Islam di Prancis, Alami Diskriminasi di Tengah Kritik Macron

Umat Islam di Prancis berada di kelas kedua lapisan masyarakat.

actofamerika.wordpres.com
Umat Islam di Prancis berada di kelas kedua lapisan masyarakat. Muslim Prancis protes dengan diskriminasi dan Islamofobia
Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Seorang pemuda Muslim keturunan Afrika Utara bersandar di dinding yang dipenuhi grafiti di Felix Pyat, daerah termiskin dan ketiga di Marseille. 

Baca Juga

Dengan rokok yang dipegang longgar di tangan, kepalanya yang dicukur dan jaket kulit yang sudah usang sepenuhnya bertolak belakang dengan pendidikannya seorang insinyur bioteknologi, peringkat  kelima di kelasnya.  

"Saya mendapat posisi kelima karena saya terlalu pintar untuk kebaikan saya sendiri," canda Mohammed dengan senyum sedih. Tidak cukup pintar untuk mengingat bahwa saya orang Arab, dan tidak ada gunanya bersekolah," ujar dia. 

Mohammed Laarbi, yang nama belakangnya telah diubah karena permintaan namanya tidak disebutkan, telah mencari pekerjaan selama tiga tahun tetapi tidak berhasil. Alasannya adalah diskriminasi.   

“Saat mereka mendengar nama belakang anda, Anda bisa melihat wajah pewawancara berubah. Terkadang mereka sangat sopan, dengan cara yang tidak wajar. Tapi Anda bisa lihat di mata mereka bahwa mereka tidak tertarik pada orang Arab," tambahnya. 

Situasi Laarbi hampir adalah hal umum di Prancis. Imigran Muslim di Prancis dari beberapa generasi ketiga dan keempat hingga kini belum melebur dengan warga pribumi karena negara tersebut tidak benar-benar menginginkan mereka.  

“Prancis modern dan Prancis kolonial belum benar-benar berubah”, kata Dr Hamed Benseddik, profesor Kajian Dekolonial yang berbicara kepada TRT World.  

Benseddik percaya bahwa Prancis modern terus berjuang dengan kegagalan integrasi dan asimilasi Muslim. "Bagaimana sebuah negara yang membela kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan mendamaikan dirinya dengan arus rasis internal yang menyangkal kebebasan beragama, menghasilkan ketidaksetaraan, dan menganggap orang Arab dan Muslim sebagai warga negara kelas dua?"  tanya Benseddik. 

Prancis dikenal sebagai Francia, Kekaisaran Frank sebuah kekuatan kekaisaran terkemuka di Eropa dan kerajaan barbar pertama dan terbesar yang muncul dari Zaman Kegelapan setelah jatuhnya Roma. Kerajaan yang sama yang suatu hari akan melahirkan Prancis dan Jerman. 

Charles Martel, salah satu pahlawan tertua di Prancis memiliki momen kejayaannya menyatukan Francia dalam pertarungan melawan Muslim Andalusia, ketika dia mengalahkan mereka dalam pertempuran yang menghancurkan Tours yang oleh banyak orang Eropa dipandang sebagai penolakan Islam pertama di benua itu. Ketika itu puluhan ribu orang tewas. 

Charles Martel, tokoh utama dalam melawan Muslim Andalusia. Tapi ini hanyalah awal dari cerita Prancis.  Martel menjadi sorotan  menyelamatkan umat Kristen dari bangsa Moor. 

Cucunya, Charlemagne diidolakan tidak hanya di Prancis tetapi di seluruh Eropa sebagai tokoh pan-Eropa pertama, menjadi Kaisar Romawi Suci pertama yang memproklamirkan diri di Eropa Barat setelah melancarkan perang yang tak terhitung jumlahnya melawan orang-orang Arab Saracen dan Moor.  

Tindakan Martel dan cucunya memunculkan Prancis dan mempersepsikan Islam sebagai ancaman. Pandangan dunia yang disebarkan ini akan memandu perang kolonial Prancis, dan akibat dari kolonisasi Timur Tengah itu sendiri.  

Di Prancis saat ini, Muslim Prancis sering menjadi subjek perdebatan sengit  yang mengabaikan keragaman agama dan budaya.  Seruan umum tetap adalah bahwa Muslim di Prancis belum mengadopsi cara, budaya, dan norma Prancis.  Sebaliknya, makna sebenarnya dari apa artinya menjadi orang Prancis digambarkan oleh para pakar dan politisi sayap kanan.  

Tetapi hanya sedikit yang mempertanyakan alasan kurangnya integrasi Muslim, atau hanya sejarah rasisme, kolonialisme, dan faktor sosial, yang sering diabaikan arus utama. 

Abdelmalak Sayad, sosiolog Aljazair-Prancis terkenal dan penulis The Suffering of Immigrants menjelaskan berbagai alasan mengapa Muslim terpinggirkan di Prancis, khususnya orang Afrika Utara.  

