Juragan Batu Akik Ini Masih Berusia 21 Tahun

Assel menjadi juragan batu akik online dengan pertumbuhan bisnis 1.200 persen.

Republika/Andrian Saputra
Batu Akik
Rep: Rahma Sulistya Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, Batu akik identik dengan koleksi kesukaan bagi mereka yang sudah mapan dan dewasa. Namun, Aseel Abri, pemuda asal Bekasi berusia 21 tahun pemilik Bacter Online Shop, mematahkan anggapan itu.

Dia berhasil menjadi juragan batu akik online dengan pertumbuhan bisnis 1.200 persen, serta memberdayakan ibu-ibu komplek sekitar rumahnya untuk bisa mandiri. Aseel Abri pertama kali mendengar tentang e-commerce di 2015, saat pemuda Gen Z kelahiran 1998 ini masih siswa SMA.

Pedagang batu akik menanti pembeli di Kawasan Rawa Bening, Jakarta. - (Republika/Prayogi)

Saat itu, orang tua Aseel sedang berupaya untuk bisa berjualan di e-commerce tanpa memiliki pemahaman apapun mengenai apa itu e-commerce ataupun cara berjualannya. Saat itu Aseel dan ibunya secara rutin menghadiri semua kegiatan yang dilakukan oleh e-commerce. 

“Saya bermaksud membantu Ibu berjualan saja, karena Ibu menganggap saya anak muda yang lebih paham segala sesuatu yang berhubungan dengan berjualan online,” kata Aseel.

Mereka mengikuti kegiatab e-commerce mulai dari kegiatan akbar, komunitas, seminar sampai mendatangi sellers-sellers yang dianggap sudah sukses demi mendapatkan masukan berharga dari mereka. 

Sebagai anak muda, Aseel merasa ,tampil menarik itu penting. Namun, mengalami kesulitan mencari aksesori yang pas untuk anak muda tampil gaya. Karena itu, Aseel memutuskan, untuk membuat sendiri aksesoris anak muda yang keren dan cocok untuk dirinya dan teman-temannya.

Aseel mendapatkan order pertama yang nilainya tidak lebih dari Rp 15 ribu saat memulai dengan menjual aksesoris fashion di kalangan teman-teman sekolahnya. Order diantarkan ke gerai kurir 24 jam yang jaraknya lumayan jauh dari rumah, dan dia lakukan itu di malam hari.

“Order datang di sore hari. Semangat tinggi saya timbul dan karena tidak ingin mengecewakan pembeli serta memastikan pelanggan pertama puas dengan pengalaman saya. Malam itu juga saya antarkan order ke gerai kurir di tengah hujan,” kata Aseel lebih lanjut.

Dalam dua tahun pertama, Aseel masih membagi waktunya antara belajar di sekolah dan mempelajari ilmu e-commerce. Demi memberikan layanan dan produk terbaik, Aseel menyempatkan diri untuk mengunjungi Ternate untuk mempelajari batu khas Indonesia yang bisa dipasarkan secara online.

 

Semangat juang Aseel membawa hasil dan melalui berbagai upaya membina hubungan dengan masyarakat lokal, Aseel menemukan Desa Loloda di Maluku Utara yang memiliki batu sangat khas hanya dapat diperoleh di desa tersebut. Sejak saat itu, produk batu dari Desa Loloda menjadi produk utama Bacter Online Shop.

Toko Bacter Online Shop menyediakan berbagai jenis batu akik dari segala penjuru Indonesia. Dan Aseel menjadi mentor bagi para penambang batu di daerah-daerah, termasuk membantu dan mengajarkan mereka cara berjualan dan memasarkan produk mereka secara online.

Lulus SMA pada 2017, sejak saat itu Aseel bertekad untuk 100 persen terjun menjadi penjual di e-commerce. “Bisa dibilang ecommerce adalah cinta pertama saya. Soalnya selain saya mendapatkan ilmu, pertemanan, pengetahuan tentang tren, saya juga bisa membagikan kebahagiaan saya kepada orang lain,” kata dia.

Aseel mulai berjualan di Lazada pada 2019 dengan pemahaman yang masih terbatas tentang menata produk yang menarik, berpromosi dan sebagainya. Namun dengan semangat dan cinta akan e-commerce, Aseel secara rutin ikut dalam kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh Lazada, mulai dari LazNongkrong, LazClass, LazStar Academy, Lazada University dan sellers conference Lazada Level Up bulan September kemarin.

Tidak berhenti di cita-cita menjadi pengusaha sukses, Aseel juga berhasil memberdayakan lingkungannya untuk mendukung usahanya. Ibu-ibu komplek sekitar rumahnya diajak untuk ikut menjadi karyawan atau dibimbing menjadi penjual e-commerce juga. Mereka diajari untuk menganyam gelang, kalung, bros dan aksesori fashion lainnya. 

Saat ini toko Batu Akik Bacter Online Shop sudah punya 10 karyawan full time, dan belasan ibu-ibu yang membantu produksi kerajinan tangan. Pada September 2019 lalu, order yang diterima masih dalam hitungan jari dan di September tahun ini, dalam satu bulan, Toko Batu Akik Bacter Online Shop mengirimkan puluhan ribu order ke pembeli di seluruh Indonesia dengan pertumbuhan bisnis 1.200 persen.

 

Cita-cita Aseel adalah bisa selalu menjadi bisnis yang membawa kebahagiaan pada pelanggan setianya, mengembangkan sayap ke mancanegara, dan menyediakan produk berkualitas dengan harga yang bersaing sembari memperkenalkan produk unggulan Nusantara.

 
Berita Terpopuler