet populer di Arab Saudi), dan kemudian dianggap sebagai teroris.

Filsuf Lebanon Karim Sadek telah mempelajari bagaimana seseorang dapat memahami pemikiran dan kebijakan liberal pemimpin Tunisia al-Nahda Rachid al-Ghannouchi dengan menggunakan teori pengakuan Alexis Honneth. Yang diminta Ghannouchi adalah pengakuan identitas Islam di ruang publik dan pengakuan akan pentingnya teks-teks agama yang ditafsirkan melalui ijtihad (inovasi) dan konsep maslahat.

Di antara para reformis terpenting di dunia Arab saat ini adalah tokoh-tokoh dari gerakan neo-Islam ini: Sheikh Ahmad al-Raysuni dan Dr Saadeddine Othmani. Yang pertama adalah kepala Gerakan Persatuan dan Reformasi (MUR). Dia saat ini adalah presiden Persatuan Cendekiawan Muslim Dunia, dan pengaruh inovatifnya meluas jauh melampaui Maroko. Saadeddine Othmani, sejak 2017, menjadi Perdana Menteri Maroko.

 

Sejalan dengan apa yang universal saat ini dalam sekularisme, Othmani adalah orang pertama yang dengan jelas berteori tentang perbedaan antara politik dan agama dan antara lembaga negara dan lembaga agama, sambil menghubungkan mereka melalui etika. Ia membangun teori yang membedakan antara penalaran advokasi agama (dakwah) dan penalaran politik.

Singkatnya, Menteri Dalam Negeri Macron, Gerald Darmanin, yang mendeklarasikan potensi pelarangan Ikhwanul Muslimin di Prancis dan menggambarkan mereka sebagai kelompok yang lebih berbahaya daripada Salafisme, menunjukkan tingkat kefanatikan dan ketidaktahuan tentang pentingnya aktor tersebut dalam kemungkinan memfasilitasi seruan Macron dalam hal ini adalah panggilan yang adil untuk "Islam des Lumières" (Islam Pencerahan).

Siapapun dapat berkonsultasi dengan fatwa dan pernyataan Dewan Eropa terkait Fatwa dan Penelitian atau pengajaran dari Institut Eropa untuk Ilmu Pengetahuan Manusia untuk melihat perbedaan besar antara hal ini dan ajaran dari gerakan Salafi atau tradisionalis Islam, baik di Eropa maupun di negara-negara Islam.

Ini jelas menunjukkan bahwa Macron dan menterinya hanya melarang gerakan-gerakan Islam yang, pertama; sangat terorganisir secara politik, kedua; menolak untuk menyerukan asimilasi dengan mayoritarianisme budaya, ketiga; menyerukan, sebaliknya, tidak hanya untuk integrasi ke dalam masyarakat pluralistik Prancis tetapi juga untuk integrasi positif yaitu menjadi aktor proaktif sebagai lawan dari agen yang menjadi korban.

Aktor-aktor ini, sejalan dengan yang serupa di semua agama, sangat penting dalam memberikan perhatian, keramahan, cinta, keramahan, dan solidaritas komunal di dunia kapitalis individualistik kita. Sekali lagi, saya tidak mendukung di sini konservatisme apa pun yang dapat ditemukan dalam agenda sosial Ikhwanul Muslimin yang ada, tetapi menekankan analisis diferensial antara agenda ini dan kekuatan lain.

Bagaimanapun, seruan Macron untuk "Islam des Lumières" tidak dapat digerakkan beberapa intelektual anti-klerikalis, atau dengan beberapa imam boneka yang dekat dengan Badan Intelijen Prancis atau Afrika Utara. Seruan top-down yang begitu penting ini membutuhkan gerakan sosial-politik keagamaan yang luas untuk membawanya (bottom-up) sambil beroperasi dalam ruang politik dan sosial yang demokratis dan pluralistik.

Kasus paling mencolok adalah upaya pelarangan The Collective Against Islamophobia in France (CCIF) yang telah memenangkan banyak kasus pengadilan selama dekade terakhir. 

Ini terlepas dari kenyataan bahwa banyak ilmuwan sosial di Prancis telah menggunakan kata Islamophobia di antara tanda kutip (yaitu "Islamophobia") selama dekade terakhir, seolah-olah mereka tidak percaya bahwa itu merupakan fenomena sosial yang cukup berbahaya bahkan untuk mendapatkan label.

Seruan top-down yang begitu penting ini membutuhkan gerakan sosial-politik religius yang luas untuk membawanya (bottom-up) sambil beroperasi dalam ruang politik dan sosial yang demokratis dan pluralistik. Karena itu, saya bukannya tidak menyadari kepekaan yang dimiliki oleh kami para ilmuwan sosial yang peduli tentang sekularisme moral, terhadap pemikiran sosial yang ambigu dan konservatif dari gerakan keagamaan.

Namun kita tidak bisa menutup mata terhadap bagaimana mereka berubah dan bagaimana pendukung mereka memformalkan penilaian, evaluasi, dan pembenaran mereka dalam kehidupan sehari-hari, di luar penalaran agama dan model sekularisme Prancis yang mono-universalistik dan arogan. Salafisme Wahabi "pendiam" yang konservatif, misalnya, tidak bisa dilawan aparat keamanan mana pun, melainkan hanya dengan proses dialog yang panjang dan penggunaan rule of law.

Sumber: https://www.opendemocracy.net/en/openmovements/macrons-populism-and-islam/

 

 

 
Berita Terpopuler