Di garis depan adalah sikap laissez-faire Prancis dan sikap tidak menyesal memiliki kekuatan kolonial dan penakluk brutal rakyat," kata Sayad.  "Ini termasuk dehumanisasi, penyiksaan, pemerkosaan, eksploitasi dan genosida langsung, seperti dalam kasus lebih dari lima juta orang Aljazair yang terbunuh selama 132 tahun pemerintahan kolonial Prancis." 

Seringkali hilang dari banyak pakar dan analis modern, sejarah kolonial Prancis yang eksploitatif meninggalkan warisan pahit bagi banyak Muslim. Di Aljazair misalnya, para pemukim menguasai kota, lahan luas dari tanah pertanian terbaik yang dapat ditanami, dan sering kali menyewakan petak tanah kepada orang Aljazair dengan harga yang mahal.   

Tidak ada batasan tersisa pada aktivitas pemukim di Aljazair.  Dalam salah satu serbuan lahan terbesar yang tercatat dalam sejarah, struktur, kekayaan, dan masyarakat Aljazair secara efektif diberantas. Warga Aljazair tidak diberikan pendidikan, karena kemungkinan hal itu akan menyebabkan perlawanan atau tuntutan akan upah yang lebih tinggi.  

 

Umat Islam sedang beribadah di sebuah masjid di Bordeaux, Prancis. - (EPA)

Bagi banyak Muslim Afrika Utara, kemunafikan terakhir adalah bahwa Prancis tidak mematuhi prinsip-prinsip 'Hak Asasi Manusia' yang dibuatnya sejak 1789. Tapi Muslim Aljazair secara nominal adalah warga negara Prancis.  Jika ada, itu tidak memberi mereka lebih banyak kebebasan.  Ini menghadirkan lebih banyak beban. 

Muslim membayar pajak yang lebih berat, memiliki sedikit atau tidak memiliki hak, dan hampir tidak memiliki perlindungan hukum sesuai dengan 'Code of Indigenes' yang terkenal.

Untuk memperoleh kewarganegaraan Prancis, seseorang harus melepaskan status Muslim mereka melalui proses yang sengaja sulit. Kebanyakan orang Aljazair secara resmi diidentifikasi sebagai Muslim.  

Hingga hari ini, imigran Aljazair di Prancis terus mengidentifikasi diri sebagai Muslim, alih-alih melepaskan keyakinan mereka dan mengadopsi identitas Prancis.

Muslim dengan cepat menjadi undercaste di Aljazair sendiri, meskipun menjadi mayoritas terbesar.  Yahudi Aljazair diberikan kewarganegaraan cepat di bawah dekrit Cremieux, dan diberikan setiap hak yang dinikmati warga negara republik Prancis.

Tidak lama kemudian orang Aljazair pergi ke Prancis untuk mencari pekerjaan. Prancis pada gilirannya, membutuhkan pekerja industri tidak terampil, dan sudah terbiasa menggunakan wajib militer kontrak Afrika Utara di garis depan selama Perang Dunia I dan II. Pada 1970-an, migrasi orang Aljazair untuk bekerja tidak lagi menjadi fenomena, tetapi kenyataan.

Dengan berakhirnya industrialisasi, pengangguran melonjak di Prancis.  Buruh tidak lagi menjadi jalan menuju integrasi dalam masyarakat Prancis, membuat banyak orang terdampar.

Ini tidak akan bertahan lama.  Prancis sudah dalam proses bergeser ke ekonomi pasca-industri, meninggalkan banyak imigran Muslim kehilangan pekerjaan, tidak memiliki pendidikan atau keterampilan lain, dan meninggalkan mereka secara ekonomi terpinggirkan dan terdampar.

Institut Prancis untuk Studi Demografi melaporkan bahwa pengangguran hanya memburuk pada minoritas ketika diskriminasi meningkat.  Di antara gelombang imigran pertama, 15 persen pria Aljazair, 11 persen orang Maroko dan Tunisia, dan 10 persen orang Turki menganggur.

Pada generasi kedua, pengangguran berubah dari buruk menjadi lebih buruk. Di antara orang Aljazair, Maroko dan Tunisia, pengangguran meningkat menjadi 17 persen.  Untuk Turki, itu hampir dua kali lipat menjadi 19 persen.  Pengangguran imigran jauh lebih tinggi daripada rata-rata penduduk asli Prancis. 

Menurut Pusat Penelitian Pew pada pertengahan 2016, terdapat 5,7 juta Muslim di Prancis atau sekitar 8,8 persen dari populasi negara tersebut. Mayoritas merupakan imigran dari negara-negara Muslim.

 

Sumber: www.trtworld.com/magazine/france-s-muslim-problem-and-the-unspoken-racism-at-its-heart-33939/amp 

 

 

 
Berita Terpopuler