Hyundai Santa Fe 2021 Lebih Mewah dengan Mesin 2.5 Liter

Generasi Santa Fe sebelumnya menggunakan 2.0 liter dan 2.4 liter tanpa versi hibrida.

car and driver
Sante Fe 2021.
Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hyundai telah memperkenalkan SUV Sante Fe 2021. Model baru ini mengusung desain lebih mewah serta mesin lebih gede, 2.5 liter. Ini berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan 2.0 liter dan 2.4 liter tanpa tersedia versi hibrida.

Hyundai untuk pertama kalinya bakal melengkapi lini Sante Fe dengan propulsi hybrid yang diproduksi di Ulsan, Korea. Untuk varian yang bermesin pembakaran internal dibuat di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Alabama, Amerika Serikat.

Santa Fe 2021 bermesin bensin akan tiba di diler-diler Hyundai pada akhir tahun ini,. Sementara varian hybrid-nya pada kuartal pertama 2021, sebelum pada akhir tahun depan akan dirilis juga varian plug-in hybrid untuk melengkapi.

Hyundai dengan berani mengubah banyak tampilan luar Sante Fe. Grup yang juga membawahi brand Kia ini telah menambahkan gril tiga dimensi yang lebih lebar pada Sante Fe 2021.

Baca Juga

Panel pintu bawah berhias krom, kap panjang dengan garis karakter yang tegas, dan garis lekukan tegas bagian samping yang menghubungkan lampu LED depan hingga lampu belakang.

Lampu depan Sante Fe baru juga didesain ulang, dengan lampu utama membentuk aksen T, ditambah desain velg baru berdimensi 20 inci. Rel sisi atap juga diperbarui, kaca spion bisa dilipat, terus desain lampu sein baru, ditambah lampu genangan air.

Interior
Interior Santa Fe sekarang menampilkan desain konsol posisi tinggi yang menunjukkan interior SUV premium. Desain konsol tengah mengambang baru menambah kesan lebih lapang di seluruh kabin.

Bahan premium yang tersedia, termasuk kulit Nappa yang lembut, bantalan dengan sentuhan lembut, pencahayaan ambient baru. Ada pula tampilan layar sentuh 10,25 inci baru yang semakin meningkatkan karakter mewah interior.

Panel instrumen tiga dimensi berlapis-lapis dan jahitan kursi yang kontras memberikan sentuhan premium di seluruh kabin. DLO (daylight opening) Santa Fe yang besar meningkatkan perasaan keterbukaan bagi penghuninya dengan cahaya alami yang berlimpah. Selain itu, volume area kargo belakang telah meningkat satu setengah kaki kubik melalui pengoptimalan paket interiorging.

2021 Santa Fe sekarang menawarkan tiga opsi powertrain baru dan lebih baik. Powertrain standar adalah mesin empat silinder Smartstream 2.5 liter direct-injected (DI) dan multi-point injected (MPI) yang dipadukan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan, menggantikan mesin 2.4 liter sebelumnya.

Mesin empat silinder standar ini menghasilkan sekitar 191 tenaga kuda pada 6.100 rpm dan sekitar 182 lb.-ft. torsi pada 4.000 rpm untuk kemudahan berkendara dalam berbagai kondisi. Powertrain juga dilengkapi kemampuan Idle, Stop and Go (ISG) untuk memaksimalkan efisiensi dalam berbagai kondisi lalu lintas yang padat.

Penghematan bahan bakar mesin 2.5 liter baru ditargetkan meningkat sekitar 8 persen dibanding sebelumnya.

Santa Fe juga menawarkan mesin turbocharged empat silinder dengan injeksi langsung Smartstream 2.5 liter keluaran tinggi yang dipadukan dengan transmisi kopling ganda basah delapan kecepatan (DCT), menggantikan mesin 2.0 liter turbocharged sebelumnya dan meningkatkan tenaga kuda puncak. sebesar 18 persen.

Penggerak baru ini menghasilkan sekitar 277 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan sekitar 311 lb.-ft. torsi pada 3.500 rpm untuk akselerasi cepat dan berkendara di jalan raya yang mudah. Penghematan bahan bakar mesin turbo 2.5 liter baru ditargetkan sekitar 4 hingga 5 persen.

Transmisi 8 percepatan untuk mesin 2.5 liter standar menyediakan perpindahan gigi yang cepat dan tepat untuk pengalaman berkendara yang menarik dan efisien. Transmisi otomatis menambahkan kisaran rasio di bagian atas dan bawah kecepatan keluaran yang memungkinkan dorongan ekstra di luar jalur dan perjalanan yang lebih tenang dan hemat bahan bakar untuk perjalanan jauh.

Sante Fe 2021 juga tersedia dalam sistem propulsi hybrid untuk pembeli yang berfokus pada lingkungan. Pembeli SUV mengharapkan kemampuan segala cuaca dan Santa Fe Hybrid menyertakan penggerak semua roda HTRAC® standar.

Powertrain hybrid memiliki fitur Smartstream 1,6 liter, injeksi langsung, mesin empat silinder turbocharged yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan baru yang berteknologi HEV (Hyundai Electric Vehicle). Transmisi 6 percepatan baru ini secara khusus disetel untuk efisiensi, ekonomi, dan kinerja berkendara yang optimal dalam aplikasi HEV turbocharged.

Mesin turbo menghasilkan perkiraan output 178 tenaga kuda pada 6.000 rpm, dengan perkiraan 225 tenaga kuda dari mesin gabungan dan sistem motor, dan torsi puncak diperkirakan 195 lb.-ft. pada 4.000 rpm.

Starter-generator HEV dan motor penggerak listrik keduanya merupakan sistem tipe magnet permanen, dengan generator starter hybrid 13kW dan motor penggerak listrik 44kW (59 tenaga kuda). Sistem ini menggunakan baterai polimer lithium-ion dengan daya 1,5 kWh dan 270V / 5,5 Ah, dengan output baterai maksimum 64kW, secara efisien menyimpan energi listrik hibrida dalam kemasan yang ringkas dan ringan.

 
Berita Terpopuler